Karakteristik Beo Betina yang Lebih Ganas dan Pandai Bicara

Kicauburung.id – Memahami karakteristik beo betina yang lebih ganas dan pandai bicara. Bertahun-tahun mencoba memelihara Beo, ternyata gagal menjadikannya bisa bicara. Padahal sudah keluar uang jutaan hingga belasan juta, untuk membeli Beo yang konon jenius. Kalaupun membeli Beo yang sudah jadi, rasanya tetap saja ada yang aneh, ada yang kurang. Karena tidak ada seninya. Membeli Beo yang sudah bisa bicara sama saja seperti membeli mie instant, enak sih, tapi lama-lama bosan.

Beo Betina, Perbedaan Beo Betina dan Jantan, Burung Beo, Gambar Beo

Sebab, seni, keindahan, kenikmatan dari memelihara Burung Beo terletak pada saat melatihnya. Bayangkan saja saat bisa mendengar Beo peliharaan anda bicara dengan gaya yang mirip sekali dengan anda. Rasanya pasti bangga. Beo anda akan jadi maskot di rumah, mengalahkan tenarnya Anjing dan Kukila alias Perkutut. Maka dari itulah Anda harus paham betul karakteristik beo betina.

Meskipun di tahun 2017, Beo kalah populer dibanding Love Bird dan Ciblek Kapas misalnya. Sebenarnya Beo memang bukan jenis burung yang mainstream. Jarang ada orang yang mau memeliharanya karena kebanyakan dari mereka gagal mendidik Beo bisa manggung alias bisa bicara. Sudah beli mahal-mahal, malah gagal. Rasanya sakit hati. Mana bentuk dan warna Beo biasa-biasa saja. Rasanya jadi mubah menjadikannya Beo sebagai koleksi.

Itu pendapat kebanyakan kolektor burung. Tapi ada pula golongan kolektor anti-mainstream, yang memang memiliki jiwa seni untuk merawat burung berkicau. Pasti mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli peranakan Beo, demi bisa mendengar kicaunya kelak. Mereka dengan sabar mengasuh Beo dari kecil. Dari kandang yang masih kayu hingga harus diganti kandang cor semen atau besi. Rasanya pasti puas.

Pada perkembangan seekor Beo, memang kandang pasti akan berubah-ubah. Meskipun bukan jenis burung pemangsa yang ganas. Konon Beo adalah jenis burung pengerat dan penubruk yang handal. Anda bisa saja mendapati Beo lepas dari kandang karena kandangnya jebol.

Oleh karena itu, bila memang anda serius pelihara Beo, siapkan kandang yang bagus. Jangan lupa untuk mengikat juga kakinya dengan rantai, bila malam hari. Bila pagi dan siang lepaskan saja rantainya, sehingga Burung Beo anda tidak stres.

Ada gosip yang beredar di kalangan kolektor burung, bahwa Burung Beo yang berjenis kelamin betina ternyata lebih ganas dan pandai bicara. Dari pada yang jantan. Karakter Beo betina yang menonjol yaitu memiliki tubuh yang lebih besar daripada Beo jantan. Nafsu makannya juga lebih besar. Bila anda memang ingin jadikan Beo sebagai masteran berkicau (berbicara), sebaiknya pilihlah yang jenis kelamin perempuan alias betina.

Tapi sayangnya untuk membedakan jenis kelamin pada Beo sangat susah. Apalagi jika Beo itu sendirian, tidak berpasangan betina dan jantan. Pasti susah, bila anda bukan ahlinya. Nah, bila anda ingin beli Beo perempuan untuk masteran ocehan/kicau/bicara, inilah karakteristik Beo jantan:

7 Karakteristik Beo Betina :

  1. Burung Beo betina bila berdiri akan tampak tegak. Ia akan mengangkat kepalanya dengan gagah. Sedangkan Beo jantan bila berdiri membungkuk, terlihat lesu.
  2. Beo betina memiliki bentuk kepala kecil, membulat panjang. Sedangkan yang jantan kepalanya besar tapi agak kotak.
  3. Beo betina lebih aktif sering terbang-terbang. Sedangkan yang jantan pasif.
  4. Bentuk paruh betina lebih panjang daripada jantan.
  5. Jengger beo betina bentuknya teratur simetris, sedangkan yang jantan tidak teratur.
  6. Nafsu makan beo betina lebih lahap daripada jantan.
  7. Insting betina lebih tajam daripada jantan. Bila dilatih bicara, lebih pandai yang betina.

Nah itulah sifat dan karakteristik beo betina yang harus anda pelajari dengan paham, solanya jika anda membeli burung beo asal-asalan maka Anda akan mengeluarkan uang secara percuma. Intinya sebelum kita membeli burung beo dengan bebagai varian harga, kita juga harus paham betul cara memelihara beo dengan benar.

Cara Memelihara Burung Beo Agar Bisa Bicara dengan Cepat

Kicauburung.id – Kumpulan tips cara memelihara Burung Beo agar bisa bicara dan menirukan suara lain dengan cepat. Tahukah anda bahwa Burung Beo adalah jenis burung pintar yang punya kemampuan menirukan suara manusia. Tapi kemampuan ini haruslah digali dan dilatih oleh pemiliknya. Dan jangka waktu melatihnya cukup lama. Tergantung dari berapa umur Burung Beo tersebut.
Burung Beo
Semakin muda umur Beo, akan semakin mudah melatihnya. Semakin tua umur Beo, akan semakin sulit menjadikannya bisa bicara. Oleh karena itu, bila anda ingin memelihara Burung Beo agar bisa bicara, sebaiknya pilihlah Beo dengan usia muda, maksimal berumur 1 bulan.Melatih Burung Beo agar bisa bicara bukan perkara mudah. Anda harus telaten, bersabar, dan memiliki kedekatan psikologis dengan si burung. Perlakukan Beo sebagaimana anak sendiri. Disayang-sayang, sering diajak bicara, dan paling penting rutin diberi makan.

memelihara burung beo

Beo memiliki insting yang tajam untuk merasakan kondisi lingkungan. Ia bisa merasakan emosi anda pula. Semakin anda keras memperlakukannya, maka ia akan keras kepala juga. Tapi bila anda lembut padanya, si Beo cenderung akan jinak dan lengket pada anda. Maka dari itu, bila sedang melatihnya, tidak perlu terlalu memaksakan diri, yang natural saja. Beo tidak perlu sampai dibentak-bentak apalagi dipukul-pukul.  Bisa gila dia.

Sebenarnya, cara Burung Beo belajar bicara sangat unik. Mereka akan mengucapkan kata-kata yang memiliki rutinitas dan konsisten waktunya. Dalam arti, Beo hanya akan menirukan suara yang rutin terdengar di waktu yang sama. Jadi percuma saja bila anda melatih Beo sepanjang hari, disuruh bicara ini dan itu. Karena hal tersebut tidak akan mempan.

perawatan burung beo

Rutinitas dan konsisten waktu tersebut misalnya anda melatih Beo bicara “ASSALAMU’ALAIKUM” setiap sore jam 5. Maka lakukanlah itu secara rutin di jam yang sama. “ASSALAMU’ALAIKUM” tiap jam 5 sore, dalam rentang waktu cukup 10 menit saja. Jangan lama-lama karena Beo ternyata bisa bosan.

Terkadang ada kejadian unik di mana Burung Beo bicara di luar apa yang diajarkan. Misalnya tiba-tiba dia bicara, “TAHU-TAHU” tiap jam 6 pagi. Anda mungkin panik atau merasa heran kenapa Beo kok bicara “TAHU-TAHU”. Cobalah anda telusuri lingkungan anda. Beo punya pendengaran dan ingatan yang tajam. Bisa jadi, kata “TAHU-TAHU” adalah sebuah teriakkan dari bakul Tahu yang selalu lewat depan rumah anda tiap jam 6 pagi. Sehingga insting Beo menirukannya. Karena saking intens dan konsistennya suara itu.
Selain soal intensitas, rutinitas, dan waktu yang konsisten. Beo mempelajari suara juga dari intonasi yang diucapkan pelatihnya. Biasakan melatih Beo dengan intonasi suara yang jelas. Mimik bibir sebaiknya diperlihatkan pada Beo. Huruf-huruf vokal harus jelas diucapkan. Karena banyak kasus di mana Beo bisa bicara, tapi ternyata bicaranya bergumam tidak jelas. Biasanya ini terjadi karena teknik vokal pelatih yang buruk.

Baca Juga : Karakteristik Beo Betina yang Lebih Ganas dan Pandai Bicara

Percaya atau tidak percaya. Ternyata Beo memiliki kemampuan mengimitasi suara hingga 90% mirip dengan pelatihnya. Anda pasti akan terkejut mendapati Beo bisa bicara dengan suara yang sangat mirip dengan anda. Persis hingga 90%. Oleh karenanya, jangan pernah ajarkan Beo suara-suara kotor dan negatif. Karena itu bahaya, bila ia bicara demikian sewaktu ada tamu di rumah anda, wah bisa-bisa dikira anda yang mengucapkannya. Atau anda akan dicap sebagai pelatih yang buruk.