21 Jenis Anis / Punglor, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

0
410

Burung Anis atau “Punglor” merupakan dari genus tardus atau Zoothera. Maka dari itu ada beberapa macam genus lagi yang termasuk kategori punglor / anis, seperti Psophocichla, Ixoreus, Myophonus dan lain-lain. Semua jenis tersebut masuk dalam kategori Turdidae.
Di seluwuh wilayah yang ada di Indonesia sendiri ada eberapa jenis dan macam punglor dari genus  Turdus dan Zoothera. Nah untuk jenis anis yang paling terkenal adalah Anis Merah / Punglor Merah (Zoothera citrina), Anis Kembang / Punglor Kembang (Zoothera interpres), Anis Macan / Punglor Macan (Zoothera dohertyi) dan kemudian ada lagi Anis Sieria / Punglor Siberia (Zoothera sibirica) dan Anis Cendana / Punglor Cendana (Zoothera peronii).

Jenis Anis, Jenis Punglor, Anis Buru, Anis Cendana, Anis Gading, Anis Kembang, Anis Kuning, Anis Macan, Anis Merah, Anis Seram, Anis Siberia, Anis Sisik, Anis Sulawesi, Anis Tanimbar, Anis Enggano, Anis Hutan

Jenis anis tersebar dari wilayah Sulawesi, Sumatra, Kalimantan, Jawa, Papua, dan di banyak pulau-pulau kecil perairan Indonesia. Sebagian macam punglor tersebut memiliki suara kicauan yang “enak” didengar. Sehingga burung jenis anis ini selalu menjadi idola dan favorit kicau mania untuk dijadikan burung peliharaan walaupun harganya mahal.

Memiliki atau berternak burung anis adalah suatu hal yang menyenangkan bagi para penghobi burung kicau. Diantara para penyuka burung anis, sudah pasti memiiliki jenis burung anis yang berbeda. Apa saja yang menjadi bagian dari burung anis ? pada kesempatan yang luang ini, kicau burung akan memberikan informasi tentang jenis dan macam burung anis.

14 Jenis Burung Anis / Punglor Yang ada di Indonesia :

1. Anis Merah / Punglor Merah

Anis Merah, Punglor Merah, Zoothera citrina, Jenis Anis, Jenis Punglor

Anis merah adalah burung yang paling populer dikalangan burung anis lainnya. Hal ini di karenakan keistimewaan yang dimilikinya, seperti kicauan yang merdu ditambah variasi gaya teler saat berkicau.

Species Anis Merah (Zoothera citrina) banyak tersebar di beberapa wilayah Asia, terdiri dari 11 subspecies, salah satu subspeciesnya hidup di pulau Bali dan Jawa, yaitu Zoothera citrina rubecula.

Sedangkan 10 subspecies Punglor Merah lainnya, tersebar dari  India, Himalaya, Srilanka, Thailand, Myanmar sampai ke Malaysia. Sebenarnya ada salah satu subspecies Zoothera citrina pernah beberapakali ditemukan di pulau Kalimantan dekat perbatasan Indonesia – Malaysia. Akan tapi diduga jenis anis tersebut masuk dalam subspecies Zoothera citrina aurata yang sering menyeberang atau berpindah tempat ke perbatasan dari gunung Kinabalu Malaysia.

2. Anis Kembang / Punglor Kembang

Anis Kembang, Punglor Merah
Ketenaran Anis Kembang setara dengan Anisr Merah. Keahliannya dalam melantunkan kicauannya sangat luarbiasa, sehingga suara dasarnyapun sangat merdu untuk dinikmati. Terutama saat kicauannya yang dibawakan dengan ngerol yang sangat merdu.

Jenis Punglor Kembang / Anis Kembang (Zoothera interpres) di Indonesia ditemukan di pulau Jawa, Lombok, Sumatra, Kalimantan, Sumbawa dan Flores. Penyebaran luasnya di negara lain mencakup Malaysia, Thailand, dan Filipina,

Jenis burung Anis Kembang ini secara postur mirip dengan anis merah. Namu ada beberapa hal yang jadi perbedaannya adalah:

  • Bentuk bola mata dan paruh anis kembang yang sedikit lebih besar.
  • Warna anis kembang yang berfariasi.
  • Anis kembang mempunyai warna yang unik ( warna oranye hitam dan putih pada bulunya)

3. Anis Siberia / Punglor Hitam

Anis Siberia, Punglor Hitam, Anis Hitam

Siberian Thrush atau Punglor Siberia ini sangat misterius. Dia mempunyai bertubuh besar dan berwarna bulu hitam . Tapi dengan tubuh bongsornya, jenis anis ini bisa mengeluarkan beragan suara kicauan yang merdu. Untuk gaya berkicaunya sangatlah unik, yaitu berkicau dengan “setengah teler” menoleh ke kanan dan ke kekiri.

Punglor hitam satu ini habitatnya berasal dari Rusia, China dan Mongolia. Untuk saat saat tertentu seperti masa kawin, dia berpindah tempat “migrasi” ke daerah yang mempunyai cuaca hangat seperti di daerah asia tenggara. Anis Siberia ini sering terlihat oleh penduduk setempat beradi di daerah Jawa dan Sumatera.

Anis siberia atau dalam bahasa lainnya Zoothera sibrica, adalah jenis burung dari keluarga Turdidae. anis siberia memiliki ukuran tubuh sedang mencapai kurang lebih 23 cm.

4. Anis Sisik / Punglor Sisik

Anis Sisik , Punglor Sisik

Anis sisik merupakan jenis burung anis yang dianggap sebagai jenis burung yang tidak berkicau atau hanya berkicau tengah malam saja. Ia cuma sering mengeluarkan suara kicauannya “ssstt ssstt”

Zoothera dauma atau Punglor Sisik awalnya ditemukan oleh bebrapa orang di wilayah Mongolia, Siberia Russia, Taiwan, China dan Filipina. Tapi akhir-akhir ini, jenis anis satu ini juga ditemukan oleh para pencari burung di daerah pegunungan Bukit Barisan Sumatra Utara.

Awalnya orang orang tersebut menduga bahwa Punglor Sisik hanya bermigrasi sementara selama musim dingin di tempat asalnya. Akan tetapi karena sering terlihatnya burung ini ditemukan di pegunungan Bukit Barisan, diyakini burung ini juga berhabitat disana.

5. Anis Kuning / Punglor Kuning / Punglor Kayu

Anis Kuning, Punglor Kuning, Punglor Kayu

Anis kuning merupakan burung yang masuk dalam kategori keluarga Zoothera. Suaraya yang merdu dan gaya bertaungnya yang unik menjadi salah satu ciri khas burung anis kuning ini. Serta terdapat warna putih pada bagian kepala di atas mata.

Turdus obscurus atau Punglor Kayu, tempat asalnya adalah dari wilayah Mongolia, Amurland dan Siberia. Pada saat musim kawin biasanya bermigrasi ke wilayah Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Taiwan dan Filipina. Punglor kayu sering ditemukan orang berhabitat di pulau Kalimantan, Sumatera dan Jawa.

6. Anis Macan / Punglor Macan / Hybrida / Ampenan

Anis Macan / Punglor Macan, Hybrida, Ampenan

Anis macan, Zoothera dohertyi atau Hybrida ini memiliki warna yang ramai, jika dilihat pada gambar diatas hampir seluruh warna jenis burung anis terdapat pada jenis burung anis macan. Jenis anis ini berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan Anis Kembang. Bagian kepala anis macan didominasi dengan warna hitam, sedangkan pada bagian kepala anis kembang memiliki warna coklat.

Ampenan berasal atau banyak ditemukan di pulau Lombok, Sumba, Sumbawa, Flores dan Timor. Suara yang berfariasi banyak memikat kicau mania untuk memlihara jenis anis ini.

7. Anis Cendana / Punglor Cendana

Anis Cendana, Punglor Cendana

Zoothera peronii atau Anis Cendana agak sedikit asing di kalangan telinga kicau mania Indonesia. Suara dan fariasi kicauannya tergolong bagus, mampu menirukan berbacai macam suara masteran. Ada yang unik dari jenis anis ini saat berkicau, iya bergaya “nungging”.  Walau begitu Anis Cendana tetap menjadi salah satu favorit kicau mania untuk dijadikan koleksi peliharaan.

Anis Cendana hanya ditemukan di Indonesia, terdiri dari 2 subspecies, yaitu:

  • Zoothera peronii audacis (Hartert, 1899) – Timor Leste (dulu Timor Timur), pulau Wetar dan Romang Timur sampai ke Babar.
  • Zoothera peronii peronii (Vieillot, 1818) – pulau Roti dan Timor Barat.

8. Anis Hutan / Punglor Hutan

Anis Huta, Punglor Hutan, Jenis Anis

Zoothera andromedae atau Anis Hutan mempunyai ciri fisik seperti Anis Macan “Ampenan”.Tapi ada orang yang bilang jenis anis ini seperti Anis Sisik. Akan tetapi karena kelangkaannya Anis Hutan ini jarang diminati kicau mania.

Di wilayah Indonesia Anis Hutan sering ditemukan di sekitar Gunung Pangrango, Jawa Barat. Tetapi banyak orang yang juga menemukan di sekitar pulau Sumatera.

Untuk penyebaran burung jenis anis ini secara luas. Selain di daerah Jawa Barat, banyak juga ditemukan di pulau Sumatra,  Filipina dan Malaysia.

9. Anis Enggano / Punglor Enggano

Punglor Enggano, Anis Punglor Enggano

Anis Enggano ternyata memiliki satu jenis Anis yang belum banyak kicau mania tahu. Di kalangan penggemar burung Indonesia, nama Punglor atau Anis Enggano mungkin kurang terkenal. Tapi Anis Enggano merupakan salah satu kicauan yang memiliki suara indah.Bahkan ada yang menyebut bahwah punglor ini mirip dengan Anis Kembang. Habitat burung ini ada di Pulau Sumatera dan Kepulauan Mentawai.

10. Anis Gading / Punglor Gunung

Punglor Gunung, Anis Gunung, Anis Gading

Turdus poliocephalus atau Punglor Gunung merupakan salah satu jenis Anis yang ukurannya paling besar. Namun variasi lagu burung Anis Gading ini kurang begitu variatif atau monoton. Maka dari itu para kicau mania di Indonesia kurang begitu suka.

Jenis burung punglor satu ini berasar di berbagai wilayah yang ada di Asia, Asia Tenggara bahkan sampai ke pulau di Pasifik. Berbagai Anis Gading juga tersebar di wilayah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku dan bahkan sampai ke Timur Leste.

11. Anis Sulawesi / Punglor Sulawesi

Anis Sulawesi, Punglor Sulawesi

Punglor atau Anis yang berasal dari  Sulawesi ini mempunyai bentuk yang termasuk unik. Ciri-ciri Punglor Sulawesi ini mempunyai paruh tebal warna merah, suara unik dan postur tubuh panjang.

Ada 4 Spesies Punglor Sulawesi yaitu :

  1. Tenebrosa Stresemann, 1938 – Sulawesi Selatan
  2. Abditiva Riley, 1918 – Sulawesi Utara dan Tengah
  3. Heinrichi Stresemann, 1938 – Sula­wesi sebelah Timur Laut
  4. Turdoides Hartert, 1896 – Sulawesi sebelah Barat Laut

12. Anis Buru / Punglor Buru

Anis Buru, Punglor Buru

Zoothera dumasi atau Punglor Buru merupakan jenis anis yang ciri fisiknya hampir sama dengan Anis Kembang, akan tetapi Anis Buru mempunyai warna dominan coklat di bagian punggung serta tubuh yang lebih panjang.

Punglor Buru ini pertama kali di temukan di wilayah Maluku, atau sebelah barat Pulau Seram. Banyak sekali juga kemiripan antara Punglor Buru dan Punglor Seram. Peneliti setempat juga mengatakan bahwa antara Punglor Seram dan Buru berbeda.

13. Anis Seram, Punglor Seram

Anis Seram, Punglor Seram

Zoothera joiceyi atau Anis Seram adalah jenis brung anis yang ciri fisik hampir sama dengan Anis Buru dan Anis Kembang.

Burung anis satu ini hidup di daerah Pulau Seram. Namun karena kelangkaannya Punglor Seram jarang di minati para kicau mania, karena sulit untuk di dapatkan. Suara jenis anis satu ini sangat unik, kadang mengeluarkan suara kicauan lirih “tseep” yang gampang terlewatkan, ketika terbang bersuara “tsree-tsree”.

14. Anis Tanimbar / Punglor Tanimbar

Anis tanimbar, Punglor tanimbar

Zoothera schistacea atau Punglor Tanimbar merupakan salah satu jenis anis yang hidup di Pulau Tanimbar.

Akibat perambahan hutan dan perburuan terhadap burung ini, maka populasi semakin sedikit serta jarang di minati para kicau mania karena tidak ada kelas lombanya.

Nah itulah beberapa jenis dan macam burung anis “punglor” yang habitatnya berada di Indonesia. Masri kita letarikan dan jaga habitat burung anis ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here