Melatih Mental Anis Merah, Mental Anis Merah Anakan, Melatih Mental Anis Merah Lomba, Melatih Mental Anis Merah di Lapangan

8 Cara Melatih Mental Anis Merah Agar Siap Gantang

Kicauburung.id – Banyak sekali gacoan anis merah yang di rumah gacor, namun di gantangan hanya diam saja. Banyak faktor yang mempengaruhi “top performance” sang burung, salah satunya yaitu mental. Melatih mental anis merah agar selalu siap lomba / gantang dapat kita lakukan ketika burung telah menunjukkan tanda-tanda rajin berbunyi, ngeplong atau gacor. Dalam kondisi tersebut anis merah sudah memasuki umur yang siap untuk di latih secara konsisten agar dapat meningkatkan dan melatih mentalnya.

Melatih Mental Anis Merah, Mental Anis Merah Anakan, Melatih Mental Anis Merah Lomba, Melatih Mental Anis Merah di Lapangan

Memiliki suara kicauan yang merdu dan keras menjadi daya tarik utama burung jenis anis merah ini. Uniknya burung bernama latin Zoothera citrina ini memiliki gaya tarung yang sangat khas dan unik biasanya disebut gaya teler oleh para pecinta kicau mania.

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh jenis anis ini selain karena suaranya, juga karena penampilan fisik. Penampilan fisik burung anis merah ini memiliki bulu dengan warna yang menawan dan ukuran fisik yang cukup besar. Ditambah warna bulu yang bervariasi menjadikan burung anis merah ini sangat eye chatchy di kalangan para pecinta kicau mania.

Namun dibalik berbagai keindahan dan daya tarik yang dimiliki burung anis merah ini tentu banyak faktor – faktor yang mempengaruhi. Pasti faktor perawatan anis merah harian yang benar akan menjadi faktor utama yang mempengaruhi performa dan penampilan burung tersebut Namun tidak kalah pentingnya juga faktor mental si burung anis merah ini sendiri.

Pastinya akan sangat tidak menyenangkan dan menjengkelkan apabila burung anis merah anda yang sudah gacor di rumah, ketika dibawa ke perlombaan malah justru menjadi diam membisu dan tidak mau gacor. Hal itu terjadi karena mental burung anis merah anda yang kurang terlatih untuk menghadapi burung – burung peserta lainnya dan menghadapi ramainya penonton yang bersorak sorai.

Jika mental anis merah kurang atau bahkan dikatakan tidak bagus tentunya si burung tidak bisa memberikan performa yang menawan dan sempurna. Maka dari itu pembahasan kita pada kesempatan ini akan membahas tentang bagaimana cara atau tips–tips melatih mental anis merah.

Mungkin bagi anda yang baru memulai hobi memelihara burung anis merah ini akan mengatakan bahwa betapa sulitnya melatih mental anis merah ini. Bahkan mungkin juga bisa terjadi karena kurangnya pengalaman malah menjadikan burung peliharaannya stress. Berikut ini akan kami coba memberikan cara melatih mental anis merah agar mempunyai kualitas mental yang bagus dan mau gacor di gantangan.

Cara – Cara Melatih Mental Anis Merah :

1. Pilih burung anis merah yang sudah jinak

Memilih bakalan yang sudah jinak akan memudahkan anda dalam melatih mental anis merah ini. Bila burung sudah jinak akan lebih mudah berinteraksi dengan kita dan tidak takut dengan kita. Sehingga dalam pembentukan mental juara akan lebih mudah.

2. Meletakkan burung di tempat ramai

Tempatkanlah burung anis merah anda di tempat yang ramai atau yang sering dilalui oleh manusia agar mentalnya terlatih. Boleh juga anda tempatkan burung anis merah di tempat yang dekat dengan jalan raya yang banyak lalu lalang kendaraan. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi mental anis merah anda, karena dapat menjadikan berani dan terbiasa dengan suasana ramai.

3. Meletakkan burung di tempat berbeda

Caranya yaitu menempatkan anis merah di tempat yang berbeda ketika pagi dan sore hari. Anda juga bisa menempatkan burung anis merah anda bersandingan dengan burung – burung kicau lainnya. Atau anda bisa main ke kios / toko burung dan meminta ijin untuk menggantang burung anis merah anda di sana bersandingan dengan burung – burung dagangannya yang lain. Hehe sekalian bisa sharing – sharing pengalaman dalam perawatan anis merah.

4. Latihan sparing

Latihan sparing ini bisa anda lakukan dengan cara mencari sparing partner untuk disandingkan dengan burung anis merah kesayangan anda. Bawalah burung anis merah kesayangan anda ke tempat latihan bersama yang pesertanya biasanya 2 – 3 orang.

Di situ burung anis merah anda akan merasa tertantang untuk menampilkan performa yang lebih sempurna daripada lawan – lawannya. Sehingga burung anis merah kesayangan anda akan terbiasa dengan suasana kompetisi / lomba. Lakukan latihan sparing ini dalam waktu kurang lebih 15 – 20 menit secara rutin.

5. Menggunakan cermin

Dengan adanya cermin ketika didekatkan ke sangkar maka anis merah merasa bahwa ada burung sejenis di dekatnya atau lawan tarung. Dalam hal tersebut bertujuan melatih mental burung anis merah untuk mengeluarkan figthernya. Namun ingat jangan telalu sering menggunakan cermin, karena tidak baik juga.

6. Ikut serta dalam perlombaan

Ikut sertakan burung anis merah anda ke dalam perlombaan / kontes – kontes. Tidak perlu menargetkan menang atau juara dan mendapat hadiah, paling tidak dengan cara mengikut sertkan burung anis merah anda ke dalam perlombaan ataupun kontes – kontes burung dapat melatih keterbiasaaan si burung berada di tengah – tengah keramaian pengunjung yang datang saat kontes / lomba tersebut.

7. Pemasteran

Cara pemasteran agar mental anis merah jadi yaitu dengan memutarkan kaset atau mp3 yang diisi dengan suara kicauan burung. Fungsi dari pemasteran yaitu agar dapat memberikan pelatihan dan mempunyai isisan banyak. Selain itu pemasteran pada anis merah bertujuan agar burung mengeluarkan semua isian ketika dalam perlombaan.

Supaya burung rumahan berkicau lebih merdu, maka anda dapat memberikan latihan berkicau dengan cara memutarkan kaset suara burung kicauan yang sejenis atau suara dari master burung kicauan pada pemenang lomba, apabila tujuan latihan burung rumahan tersebut untuk diperlombakan

8. Perawatan Harian / Setingan Harian

Perawatan anis merah harian, mulai dari pemberian makan sampai perlakuan harus di perhatikan secara teliti. Selin itu extra fooding dan vitamin juga harus di berikan secara teratur. Extra fooding seperti jangkrik, belalang, cacing, kroto dan lain-lain harus di berikan sesuai takaran, jangan telalu berlebih atau terlalu sedikit. Jika sedikit burung kurang mengeluarkan nafsu bertempur, namun jika telalu belebihan maka akan terlihat kekencangan sehingga berdampak burung tidak mau teler dan gacor.

Baca Juga: Racikan Khusus Pakan Anis Merah Agar Juara dan Teler

Itulah beberapa cara dalam melatih mental anis merah rumahan. Burung punglor merah yang jinak belum tentu mempunyai mental serta materi yang baik, begitu juga dengan yang muda hutan. Oleh karena itu perlu perawatan secara teratur dan konsisten agar mental burung anis merah jadi di lapangan.

Loading...
Anis Merah Anakan

5 Cara Merawat Anis Merah Anakan Agar Gacor

Merawat Anis Merah Lomba, Merawat Anis Merah Sebelum Lomba, Merawat Anis Merah Setelah Lomba

15 Cara Merawat Anis Merah Sebelum dan Sesudah Lomba