Anis Merah Anakan

5 Cara Merawat Anis Merah Anakan Agar Gacor

Akhir – akhir ini banyak penggemar kicau mania yang sedang tertarik untuk memelihara burung anis merah anakan atau yang sering disebut trotolan. Kebanyakan menyatakan alasannya dalam memelihara burung kicau sejak anakan / trotolan karena prospek ke depannya untuk dijadikan burung lomba. Kita tahu bahwa memelihara dan merawat anis merah anakan akan lebih bagus, alasannya kita bisa mengolah materi dan volumenya.

Ada juga yang menambahkan alasan lain yaitu karena mental dan variasi suaranya lebih lengkap daripada burung hutan, atau yang burung yang sudah dewasa. Bahkan ada juga yang menyebut agar hemat biaya dengan tujuan anis merah bakalan gacor dan bisa dijual mahal. Alasan itulah yang menjadiakan burung anis merah trotolan / anakan menjadi salah satu jenis burung trotolan yang sekarang sedang banyak dicari.

Sebelum kita paham cara merawat atau memeliharanya alangkah baiknya kita tahu ciri-ciri bakalan anis merah yang bagus dan prospek untuk lomba.

Ciri – Ciri Anis Merah Anakan Prospek :

Anis Merah Anakan, Merawat Anis Merah Anakan, Anis Merah Anakan, Anakan Anis Merah, Bahan Anis Merah, Anis Merah Bahan, Anis Merah Bakalan, Bakalan Anis Merah, Anis Merah Mudah Hutan

  1. Berkelamin jantan.
  2. Tidak cacat secara fisik.
  3. Lincah.
  4. Sehat.
  5. Nafsu makan tinggi
  6. Mempunyai postur tubuh yang serasi dan panjang.
  7. Berkepala besar.
  8. Memiliki bentuk leher panjang dan padat.
  9. Mempunyai bentuk paruh yang lebar, lurus, besar, tebal dan panjang.
  10. Mempunyai mata yang terlihat melotot dan besar.
  11. Memiliki lubang hidung yang terlihat dekat dengan mata.
  12. Memiliki paruh yang berpangkal lurus, lebar, panjang, besar, dan tebal.
  13. Lubang hidung sangat dekat dengan mata.
  14. Mempunyai cengkraman kaki yang kuat.
  15. Sayap terlihat mengapit.
  16. Sering berkicau.

Setelah anda tahu ciri – ciri bakalan anis merah trotol yang prospek untuk dipelihara maupun lomba, maka anda juga harus paham cara merawatnya. Nah, disini kita akan membahas tips – tips merawat anis merah anakan (trotolan).

Perawatan burung sangatlah penting kita perhatikan karena burung juga merupakan makhluk hidup. Apalagi ketika kita memutuskan untuk memelihara burung sejak anakan. Pastinya akan membutuhkan perawatan ekstra. Begitu juga dengan burung anis merah ini, ketika kita memutuskan untuk memeliharanya sejak masih anakan / trorolan.

Faktor keturunan memang sangat berpengaruh, namun walaupun anis merah yang kita beli berasal dari keturunan dengan kualitas yang baik, jika perawatannya tidak maksimal maka juga hasilnya akan menjadi tidak seperti yang kita harapkan. Merawat anis merah anakan dengan konsisten tentu akan menjadi kunci keberhasilan kita untuk mendapatkan kualitas anis merah yang baik.

Baca Juga: 3 Cara Ternak Burung Anis Merah Agar Sukses

Cara Merawat Anis Merah Anakan / Trotolan :

1. Memandikan

Alangkah baiknya memandikan burung dilakukan mulai sejak dini. Sejak masih anakan burung bisa mulai dilatih mandi di karamba. Awalnya mungkin akan terjadi burung tidak mau mandi atau tidak mau masuk karamba. Jika anda menghadapi hal itu dapat diatasi dengan cara menangkap dan dipindah ke karamba mandi, dengan terlebih dulu memancing dengan makanan kesukaannya misalnya jangkrik atau cacing tanah hidup yang dimasukkan ke dalam bak mandi. Dengan cara ini lama kelamaan burung akan menjadi terbiasa dan merasa nyaman dengan karamba mandinya.

2. Pembersihan Sangkar / Kandang

Faktor utama yang menyebabkan anis merah tidak sehat dan malas bunyi yaitu sangkar tidak bersih. Sebaiknya sembari menunggu anis merah mandi di karamba, anda dapat memberihkan sangkarnya.

3. Menjemur

Untuk burung jenis anis merah ini dalam urusan menjemur sebaiknya dilakukan dengan waktu yang seperlunya. Untuk menjadi referensi anda bisa menjemur di pagi hari saat matahari terbit selama kurang lebih 20 menit saja. Pagi hari saat matahari terbit adalah saat yang tepat untuk menjemur burung karena sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat yang bagus bagi perkembangan burung kesayangan kita apalagi bagi burung anakan / trotolan.

4. Pemberian Pakan

Seperti seorang bayi manusia, burung anis merah anakan / trotolan juga memerlukan makanan yang bergizi. Pakan anis merah anakan yang diberikan sebisa mungkin dapat memenuhi unsur – unsur gizi seperti karbohidrat, energi, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral. Pemberian makanan berupa buah – buahan juga sangat dianjurkan seperti apel dan pepaya. Pemberian buah – buahan tersebut diyakini bisa membuat burung berbunyi lebih cepat.

Tidak kalah pentingnya juga pemberian EF (extra food) seperti jangkrik, kroto dan juga cacing tanah dapat diberikan dengan rutin dan dalam porsi yang tepat setiap hari.

4. Pemasteran

Pemasteran dapat dilakukan dengan cara menyandingkan dengan burung anis merah yang lain jika anda memiliki lebih dari satu burung anis merah ini. Anda bisa lakukan dengan cara mengantangnya dengan jarak yang agak jauh supaya mereka saling bersahutan. Hal ini bertujuan agar burung lebih cepat prosesnya dalam berkicau.

Tetapi jika anda hanya memiliki satu ekor burung anis trotolan ini, bisa juga anda sandingkan dengan jenis burung siul lainnya seperti pleci, kacer, tledekan, dan decu. Burung – burung tersebut dapat memancing anis merah kita untuk lebih rajin berkicau.

Banyak juga variasi suara yang bisa digunakan untuk mengisi isian suara anis merah trotolan ini yang bisa anda manfaatkan. Seperti burung – burung yang mempunyai suara tajam, kasar dan rapat misalnya cucak jenggot, jangkrik, belalang, jalak suren dan sebagainya.

5. Pemberian Multivitamin

Multivitamin sangat lah penting untuk anakan anis mereh agar sehat dan rajin berbunyi. Anda bisa memberikannya dengan cara dicampur dengan air minum. Berikanlah 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

Hal penting yang perlu diperhatikan dlam merawat anis merah anakan adalah kestabilan emosi, karakter, dan sifat. Agar tetap terjaga karakternya sebaiknya berikan makanan yang bergizi dan porsi yang cukup. Jaga juga kestabilan mentalnya jangan sampai mudah stress atau mudah takut.

Jika anda menginginkan burung anis merah anda dipersiapkan sebagai burung peserta lomba, sebaiknya biasakan menggantang burung anis merah ini di tempat yang ramai. Hal itu bertujuan supaya burung anis merah kesayangan anda terbiasa dan terlatih untuk menghadapi situasi pada saat lomba yang ramai.

Dengan melakukan perawatan yang tekun dan maksimal, burung anis merah anda niscaya akan cepat dalam keadaan “buka suara” (ngeplong) atau rajin berbunyi. Dengan demikian burung anis merah anda tersebut akan mulai belajar teler.

Baca Juga: 21 Jenis Anis / Punglor, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Demikian pembahasan kita mengenai merawat anis merah anakan semoga bermanfaat bagi para kicau mania semua. Kita bertemu lagi di pembahasan – pembahasan anis merah lainnya.

Loading...
Merawat Anis Merah Harian, anis merah jantan, anis merah teler, anis merah gacor, anis merah bali, anis merah ngeplong

17 Cara Merawat Anis Merah Harian Agar Teler

Melatih Mental Anis Merah, Mental Anis Merah Anakan, Melatih Mental Anis Merah Lomba, Melatih Mental Anis Merah di Lapangan

8 Cara Melatih Mental Anis Merah Agar Siap Gantang