Merawat Anis Merah Harian, anis merah jantan, anis merah teler, anis merah gacor, anis merah bali, anis merah ngeplong

17 Cara Merawat Anis Merah Harian Agar Teler

Kicauburung.id – Anis merah (AM) atau punglor merah merupakan jenis burung yang banyak diminati para pecinta burung karena memiliki suara yang merdu. Selain memiliki suara yang merdu, anis merah juga memiliki warna bulu yang bagus sehingga banyak disukai para pecinta burung. Anis merah memiliki ciri khas yang berbeda dengan burung lainnya yaitu gaya ketika berkicau seperti orang mabuk atau teler. Dalam merawat anis merah harian, tidak jauh berbeda dengan perawatan burung lainnya seperti murai batu dan tledekan misalnya.

Merawat Anis Merah Harian, anis merah jantan, anis merah teler, anis merah gacor, anis merah bali, anis merah ngeplong

Perawatan harian anis merah atau punglor merah ini tidak susah, kita tinggal mengikuti kebiasaannya di alam liar dan tahu karakter burung tersebut. Anis merah tidak bisa dipisahkan dari extra fooding yang merupakan makan di alam liar seperti kroto, jangkrik, cacing dan ulat hongkong.

Salah satu jenis anis ini memiliki ciri lain seperti mudah stres jika kita salah dalam merawatnya. Untuk itu kita harus berhati-hati jangan sampai burung kita mendapat perlakuan kasar dari kita ataupun mendapat gangguan dari binatang seperti kucing atau tikus.

Burung bernama latin Zoothera citrina adalah jenis burung yang cukup mudah untuk dijinakkan, untuk itu kamu tidak perlu khawatir untuk memeliharanya. Selain itu banyak keunikan lain dari burung ini , kamu akan menemukan keunikan dari burung ini ketika kamu telah memeliharanya.

Pada dasarnya dalam merawat anis merah harian yang perlu diperhatikan adalah perlunya konsistensi dan ketekunan. Biasanya yang terjadi di masyarakat, mereka hanya rajin dan memberikan perawatan yang maksimal hanya pada awal -awal saja. Ketika sudah agak lama mulai malas merawat burung tersebut dan cenderung membiarkannya saja tanpa perawatan.

Hal inilah yang seringkali menjadi kesalahan fatal penggemar kicau mania yang tidak mau berusaha keras dan hanya ingin proses instan dengan mengharapkan hasil yang baik. Buanglah jauh – jauh anggapan itu. Jika anda seorang kicau mania sejati, pastinya anda harus mau untuk memberikan perawatan yang maksimal bagi anis merah kesayangan anda.

Berminat memelihara dan merawat anis merah? memelihara anis merah tidaklah sulit dalam merawatnya, hanya saja dibutuhkan ketelitian dan kesabaran agar burung dapat berkicau dan bergaya seperti orang mabuk. Untuk yang baru belajar memelihara burung terutama untuk burung ini, bisa ikuti tips merawat anis merah harian bagi pemula.

Cara Merawat Anis Merah Harian :

  1. Ada hal yang harus kalian lakukan pertama kali di pagi hari yaitu mengangin-anginkan dengan cara menggantung di luar rumah. Proses mengangin-anginkan anis merah dilakukan sebelum proses memandikan agar si burung dapat beradaptasi terlebih dahulu.
  2. Sebelum memandikan punglor merah ini, kita bisa membersihkan kandang terlebih dahulu agar bersih dari sisa-sisa kotoran maupun sisa-sisa makanan.
  3. Proses selanjutnya adalah memandikan burung anis merah. Proses memandikan burung dapat dilakukan dengan cara disemprot atau menggunakan sistem keramba. Kedua cara memandikan tersebut bisa dilakukan secara bergantian atau salah satu cara saja menyesuaikan dengan karakter burungnya.
  4. Setelah burung anis merah kita mandikan, langkah selanjutnya adalah menjemurnya agar bulu yang basah cepat kering. Proses penjemuran dilakukan sekitar 2 jam lamanya, bisa disesuaikan juga dengan panas sinar matahari. Pada proses ini alangkah baiknya jika anis merah tidak dijadikan satu dengan burung lain, tempatkan ditempat yang jauh dengan burung lainnya.
  5. Beri burung anis merah dengan voer dan jangan lupa beri juga minum. Makanan dan minuman harus sering diganti, jangan sampai tempat minuman sampai kemasukan makanan atau kotoran dari burung itu sendiri. hal ini dapat menimbulkan penyakit bagi si burung.
  6. Selain memberikan makanan utama yaitu voer, berikan juga makanan tambahan seperti jangkrik. Dalam memberi makanan tambahan seperti jangkrik, sebaiknya taruh jangkrik di tempat makanan atau tempatkan di tempat terpisah dari makanan utama dan jangan diberikan langsung dengan menggunakan tangan.
  7. Proses selanjutnya adalah mengangin-anginkan kembali burung di luar rumah. Proses ini jangan terlalu lama cukup dengan 20 menit saja.
  8. Setelah itu kita bisa memasukkan ke dalam rumah sambil dikerodongkan. Proses pengkerodongan ini biasanya disertai dengan proses pemasteran. Namun jika tidak ingin memaster proses ini tidaklah wajib dilakukan.
  9. Proses pemasteran biasanya dilakukan biasanya pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore. Ingat jika ingin memaster anis merah harus dikerodong.
  10. Setelah proses pengkerodongan kira kira jam 3 sore, berikan makanan tambahan seperti jangkrik tapi jangan terlalu banyak, cukup 1 atau 2 saja.
  11. Setelah diberi makanan tambahan, kamu bisa melakukan proses pemandian yang kedua. Namun proses ini tidaklah harus dilakukan, menyesuaikan kondisi cuaca juga. Kalau masih ada panas matahari silahkan melakukan proses pemandian yang kedua. Namun jika tidak memungkinkan alangkah baiknya kita tidak memandikan lagi.
  12. Sore ketika menjelang malam masukkan burung kedalam dan juga dikerodong sampai pagi. Proses ini bisa juga disertai dengan proses pemasteran.
  13. Berikan exstra fooding berupa cacing 1 seminggu sekali masing-masing 2 ekor saja.
  14. Berikan exstra fooding 2 kali dalam seminggu dengan takaran yaitu masing-masing 1 sendok makan.
  15. Multivitamin bisa anda berikan dengan cara dicampur dengan air minum 1 sampai 2 kali seminggu. Multivitamin tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan anis merah anda.
  16. Berikan buah segar 1 – 2 hari sekali. Untuk jadwal pemberian setiap hari senin sampai kamis yaitu buah pepaya, sedangkan jumat berikan pisang atau apel.
  17. Perlu di ingat pahami karakter anis merah anda. Karena setiap burung memiliki karakter masih masing agar dapat setingan anis merah yang pas.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Perawatan Anis Merah Mabung

Tahapan merawat anis merah harian diatas adalah tahapan rutin yang sering dilakukan oleh banyak pemilik burung punglor merah tersebut. Untuk itu ikuti saja langkah diatas, dan jika ingin mendapatkan setingan anis merah yang pas.

Sebenarnya merewat anis merah bakalan atau dewasa caranya sama saja. Untuk mendapatkan haril yang maksimal kamu harus melakukan langkah-langkah perawatan harian anis merah diatas secara rutin dan konsisten. Nah anda juga dapat melihat tips dan cara memelihara anis merah.

Loading...
Merawat Tledekan Mabung, Merawat Sulingan Mabung, Tledekan Mbodol, Tledekan Ngurak, Tledekan Molting

11 Cara Merawat Tledekan Mabung dengan Benar

Anis Merah Anakan

5 Cara Merawat Anis Merah Anakan Agar Gacor