Merawat Anis Merah Lomba, Merawat Anis Merah Sebelum Lomba, Merawat Anis Merah Setelah Lomba

15 Cara Merawat Anis Merah Sebelum dan Sesudah Lomba

Kicauburung.id – Sekarang ini banyak sekali event regional atau lomba nasional yang membuka kelas untuk anis merah. Tentunya untuk mengikuti kontes / lomba ini kita memerlukan persiapan yang baik terhadap burung yang akan kita ikut sertakan. Banyak sekali orang berbondong-bondong untuk mencari settingan agar anis merah mau tampil maksimal di gantangan. Namun kita harus paham betul bahwa cara merawat anis merah lomba berbeda dengan perawatan hariannya.

Merawat Anis Merah Lomba, Merawat Anis Merah Sebelum Lomba, Merawat Anis Merah Setelah Lomba

Agar dapat menarik perhatian para juri dan juga penonton ataupun pecinta kicau mania yang lain kita harus mempersiapkan burung anis merah kita dengan baik supaya dapat menampilkan performa terbaik. Maka dari itu di kesempatan ini kita akan membahas tentang merawat Anis merah lomba.

Pada dasarnya untuk merawat Anis merah lomba ini tidaklah jauh berbeda dengan perawatan harian burung Anis merah ini. Namun ada sedikit hal – hal yang perlu kita perhatikan dalam merawat Anis merah ketika ingin mengikuti lomba.

Jika ingin agar anis merah cepat teler ketika digantangan, maka 1 minggu sebelum lomba kita harus mempersiapkannya secara betul. Selain itu pahamilah karakter sang burung, karena dengan pemahaman karakternya kita akan tahu bagaimana cara membuat burung tersebut tampil ngotot dan maksimal di lapangan.

Nah hal-hal dibawah ini yang perlu anda ketahui untuk menyiapkan anis merah agar mau teler dan kerja ngotot dipangan.

Cara – Cara Merawat Anis Merah Lomba :

1. Merawat Anis Merah Sebelum Lomba :

Beberapa langkah yang penting untuk kita lakukan sebelum anis merah mengikuti lomba dimulai dari 1 minggu sebelum lomba:

  • Usahakan pada H-6 sebelum lomba burung anis merah anda tidak didekatkan dengan burung Anis merah lain, supaya si burung tidak mendengar suara sejenisnya.
  • Lakukan isolasi / karantina burung Anis merah anda agar mentalnya tetap terjaga baik. Namun ingat anda harus paham betul cara melatih mentan anis merah agar siap di lapangan.
  • Pemasteran dilakukan sesering mungkin, untuk menambah variasi suara burung anis merah.
  • H-3 sebelum lomba, berikan jangkrik masing – masing 2 ekor pada pagi hari dan sore hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga birahi burung anis merah anda agar tetap stabil.
  •  H-2 sebelum lomba, jemur selama kurang lebih 30 menit saja lalu diangin – angin sebentar kemudian dikerodong kembali.
  • H-1 pada sore hari sebelum lomba mandikan burung Anis merah anda dan berikan 3 ekor cacing tanpa jangkrik.
  • Pagi hari sebelum lomba, brikan EF (extra food) berupa 2 ekor jangkrik dan sedikit kroto.
  • 1 jam sebelum lomba akan dimulai, kita bisa memberikan 1 ekor jangkrik.
  • Jangan berikan ulat hongkong pada burung anis merah ini, karena akan dapat menyebabkan terlalu over birahi pada burung anis merah ini dan mengakibatkan si burung tidak mau gacor.
  • Namun jika anda sudah paham setingan menggunakan ulat hongkong, maka tidak apa-apa. Karena ulat hongkong juga berfungsi agar anis merah mau mengeluarkan semua materi lagunya atau isiannya.

Perawatan anis merah sebelum lomba ini memang tidak mutlak untuk dilakukan. Tergantung dari karakter anis merah tersebut yang mungkin masing – masing akan berbeda.

Untuk menjaga kesehatan dan “top performance” sang burung kita juga harus paham betul bagaimana cara merawat anis merah sesudah lomba. Banyak orang yang mengatakan jika kita salah merawat burung setelah lomba maka akan sulit untuk mencari setingannya.

2. Merawat Anis Merah Setelah Lomba :

Setelah diikutsertakan dalam lomba, hal yang harus kita lakukan adalah memulihkan kembali stamina anis merah ini. Caranya antara lain :

  • Merawat burung anis merah setelah lomba dimulai dengan proses penjemuran selama 30 menit, lakukan sampai H+3 setelah lomba.
  • Berilah voer atau pakan anis merah yang berkualitas.
  • Pemberian EF (extra food) kembali ke setelan biasa atau harian ketika tidak sedang dipersiapkan lomba.
  • Berikan multivitamin dalam air minum burung anis merah kita satu hari setelah lomba agar burung kembali fit setelah lelah mengikuti perlombaan yang diikuti.
  • Kembalilah lagi rawat anis merah sesuai rawatan hariannya.

Merawat anis merah setelah lomba sangat penting untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan si anis merah ini biasanya akan mudah drop atau lemah apabila tidak dirawat dengan benar. Usahakan sesegera mungkin anda melakukan perawatan burung anis merah anda setelah diikutsertakan dalam lomba.

Sebenarnya tidak ada aturan / setingan baku dalam merawat anis merah lomba ini. Intinya kita sebagai pemilik harus benar – benar memahami dan mengetahui setiap detail dari kemauan si burung tersebut agar bisa menjuarai lomba – lomba yang diikuti. Namun penjelasan di atas sekiranya dapat menjadi pedoman anda untuk melakukan perawatan burung anis merah yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Anis Merah Anakan Agar Gacor

Nah untuk para pecinta kicau mania, itulah tadi pembahasan kita tentang cara merawat anis merah lomba. Semoga bermanfaat bagi anda semua pecinta kicau mania yang hobi dan tertarik dengan burung anis merah ini.

Loading...
Melatih Mental Anis Merah, Mental Anis Merah Anakan, Melatih Mental Anis Merah Lomba, Melatih Mental Anis Merah di Lapangan

8 Cara Melatih Mental Anis Merah Agar Siap Gantang