6 Cara Jitu Perawatan Anis Merah Mabung

0
1385

Kicauburung.id – Cara mudah perawatan Anis Merah mabung. Mabung, ngurak, mbodol atau molting adalah proses yang pasti dialami oleh setiap jenis burung, termasuk juga burung anis merah. Proses mabung merupakan proses pergantian bulu. Bulu yang sudah cukup tua dan rusak akan rontok dan diganti dengan bulu lain yang lebih halus.

Anis Merah Mabung
Pada saat mabung, burung anis merah harus lebih diperhatikan. perawatan anis merah mabung juga harus dilakukan dengan ekstra teliti dan hati-hati agar bulu bisa tumbuh kembali secara sempurna.

Pada burung anis merah, mabung umunya akan selesai dalam waktu satu bulan. Saat masa ini, Anda harus benar-benar sabar dan telaten merawat burung anis merah Anda.

Anda tentunya tidak mau bukan jika burung anis merah Anda mendadak stress atau menjadi “brondol” karena mabungnya tak sempurna? Oleh karena itu, lakukan serangkaian perawatan anis merah mabung berikut saat AM kesayangan Anda sedang mabung.

Cara Perawatan Anis Merah Mabung Agar Cepat Pulih :

1. Penuhi Kebutuhan Protein

Perawatan  anis merah mabung yang utama adalah soal pemenuhan protein. Hal ini dikarenakan 25% kandungan protein dalam tubuh burung digunakan untuk pembentukan protein baru.  Oleh karena itulah, burung anis merah perlu protein ektra saat mabung.

Makanan burung anis merah mabung yang paling pas adalah jangkrik dan kroto. Takarannya adalah 4 ekor jangkrik pagi dan 4 ekor jangkrik di sore hari. Di pagi hari, berikan pula satu sendok kroto.

Sebagai nutrisi tambahan, Anda juga bisa memberikan cacing. Berikan cacing 3 kali dalam seminggu dengan takaran 2 ekor cacing sekali makan.

Sedangkan untuk buahnya, lebih baik berikan pepapa daripada pisang. Hal ini dikarenakan buah pepaya mengandung lebih banyak vit C sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh anis merah.

2. Multivitamin

Selain makanan, multivitamin juga tak kalah pentingnya dalam perawatan anis merah mabung. Multivitamin akan membantu pemenuhan nutrisi anis merah sehingga proses mabung lebih cepat selesai.

Takaran pemberian multivitamin yang paling pas adalah 2 kali dalam seminggu. Campurlah satu sendok multivitamin dengan air minum AM kesayangan Anda.

3. Cek Kondisi Burung

Perawatan anis merah mabung yang juga tak boleh ketinggalan adalah pengecekan kondisi burung. Jika AM lebih sering memejamkan mata, itu anrtinya ada sedkit masalah pada kesehatannya.

4. Mandi dan Pengeringan

Dalam kondisi normal, AM harus dimandikan dan dijemur setiap hari. Namun, perawatan anis merah mabung sangatlah berbeda. Anis Merah mabung, hanya perlu dimandikan satu minggu sekali. Terlalu sering memandikan AM saat mabung  justru dapat menghambat pertumbuhan bulu.

Sedangkan untuk penjemuran, disarankan untuk membatasinya 20 menit saja. Pejemuran anis merah mabung ini hanya diperlukan setelah mandi. Tidak perlu menjemur anis merah mabung setiap hari.

5. Biarkan Anis Merah Dikerodong

Anis merah mabung harus dibiarkan dikerodong. Jauhkan pula dari tempat ramai. Hal ini dikarenakan anis merah sangat rawan stres saat mabung.

6. Pemasteran

Saat dalam kondisi mabung, burung akan lebih bayak diam. Selain itu, telinganya juga lebih sensitif terhadap bunyi-bunyian. Oleh karena itu, mabung adalah saat yang paling tepat untuk memluai masteran.

Putarlah mp3 berisi masteran setiap pagi. Usahakan memilih masteran dengan suara yang jelas dan jernih (tanpa nois suara angin maupun suara air terjun).

Baca Juga: 14 Macan dan Jenis Burung Anis “Punglor” Beserta Gambar

Itulah tadi cara perawatan anis merah mabung agar bulu bisa tumbuh sempurna. Setelah bulu muai lengkap, segera mandikan dan jemur burung. Langkah ini perlu dilakukan untuk menyesuaikan kembali suhu tubuh dan menghindari perkembangan jamur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here