3 Cara Ternak Burung Anis Merah Agar Sukses

Kicauburung.id – Cara ternak, budidaya dan penangkaran burung Anis Merah “AM” dengan mudah dan sukses. Seperti yang kita tahu, bahwa anis merah merupakan jenis burung kicau yang populer di kalangan pecinta burung. Tak sedikit diantaranya ingin memlihara serta ternak Anis Merah ini. Namun dalam strategi dan teknik-teknik yang perlu diketahui tentu bukanlah persoalan yang mudah bagi yang belum memiliki pengalaman bertenak Anis Merah. Untuk dari itu kicau burung akan menghadirkan kepada penghobi burung kicau tentang cara ternak Anis Merah agar berhasil.

Ternak Anis Merah, Ternak Anis Merah Sukses, Cara Ternak Anis Merah

Alasan mengapa banyak diantara pencinta kicau menginginkan berternak burung Anis Merah adalah dianggap sebagai peluang usaha yang cukup terbilang menguntungkan. Dikarenakan pada setiap tahun para peminat burung anis merah, serta ajang lomba yang semakin populer.

Oke para sahabat pencinta burung ditanah air yang memang sedang mencari informasi tentang cara ternak Anis Merah dengan mudah. Berikut di bawah ini, kicau burung menghadirkan tips untuk berternak burung Anis Merah yang baik dan juga benar.

Tips dan Cara Ternak Burung Anis Merah dengan Gampang :

1. Siapkan 2 Ekor Anis Merah ( Anis Merah Jantan dan Betina )

Yang menjadi bagian awal dalam ternak burung Anis Merah adalah dengan menyiapkan 2 ekor burung Anis Merah jantan dan betina siap kawin. Sedangkan untuk umur, diperlukan Anis Merah jantan berumur 1 sampai 2 tahun. Untuk anis merah betina, minimal memiliki umur 1 tahun.

Tanda – Tanda Anis Merah siap kawin yaitu Anda dapat melihat ciri-ciri dan menilai seperti bunyinya semakin keras sambil mengejar betina nya untuk minta kawin. Sedangkan untuk betina akan bersiul dan mengepakan sayap nya kebawah istilah dalah kicau mania yaitu “mesawat”, “mbebek” atau “ngeleper“.

2. Siapkan Kandang atau Sangkar Ternak

Untuk tahap kedua Anda harus menyiapkan kandang atau sangkar ternak Anis Merah. Menyiapkan kandang ternak fungsinya untuk Anis Merah berluluasa saat proses kawin. Sangkar atau kandang ternak anis merah bisa Anda beli atau membuatnya dengan kayu. Perhatikan juga soal urusan kandang ternak ini, karena kedaan kandang yang nyaman sangat diperlukan untuk memberikan rasa nyamana terhadap Anis Merah dalam bertelur.

Point Penting : disaranakan kepda Anda untuk selalu mengandeng kedua burung Anis Merah antara jantan dan betina. Hal ini merupakan tips ternak Anis Merah paling jitu sebagai tujuan perkenalan sampai mereka berjodoh. Selama itu juga jangan lupa untuk memberi nya makanan yang dapat mengundang birahi kedua Anis Merah tersebut seperti jangkrik dan cacing.

Untuk menambah birahi burung biasa nya bisa dengan cara pemberian jangkrik sebanyak 20 ekor perhari. Setelah proses pembuatan sangkar selesai, sebaiknya jangan dulu memasukan kedua burung kedalam sangkar ternak. Lakukanlah secara perlahan dan dahulukan betina untuk masuk kedalam sangkar. Hal ini bertujuan agar burung Anis Merah Betina dapat dengan mudah beradaptasi.

3. Perhatikan Tingkah Laku

Setelah langkah pertama dan kedua Anda simak, maka selanjutnya sobat kicau burung jangan lupa untuk memberikan perhatian terhadap tingkah laku dari kedua burung Anis Merah tersebut. Lihat, apakah sudah membirahi atau belum ? jika salah satu Anis Merah, belum memiliki hasrat birahi, sebaiknya jangan di satukan dulu ke dalam sangkar. Mengapa bisa demikian? karena hal ini akan menyebabkan perkelahian dan dapat menimbukan stres pada burung.

Jika sudah saling memiliki rasa membirahi antara Anis Merah jantan dan juga betina, maka langkah Anda adalah untuk segera menyatukan kedua burung tersebut kedalam sangkar ternak yang sudah disediakan.

Itulah cara ternak Anis Merah yang baik dan benar supaya sukses. Apabila Anda mengiginkan menernak dalam jumlah ekor yang banyak, gunakanlah tenaga tambahan seperti menambah jumlah tenaga kerabat yang mengerti perihal merawat burung.

Baca Juga: Racikan Khusus Pakan Anis Merah Juara

Tips berternak Anis Merah di atas bertujuan agar anda mempunyai ilmu tentang bagaimana berternak burung Punglor tersebut. Pahami langkah demi langkah saat berternak burung Punglor. Jika anda tidak sukses ternak Anis Merah, maka memang belum di beri rejeki yang di atas. Anda juga dapat melihat beberapa tips perawatan Anis Merah.