13 Cara Merawat Ciblek Agar Rajin Bunyi dan Ngebren

0
5538

Kicauburung.id – Burung ciblek merupakan jenis burung yang memiliki postur tubuh mini namun terkenal sebagai burung petarung yang sejati (fighter). Burung ini memiliki suara tembakan yang mampu memekakan telinga dengan nada kicauannya yang tinggi. Sebagian burung Ciblek biasanya mudah dimaster dengan jenis burung lain. Ciri khas suara Ciblek yaitu sering mengeluarkan ngebren atau nada tembakan. Nada tembakan yaitu nada keras yang dikeluarkan burung dengan tempo suara yang tidak begitu rapat. Sedangkan arti dari ngebren yaitu nada burung Ciblek yang dikeluarkan dengan tempo rapat, tinggi dan cukup keras. Untuk merawat Ciblek mengeluarkan suara ngebren tidaklah mudah, perlu perawatan konsisten dan sabar.

Cara Merawat Ciblek, Perawatan Ciblek Harian, Perawatan Ciblek Lomba

Agar bisa memiliki burung Ciblek yang rajin bunyi dan bermental tangguh, kita harus merawat burung tersebut dengan baik. Nah bagi anda para Ciblek Mania, peru tahu apa saja cara merawat Ciblek agar rajin bunyi sehingga menjadi salah satu burung yang membanggakan.

Faktor dalam perawatan Ciblek agar rajin berbunyi yaitu harus konsisten. Mulai dari pengembunan, mandi, penjemuran, pemberian pakan, pemberian ekstra fooding dan pemberian vitamin. Jika anda merawat Ciblek hanya setengah-setengah maka burung jelas tidak akan gacor dan ngebren.

Mempunyai Ciblek yang ngebren rapat dan ngacor adalah cita-cita setiap penghobi burung kicau. Apalagi kalau sampai tahu burung rawatannya bisa masuk juara dalam ajang perlombaan. Hal tersebut merupakan kebanggaan, karena saat ini semakin banyak diadakan perlombaan untuk kelas burung Ciblek.

Dalam hal perawatan Ciblek yang utama yaitu kita harus tahu makanan harian dan ekstra fooding agar burung anda mau ngacor dan ngebren. Nah apa saja sih makanan yang membuat burung Ciblek mau ngebren?

Pakan Ciblek harian, Pakan Ciblek Lomba

Pakan Harian Ciblek dan Ekstra Foodingnya :

  1. Jangkrik kecil atau bisa juga jangkrik yang sudah dewasa lalu dipotong bagian sayap, kepala dan juga kakinya.
  2. Kroto.
  3. Ulat (ulat kandang atau ulat hongkong).
  4. Voer bertekstur lembut.
  5. Susu bubu (sebagai campuran voer).

Sebenarnya makanan saja kurang cukup untuk membuat burung Ciblek anda gacor dan ngebren secara setabil. Maka dari itu kita harus tahu cara merawat ciblek yang baik dan benar.

Baca Juga : 2 Racikan Khusus Pakan Ciblek Agar Gacor dan Juara

Cara Merawat Ciblek Harian :

  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memberikan 3 ekor jangkrik kecil pada pagi atau sore hari
  • Selain jangkrik, anda juga bisa memberikan 3 ekor ulat hongkong yang berwarna putih kepada burung Ciblek dengan memotongnya terlebih dahulu. Berikan pakan ulat ini pada pagi atau sore hari sekali.
  • Untuk pakan alami berupa kroto segar sebaiknya anda berikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu.
  • Pakan buatan bisa berbentuk voer lembut. Tidak hanya voer anda dapat menambahkan 2 sachet susu bubuk kemasan kecil.
  • Jemur burung Ciblek anda minimal 2 jam dalam sehari. Penjemuran bisa dilakuakn di pagi hari sebelum dimandikan atau bisa juga setelah burung dimandikan.
  • Mandikan burung secara basah kuyup. Caranya dengan menyiapkan mangkok kecil berisi air dan biarkan burung bereksplorasi dengan air dalam mangkok tersebut.
  • Sediakan lingkungan yang nyaman kondusif dan tenang. Dalam artian agar burung diletakkan pada posisi yang berjauhan dengan burung predator atau burung sejenis agar kondisi emosinya tidak terganggu.
  • Kebersihan kandang atau sangkar. Memiliki sangkar burung yang bersih akan enak di pandang mata dan membuat burung Ciblek anda akan terjaga kesehatannya.
  • Melakukan pemasteran secara teratur. Manfaat memaster Ciblek secara teratur akan dapat membuat burung anda ngebren dan gacor. Cara pemasteran yaitu sehabis burung anda di mandikan dan di jemur.
  • Melatih fisik Ciblek dengan cara di umbar. Pengumburan burung bermanfaat agar burung anda sehat secara fisik dan mental. Lakukan pengumbaran seminggu 2 kali.
  • Tempel burung Ciblek jantan dengan burung yang masih muda / burung betina minimal dua kali dalam seminggu dengan durasi kurang lebih dua jam. Hal ini bertujuan untuk mengasah mental sang burung.
  • Melakukan Testing ke lapangan. Ajaklah burung Ciblek anda ke ajang perlombaan untuk melatih mentalnya. Anda bisa mengikutkannya dalam ajang latber atau latpres di sekitar tempat tinggal anda.
  • Berdoa dan tetap konsisten.

Baca Juga: Harga Burung Ciblek Terbaru Mei – Juni 2017

Demikian ulasan mengenai cara merawat Ciblek agar rajin bunyi. Merawat Ciblek merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan para pemelihara burung, karena dengan perawatan yang baik dan benar kita juga akan memiliki burung kualitas unggul seperti yang kita idam-idamkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here