7 Penyebab dan Cara Mengatasi Ciblek Macet Bunyi

0
1743

Kicauburung.id – Cara mengatasi Ciblek macet bunyi dengan pola terapi, perawatan yang baik serta tahu penyebab burung tersebut malas berbunyi. Probem atau permasalahan yang sering dihadapi oleh para Ciblek mania yaitu burung yang semula gacor atau rajin berbunyi tiba-tiba malas bunyi, atau bahkan macet bunyi. Berbagai cara mereka lakukan untuk membuat Ciblek tersebut kembali mengeluarkan suara khasnya yaitu “ngebren”. Namun itulah risiko sekaligus menjadi seni tersendiri ketika membunyai hobi burung kicauan. Jika mampu dan tahu cara mengatasi setiap kendala pada Ciblek, maka bisa menjadi kepuasan batin tersendiri.

Ciblek Macet Bunyi, Cara Mengatasi Ciblek Macet Bunyi, Penyebab Ciblek Macet Bunyi, Faktor Ciblek Macet Bunyi

Seringkali kita tidak tenang jika burung Ciblek yang di pelihara tidak mengeluarkan suara yang jauh dari harapan si pemilik burung. Hal ini tak terkecuali burung Ciblek, burung yang sifat emosinya kadang naik-turun dan mudah kena rangsangan sehingga membuat over birahi (OB). Namun banyak juga faktor lain yang menjadi penyebab Ciblek macet bunyi. Nah, di bawah ini adalah beberapa faktor penyebab utama Ciblek malas berbunyi atau macet bunyi.

Penyebab Ciblek Macet Bunyi :

1. Kurang Vit / Sakit

2. Mabung

3. Perubahan Cuaca

4. Kurang EF / Protein

5. Drop Mental

6. Kebosanan

7. Stres

Itulah 7 faktor utama yang menyebabkan Ciblek macet bunyi. Namun tenang asalkan kita tahu cara mengatasinya maka burung anda akan kembali gacor dan ngebren lagi. Di bawah ini adalah cara-cara mengatasi Ciblek malas berbunyi atau macet bunyi.

Cara Mengatasi Ciblek Macet Bunyi :

1. Kurang Vit / Sakit

Kurang vit pada Ciblek biasanya terjadi apabila burung tersebut mengatami sakit atau sedang dalam proses penyembuhan pasca sakit.

Cara mengatasi : Ketika melihat Ciblek anda sedang sakit atau kurang vit, sebaiknya anda segera memberikan obat burung yang sesuai dengan jenis penyakitnya. Anda juga dapat menambahkan lampu atau bohlam 5 watt ketika proses penyembuah, agar burung tersebut merasa hangat. Namun apabila sakitnya parah, sebaiknya tanya kepada teman yang sudah berpengalaman atau anda membawanya ke dokter spesialis hewan.

2. Mabung / Mbodol

Mabung atau mbodol merupakan siklus perkembangan usia burung. Setiap burung pasti akan mengalaminya, jadi jangan panik ketika Ciblek macet bunyi saat mabung. Rata-rata malah banyak sekali masalah macet bunyi pada Ciblek ketika burung habis mabung.

Cara mengatasi : Untuk mencegah dan mengatasi Ciblek macet bunyi setelah mabung, maka ketika proses mbodol burung harus benar-benar di jaga kondisinya. Berikanlah beberapa asupan vitamin atau tambahan EF agar proses mabung tidak menimbulkan masalah serta Ciblek kembali gacor lagi.

3. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca ini lah yang biasanya menjadi penyebab Ciblek malas berbunyi. Contohnya saja kadang hujan kadang panas. Perubahan iklim secara drastis itulah menimbulkan berbagai masalah, salah satunya yaitu macet bunyi.

Cara mengatasi: Ketika perubahan cuaca secara ekstrim, anda dapat menempatkan Ciblek di ruang tenang dan sirkulasi udara yang baik. Sedialah berbagai vitamin dan macam obat burung agar dapat mencegah sewaktu-waktu Ciblek anda drop atau sakit.

4. Kurang EF / Asupan Protein

Ketika kekurangan asupan protenin pada Ciblek rata-rata birahi burung tersebut kurang stabil dan menyebabkan malas berbunyi atau kurang figther.

Cara mengatasi : Berilah ekstra fooding berupa jangkrik, ulat hongkong dan kroto secara rutin. Tapi ingat jangan memberikan secara berlebihan, karena dapat mengakibatkan Ciblek over birahi.

5. Drop Mental

Drop mental pada burung Ciblek biasanya dapat mengakibatkan tidak berbunyi. Ada berbagai penyebab yang menimbulkannya. Mulai dari habis mabung, pola perawatan yang salah dan kalah setelah di gantangkan pada saat latber maupun latpres.

Cara mengatasi : Rawatlah dengan teratur mulai dari mandi sampai jemur. Berilah beberapa asupan vitamin serta asingkan di ruangan sendiri. Proses itulah nanti yang akan membangkitkan kembali mental Ciblek tersebut.

6. Kebosanan

Kebosanan bisa menimpa berbagai jenis burung. Biasanya burung macet bunyi disebabkan karena kebosanan. Kebosanan sering terjadi disebabkan karena burung merasa jenuh akan suasana baru. Contohnya saja hanya menggantang burung di tempat itu-itu saja dari pagi sampai sore.

Cara mengatasi : Berikanlah suasana baru untuk burung Ciblek Anda. Contohnya, sering melakukan perpindahan atau memindahkan letak lokasi gantangan. Dianjurkan umtuk memindahkannya minimal dua kali sehari, di posisi dan tempat yang berbeda.

7. Stres

Stres merupakan penyakit yang agak sulit untuk di obati. Banyak sekali faktor yang menimbulkan Ciblek stres. Contohnya saja, habis selsai di tangkap, pakan dan minum yang jarang di ganti, kebosanan, birahi terlalu tinggi dan lain lain

Cara mengatasinya : Rawatlah burung dengan semestinya. Jangan lupa untuk mengganti pakan dan minum secara teratur serta tempatkan Ciblek di tempat yang hampir sama dengan habitatnya.

Selain menerapkan cara mengatasi yang sesuai dan tahu serta paham faktor penyebabnya, ada satu hal penting yang perlu diterapkan dan dilakukan agar ciblek terhindar dari penyakit macet bunyi. Hal tersebut yaitu selalu memberikan pakan, minum dan vitamin berkualitas. Baik itu pakan berupa voer maupun EF seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong. Usahakan juga cepuk minum selalu diisi dengan air bersih dan matang.

Baca Juga: Harga Burung Ciblek Terbaru Juli – Agustus 2017

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi Ciblek macet bunyi. Jika anda pecinta atau hobi memelihara burung Ciblek, anda dapat melihat tips perawatan Ciblek harian dan lomba lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here