5 Jenis Ciblek, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

0
283

Kicauburung.id – Ada beberara jenis Ciblek yang sering kita temui di Indonesia, mulai dari Ciblek Gunung, Ciblek Sawah atau Ciblek Pari, Ciblek Tambak, Ciblek Jawa (Ciblek Kebun dan Ciblek Putih). Burung Ciblek atau yang biasa dikenal dengan sebutan prenjak atau bernama latin Cisticolidae. Burung ini merupakan contoh burung penyannyi dari sekian banyak deretan burung perkicau yang ada di tanah air. Ciblek yang terkenal lincah dan sangat populer dikalangan penggemar burung akhir-akhir ini. Di tahun 2017, harga Ciblek semakin naik mengingat banyaknya perlombaan di berbagai wilayah Indonesia.

Jenis Ciblek

Beberapa jenis burung Ciblek yang populer di Indonesia memang memiliki postur tubuh yang kecil dan suara kicauan yang unik. Burung tersebut dikenal dengan burung Ciblek sawah, Ciblek Jawa, Ciblek Tambak dan Ciblek Gunung.

Namun meskipun burung Ciblek terdiri dari beberapa jenis yang cukup populer, keberadaan burung ini semakin disayangkan karena bisa dikatakan hampir punah. Nah bagi anda para pecinta burung kicauan, akan lebih baik jika anda memiliki niat dan tekat untuk melestarikan burung-burung jenis Ciblek ini. Sebab untuk mencegahnya agar tidak punah, burung tersebut juga dapat menemani hari-hari anda dengan suara kicauannya yang merdu dan indah. Berikut ini ulasan mengenai jenis-jenis Ciblek yang ada di Indonesia dan sering diperlombakan.

1. Ciblek Semi / Ciblek Kebun (bar-winged Prinia)

Ciblek Semi, Ciblek Kebun, Jenis Ciblek

Burung Ciblek semi atau Ciblek kebun mempuyai ciri ciri yaitu body panjang dengan ukuran dari bagian kepala sampai ekornya sekitar 13 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna coklat kehijauan di bagian atas. Warna dadadan leher didominasi dengan warna putih, sedangkan perutnya berwarna kekuningan. Ciri yang paling mudah dikenali dari jenis Ciblek semi ini adalah garis hitam dan putih yang ada pada kedua sayap dan ekornya.

2. Ciblek Putih / Ciblek Kristal (bar-winged Prinia)

Ciblek Putih, Ciblek Kristal, Jenis Ciblek

Ciblek Putih mempunyai ciri-ciri utama yaitu bulu di bagian dada berwarna putih, serta warna hitam di bagian kepala. Jika dilihat lebih jelas, terdapat warna putih di bagian ujung ekornya. Pada bagian Ciblek Putih Jantan berwarna lebih terang. Sedangkan untuk yang berkelamin betina, warna kakinya agar kemerah merahan atau pink.

Ciblek Kristal berhabitat di hutan, kebun dan alam liar. Mereka tersebar di seluruh pulau Jawa. Burung ini sering ikutkan dalam perlombaan, karena mempunyai mental baja dan tidak mudah kalah (pedotan).

3. Ciblek Sawah / Ciblek Pari (prinia inornata)

Ciblek Sawah, Ciblek Pari, Jenis Ciblek

Ciblek sawah “Ciwah” atau Ciblek Pari mempunyai ciri khusus yang memudahkan kita untuk mengenalinya, ciri tersebut yaitu memiliki kicauan yang terdengar lembut dan lirih. Selain itu burung ini diyakini tidak pernah mengangkat ekornya pada saat mengeluarkan suara kicauan. Kita bisa menjumpai burung ini di sawah-sawah terdekat karena sesuai dengan namanya, burung ini suka sekali berterbangan di daerah persawahan.

4. Ciblek Gunung (prinia atrogularis)

Ciblek Gunung

Ciblek Gunung atau “Cigun” termasuk burung yang tidak kalah eksotis dengan jenis Ciblek yang lain. Burung ini dapat kita jumpai di daerah dataran tinggi yaitu perbukitan dan pegunungan. Berbeda dengan jenis burung Ciblek yang lain, burung Ciblek Gunung memiliki warna yang jelas di bagian tubuhnya, baik pada dahi, punggung dan lehernya memiliki warna keabu-abuan. Warna tubuh yang lain didominasi dengan warna coklat kekuningan. Selain itu suara Ciblek Gunung mempunyai ciri khas tersendiri.

5. Ciblek Tambak

Ciblek Tambak

Ciblek Tambak mempunyai dua macam varian warna yang mendominasi warna bulu pada tubuhnya. Warna tersebut yaitu abu-abu dan juga putih. Warna putih adalah warna yang mendominasi pada bagian leher sampai pada perut. Burung ini memiliki warna kuning di bagian pantat dan punggung. Untuk masalah suara,  jenis burung Ciblek ini memiliki tembakan ngebremm dengan suara tembakan keras.

Nama sebuatan jenis Ciblek kadang berbeda beda, tergantung tempat kita berada. Ada beberapa jenis nama atau sebutan yang diberikan untuk burung Ciblek ini yaitu :

  1. Ciblek Sawah / Ciblek Pari
  2. Ciblek Gunung / Cigun
  3. Ciblek Putih / Ciblek Kristal / Ciput
  4. Ciblek Tambak
  5. Ciblek Kebun / Ciblek Semi

Akan tetapi secara umum, burung Ciblek ini dikategorikan menjadi 4 kelompok saja yaitu Ciblek Gunung, Ciblek Sawah (Ciblek Pari), Ciblek Tambak dan Ciblek Jawa (Ciblek Kebun Dan Ciblek Putih).

Baca Juga: 13 Cara Merawat Ciblek Agar Rajin Bunyi dan Ngebren

Nah itulah ulasan mengenai macam dan  jenis Ciblek yang menyebar di seluruh tanah air. Agar burung-burung istimewa tersebut tidak punah maka tidak ada salahnya bagi kita sebagai pecinta burung untuk melestarikannya mulai dari sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here