3 Cara Menjinakan Ciblek Liar dan Bakalan dengan Mudah

0
640

Kicauburung.id – Cara menjinakan Ciblek liar dan bakalan dengan mudah. Mulai dari menjinakkan Ciblek Gunung, Ciblek Sawah / Ciblek Pari, Ciblek Tambak, Ciblek Kebun, Ciblek Putih. Burung ciblek adalah salah satu jenis burung berkicau yang memiliki paruh halus serta postur tubuh yang relatif kecil seperti burung Pleci. Meskipun terkesan sama dengan burung Peci, namun cara menjinakkan burung Ciblek tentunya tidak akan sama dengan cara menjinakkan burung Pleci.

Burung Ciblek Jinak, Menjinakkan Burung Ciblek

Membeli burung Ciblek yang masih bakalan memang lebih menguntungkan karena harganya yang masih murah. Burung Ciblek yang dirawat sendiri sejak dari anakan akan lebih mudah dijinakkan dari pada burung Ciblek yang dibeli ketika sudah dewasa.

Pada dasarnya semua burung yang dirawat dengan baik dalam sangkar akan dengan mudah menjadi burung yang jinak, namun semua itu membutuhkan waktu yang tidak cepat sampai proses penjinakan benar-benar berhasil. Untuk menjinakkan Ciblek sendiri kita tentunya membutuhkan trik khusus baik berupa pelatihan ataupun perawatan yang tepat.

Ciblek Jinak

Nah kami akan memberikan tips cara menjinakan Ciblek liar atau bakalan dengan mudah. Tapi ingat, perlu kesabaran dan terus melakukan uji coba.

Tips dan Cara Menjinakan Ciblek :

1. Pemberian Pakan Ciblek Secara Teratur

Pemberian Pakan Ciblek Secara Teratur Agar Jinak, Cara Menjinakkan Ciblek

Salah satu trik jitu yang harus kita lakukan untuk menjinakkan Ciblek adalah dengan memberikan pakan yang bernutrisi dan sesuai jadwal. Cara yang paling sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan mengosongkan sisa makanan yang ada di dalam sangkar burung pada saat menjelang mala hingga tiba esok pagi. Hal ini bertujuan agar sang burung Ciblek merasa kelaparan di pagi hari. Nah pada saat yang tepat itulah bisa anda manfaatkan untuk menarik simpati sang burung dengan cara memberikan makanan berupa ulat hongkong yang ditaruh pada lidi dan dimasukkan kedalam sangkar.

Mungkin pada awalnya burung tidak akan mau memakan ulat tersebut, namun anda harus bersabar menunggu sekitar 7-10 menit kemudian. Jika tepat saat jam 10 pagi, Ciblek anda masih tidak mau memakan ulat tersebut, maka anda bisa melakukan strategi. Strategi tersebut yaitu dengan cara meletakkan ulat pada tempat makan yang ada di dalam sangkar. Jika sudah maka tinggalkan sampai burung mau memakannya. Usahakan untuk melakukan trik ini agar burung Ciblek menjadi jinak karena merasa anda adalah penyelamatnya disaat dia kelaparan sehingga sang burung menjadi tidak takut lagi dengan anda.

2. Memandikan Ciblek Sampai Basah Kuyup

Pemandian dan Karamba Burung Ciblek agar Jinak, Cara Menjinakkan Ciblek

Kebanyakan Ciblek yang masih beradaptasi dengan pemilik baru dan lingkungannya akan terkesan kelabakan saat sang pemilik menghampiri mereka. Untuk itu saran dari kami, sebaiknya anda memandikan burung ciblek anda pada pagi hari dan juga sore.

Memandikan Burung Ciblek Basah Kuyup Agar Jinak, Menjinakkan Ciblek

Memandikan Ciblek yang masih liar memang sangat perbuatan ekstrem, akan tetapi hal tersebut sangat bagus sebagai proses menjinakkan Ciblek. Kita tahu, karena setelah dimandikan burung akan merasa kedinginan dan lapar. Dari situlah mereka membutuhkan manusia untuk memindahkan sarangnya di tempat yang hangat serta memberikannya makanan.

3. Tempatkan Ciblek di Lingkungan yang Ramai

Burung Ciblek, Menjinakkan Ciblek

Meletakkan atau menempatkan burung Ciblek di tempat ramai akan menjadikan mental burung menjadi pemberani sehingga tidak takut lagi dengan manusia atau burung lain. Nah hal tersebut merupakan cara cepat menjinakkan Ciblek anda.

Baca Juga: 13 Cara Merawat Ciblek Agar Rajin Bunyi dan Ngebren

Nah itu adalah ulasan mengenai beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjinakkan burung Ciblek kesayangan anda. Meskipun cara-cara diatas terkesan cukup menyiksa dan ekstrem, namun kami mendapatkan informasi dari para pemelihara burung yang sudah berpengalaman dalam memelihara burung Ciblek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here