7 Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi dan Penyebabnya

Kicauburung.id – Cara mengatasi cucak Ijo macet bunyi dengan pola terapi, serta tahu penyebab cucak ijo macet bunyi atau malas berbunyi. Seringkali kita tidak tenang jika burung cucak ijo yang di pelihara tidak mengeluarkan suara yang jauh dari harapan si pemilik burung. Hal ini tak terkecuali burung cucak ijo, burung yang sifat emosinya kadang naik-turun dan mudah kena rangsangan sehingga membuat over birahi (OB). Hal tersebut disebabkan pakan ataupun mendengar suara tertentu.

Cucak Ijo Macet Bunyi, Penyebab Cucak Ijo Macet Bunyi, Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi

Karena emosi nya masih labil cucak ijo bisa mengeluarkan kicauan atau sangat gacor tetapi bisa juga hanya bersuara seperlunya saja. Ketika burung cucak ijo tiba-tiba jarang mengeluarkan suara ataupun tidak sama sekali, mungkin penyebab banyak.

Nah di bawah ini adalah hal-hal yang menyebabkan cucak ijo kesayangan anda macet bunyi. Anda harus tahu betul penyebabnya, supaya bisa mengatasi masalah cucak ijo macet bunyi dengan mudah.

5 Penyebab Cucak Ijo Macet Bunyi :

1. Terkena infeksi pernafasan

2. Kondisinya sedang mabung

3. Gangguan pencernaan

4. Kalah dalam kompetisi

5. Dikagetkan secara tiba-tiba.

Faktor dan penyebab cucak ijo malas berbunyi yang disebut diatas mempengaruhi mental burung cucak Ijo sehingga menyebabkan macet bunyi. Hal tersebut bisa diatasi dengan cara sebagai berikut.

7 Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi dengan Mudah :

  • Jika burung cucak ijo memiliki infeksi pernafasan atau gangguan pencernaan sebaik nya anda harus membawa nya ke dokter burung. Selain itu anda dapat konsultasi kepada penjual obat-obat burung di toko-toko burung dan tanyai apa obat yang cocok untuk mengatasi penyakit tersebut.
  • Burung juga mempunyai rasa atau perasaan sama seperti manusia yang ingin di tempatkan di tempat yang asri,sejuk dan tenang. Hal ini bermaksud untuk membuat jiwa, raga dan perasaan nya lebih tenang.
  • Pancing burung cucak ijo dengan suara asri seperti suara burung lain atau gemicrik air. Pancingan suara alami tesebut bisa di sebut terapi suara. Supaya burung tersebut bisa terkena rangsangan dan akan berbunyi kembali.
  • Berikan makanan yang bergizi agar kesehatan nya baik dan stabil. Berilah buah-buahan seperti apel, buar peer, pisang dan lain-lain. Anda juga harus wajib tahu racikan khusus pakan cucak ijo.
  • Beri juga makan EF seperti jangkrik atau kelabang kecil secara rutin. Agar efektif dianjurkan sesering mungkin di beri kelabang kecil, biasa nya dalam kurang dari satu minggu burung akan mau kembali berbunyi.
  • Penjemuran secara teratur. Dengan pencemuran di pagi hari secara teratur akan berdampak bagus bagi kesehatan burung CI kesayangan anda.
  • Kebersiahan kandang selalu di jaga. Inilah sebenarnya penyebab yang sering di sepelekan dan mengakibatkan cucak ijo menjadi macet bunyi. Jagalah kebersihan kandang cucak ijo anda supaya burung CI sehat.

Cara cara mengatasi cucak ijo macet bunyi di atas adalah untuk mengatasi burung cucak ijo yang susah atau jarang berbunyi. Merawat burung cecak ijo tidaklah mudah, anda harus telaten dan sabar.

Baca Juga: Harga Burung Cucak Ijo Terbaru Januari – Mei 2017

Jika anda pecinta atau hobi memelihara burung cucak ijo, anda dapat melihat tips perawatan cucak hijau harian dan lomba lainnya.