Melatih Mental Burung Cucak Ijo, Cara Melatih Mental Cucak Ijo

9 Cara Melatih Mental Burung Cucak Ijo Untuk Harian dan Lomba

Kicauburung.id – Cara melatih mental cucak ijo dengan mudah agar siap tampil di lapangan atau event lomba. Menjadi kepuasan tersendiri untuk untuk memelihara seekor burung cucak ijo. Berbagai macam peliharaan yang telah manusia pelihara sebagai salah satu hobi nya. Salah satu nya memelihara burung. Burung yang kita pelihara mengeluarkan suara yang begitu keras dan indah di dengar, apalagi jika burung tersebut sudah cerewet di pagi hari. Tentunya menjadi kesenangan dan kepuasan bagi pemiliknya.

Melatih Mental Burung Cucak Ijo, Cara Melatih Mental Cucak Ijo

Hampir semua dari berbagai jenis burung mengeluarkan suara merdu nan indah salah satu nya adalah burung cucak ijo. Burung ini termasuk burung yang gampang dalam pemeliharaan nya, itu alasan mengapa burung ini sangat di sukai dan banyak di pelihara oleh pecinta burung. Walaupun dalam hal pemeliharaan gampang, namun melatih mental cucak ijo merupakan pekerjaan yang cukup sulit.

Memelihara burung cucak ijo di butuhkan mental yang sangat baik supaya burung tersebut gampang untuk di pelihara dan mengeluarkan kicauan keras saat berada di tempat ramai. Untuk mengatasi dan melatih mental cucak ijo yang kurang bagus, maka harus di perlukan pelatihan agar mental burung cucak ijo baik dan kuat.

Baca Juga: 4 Racikan Khusus Pakan Cucak Ijo Juara

Nah di bawah ini ada tips dan cara melatih mental cucak ijo dengan mudah juga dapat mencetak cucak ijo yang siap terjun ke ajang perlombaan atau gantangan.

6 Cara Melatih Mental Cucak Ijo Dengan Mudah :

  1. Mandikan burung cucak ijo secara rutin. Memandiakan burung CI minimal 2x sehari atau setiap hari. Supaya burung anda akan selalu segar, sehat dan bermental bagus.
  2. Jangan menjemur burung cucak Ijo di tempat itu-itu saja. Biasanya jika menjemur burung disatu tempat akan berdampak pada mental burung cucak ijo tersebut kurang baik. Ajaklah burung tersebut berjemur di tempat yang berbeda supaya mental nya meningkat.
  3. Ajaklah burung tersebut jalan-jalan dengan keliling komplek. Ketika proses jalan-jalan bisa anda lakukan dengan cara di gendong, kegiatan ini akan membuat si burung mengenali tempat yang menyenangkan dan tidak bosan di satu tempat.
  4. Berilah kerodong pada malam hari dan pada waktu ngurak. Ngurak istilah lain dari merontokkan bulu atau mbodol.
  5. Ajak burung tersebut berbaur dengan burung lain nya. Anda bisa mencoa cara ini dengan membawa burung cucak ijo ke tempat pelatihan bersama agar dapat terbiasa mendengar kicauan burung-burung lain. Hal ini akan mempengaruhi serta melatih mental cucak ijo anda menjadi lebih baik.
  6. Berilah makanan yang cukup sehingga mempunyai stamina kuat dan stabil. Dengan makanan atau “Ekstra Fooding” akan melatih mental burung cucak ijo mempunyai keberanian untuk mengeluarkan suara. Jika burung dalam kondisi lapar atau kurang gizi maka akan mempengaruhi mental burung untuk tidak mengeluarkan suara, karena tidak adanya kondisi yang bagus.
  7. Sering lakukan penggantian sangkar. Pergantian sangkar dari satu ke yang lain sangan bermanfaat bagus dan bertujuan supaya burung terbiasa dengan suasana baru.
  8. Gantangkan burung di tempat yang ramai. Ini cara yang di lakukan para suhu dan master dalam melatih mental cucak ijo supaya bagus saat di perlombaan maupun harian.
  9. Sering di ajak ke gantangan. Ketika anda sering mengajak burung cucak ijo ke gantangan maka sedikit demi sedikit mental cucak ijo anda akan jadi

Lihat Juga: 7 Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi dan Penyebabnya

Itulah hal-hal yang harus di lakukan dan perhatikan apabila ingin melatih mental cucak Ijo yang kurang baik.

Jika anda pecinta atau hobi memelihara burung cucak ijo, anda dapat melihat tips perawatan cucak hijau harian dan lomba lainnya.

Loading...
Trotolan Murai Batu Medan

Mengenal Burung Murai Batu, Si Peniru Kicau yang Gacor

Cucak Ijo Macet Bunyi, Penyebab Cucak Ijo Macet Bunyi, Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi

7 Cara Mengatasi Cucak Ijo Macet Bunyi dan Penyebabnya