16 Cara Memaster Cucak Ijo Paling Efektif dan Benar

0
1939

Kicauburung.id – Cara pemasteran atau memaster Cucak Ijo paling efektif agar mudah menyerap suara masteran. Memaster Cucak Ijo bakalan, ombyokan atau bahan merupakan sebuah pekerjaan yang gampang-gampang sulit. Kita tahu proses pemasteran pada burung Cica Daun ini akan cepat masuk ketika masih berumur 1 bulanan atau sedang dalam kondis mabung. Berbeda ceritanya saat memaster Cucak Ijo yang habis dibeli dari pasar. Perlu cara pemasteran khusus agar burung bahan tersebut mau menyerap masteran dengan baik. Walaupun pada dasarnya burung CI pintar dalam menirukan suara burung lain secara bervariasi.

Memaster Cucak Ijo, Pemasteran Cucak Ijo

Ada dua metode yang baik dalam memaster Cucak Ijo yaitu :

  1. Mengunakan burung asli
  2. Menggunakan MP3 atau elektronik

Untuk metode yang sering dilakukan dalam memaster Cucak Ijo adalah langsung mendatangkan burung masteran atau mendengarkannya lewat mp3. Namun menurut Ijomania sendiri, cara mendatangkan langsung burung masteran dianggap lebih efisien karena suara yang dihasilkan lebih jelas dan memiliki iraman lagu yang langsung dapat diserap. Sedangkan jika kita memilih untuk  menggunakan perangkat audio, kita harus pintar-pintarnya memilih waktu yang tepat agar proses pemasteran. Selain itu perangkat yang kita pilih harus dengan kualitas yang baik serta harus sedikit diedit agar memiliki waktu jeda. Hal tersebut berfungsi agar burung Cucak Ijo tidak stress.

Cara pemasteran Cucak Ijo yang baik yaitu harus menggunakan burung master asli dengan cara meletakannya dekat dengan burung master. Sahabat kicaumania sendiri sering menggunakan jarak 2 meter denan burung yang akan di masterkan dalam keadaan di krodong. Burung masteran asli yang cocok untuk memaster Cucak Ijo yaitu Cucak Jenggot, Greja, Cililin, Lovebird, Ciblek Kebun, dan Kenari. Menurut kicaumania suara burung tersebut sudah cukup untuk dijadikan isian burung Cucak Ijo, karena alasannya suara yang dominan kasar dan nembak.

Cara memaster Cucak Ijo dengan mengunakan mp3 dapat anda dilakukan kalau anda tidak memiliki burung master. Cara terbaik adalah dengan cara memilih waktu yang sangat tepat untuk pemasteran serta jarak perangkat audio juga mempengaruhi dalam proses masteran. Jangan sampai terlalu dekat dan suara masteran jangan terlalu keras. Gunakan maksimal 3 audio saja, contohnya anda dapat menggunakan burung Gereja – Cucak Jenggot – Love Bird. Perlu diingat harus ada jeda setiap satu file audio. Jangan lupa untuk gunakan krodong pada saat ingin memaster dengan menggunakan file mp3.

Hal yang perlu ada ketahui yaitu hasil proses memaster Cucak Ijo tersebut sangat mempengaruhi tatanan atau susunan lagu burung kesayangan anda.

Membahas mengenai suara isian yang bagus untuk burung Cucak Ijo yaitu suara dengan karakter atau tipe ngerol serta bervariasi. Anda juga dapat memilih karakter suara yang mempunyai variasi speed bagus serta intonasi suara panjang. Adapaun isian atau jenis masteran Cucak Hijau yang baik yaitu :

  1. Gereja
  2. Gelatik Batu
  3. Pelatuk
  4. Siskin
  5. Prenjak
  6. Ciblek
  7. Cililin
  8. Kapas Tembak
  9. Cucak Jenggot
  10. Lovebird
  11. Tengkek

Yang terpenting mengenai soal isian yaitu bagus dan baik tidak nya untuk Cucak Ijo kita yaitu ketka membawakan lagu dengan suara lantang dan ngetrok. Maka untuk disarankan memilih masteran Cucak Ijo sesuai dengan karakter.

Nah untuk proses pemasteran, berikut ini kami akan berbagi tips jitu bagaimana cara memaster Cucak Ijo dengan benar khusus untuk anda para pemula.

1. Usia Burung

Cucak Ijo merupakan burung cerdas yang mempunyai daya ingat amat kuat. Memori ingatan pada burung ini akan semakin bagus jika kita mengasahnya sedari dini. Usia yang cocok untuk burung Cucak Ijo yang siap dimaster adalah usia 1 bulan. Ketika sudah menginjak usia 1 bulan auditory otak pada CI masih dalam keadaan kosong atau belum banyak menyimpan suara. Dengan demikian kita bisa dengan mudah membuat burung lebih cepat menghafal suara masteran yang kita berikan.

2. Alat Pemasteran

Kecanggihan di era teknologi saat ini dapat memudahkan kita dalam memaster burung. Biasa para pemaster ketika sedang memaster Cucak Ijo menggunakan alat pemasteran dengan perangkat elektronik. Alat-alat elektronik untuk memaster pleci tersebut antara lain musik box, MP3, MP4, smartphone, tape, tablet, laptop, DVD, VCD, televisi dan lainnya. Jika ingin yang simpel, anda bisa mengunduh bebeberapa jenis suara burung MP3 dari internet kemudian diputar melalui laptop, smartphone atau tablet. Akan tetapi biasanya burung Cica Daun lebih mudah menangkap suara masteran dengan memaster menggunakan burung asli.

3. Jenis Suara Masteran

Tidak semua jenis suara burung bisa diserap oleh Cucak Ijo dengan mudah. Burung CI memiliki daya ingat suara yang tak terbatas, namun terbatas dalam melafalannya. Karena keterbatasannya tersebutlah menjadikan Pleci tidak bisa menirukan suara semua burung. Ada beberapa jenis suara masteran Cucak Ijo yang mudah di ingat dan dilafalkan dengan baik. Jenis-jenis suara masteran Cucak Ijo Kolibri, trecetan burung Gereja, Gelatik Wingko, Mantenan, Ciblek, Prenjak, Blackthroat, Kenari, Herda Sanger, Goldfinch, Siskin, Mozambik dan lain-lain.

4. Waktu Pemasteran

Meskipun termasuk burung yang cerdas, namun Cica Daun juga tetap membutuhkan konsentrasi dalam menangkap suara masteran. Malam hari merupakan waktu yang pas dan tepat untuk pemasteran, karena ketika malam hari Cucak Ijo hanya diam, tidak terlalu aktif bergerak dan konsentrasi mendengarkan. Memaster Cucak Ijo pada malam hari dapat anda lakukan pada pukul 10 malam hingga pukul 6 pagi. Namun anda juga bisa melakukan pemasteran Cucak Ijo ketika siang hari. Lakukanlah proses pemasteran setelah burung dimandikan dan dijemur di tempat yang nyaman, tenang dan kondusif.

5. Durasi Pemasteran

Proses memaster Cucak Ijo sama halnya dengan belajar yang membutuhkan waktu cukup lama dan harus diulang-ulang. Cara memaster Cica Daun yang benar dan baik setidaknya dilakukan minimal 4 jam dalam sehari. Anda juga dapat melakukannya di malam hari hingga pagi hari dengan kondisi yang mendukung.

6. Teknik Pengulangan Suara

Bisa karena terbiasa, mungkin ini juga pedoman yang dapat kita pegang saat memaster CI. Teknik pengulangan suara sangat dianjurkan atau diharuskan agar burung dapat menyimpan serta menjaga memori ingatannya tentang suara masteran yang telah diberikan. Anda bisa menggunakan teknik pengulangan suara masteran secara berkala. Caranya yaitu membuat daftar playlist yang dapat diputar secara berulang-ulang.

7. Terapi Pemasteran

Memaster Cucak Ijo tidak akan berjalan sempurna jika tidak adanya terapi air mengalir. Mengapa bisa demikian? Karena, rata rata burung Cucak Ijo bertempat tinggal dan hidup di wilayah yang berdekatan dengan air. Oleh sebab itu, jika anda ingin berhasil melakukan pemasteran Pleci, anda harus membuat suasana tempat pemasteran seperti suasana alam yang paling disukai CI

8. Kondisi burung

Kondisi burung Pleci yang ingin di master harus sehat dan vit. Yang paling penting yaitu memaster Cucak Ijo saat kondisnya sedang nyulam, moulting atau mabung. Di saat itulah rata-rata Cucak Ijo yang sedang menumbuhkan bulu sedang mengalami peningkatan siklus metabolisme. Dari situlah kebanyakan burung mudah mengingat suara masteran yang kita berikan..

9. Kondisi Lingkungan Pemasteran

Kondisi lingkungan yang aman, tenang, nyaman dan kondusif adalah kondisi yang dapat mendukung proses memaster Cucak Ijo. Usahakan menempatkan burung yang ingin dimaster dalam kondisi nyaman, janangan menempatkan di tempat gaduh.  Jika kita menempatkan burung ditempat gaduh maka pada saat proses pemasteran akan terganggu.

10. Asupan Multivitamin

Cucak Ijo merupakan burung yang tergolong pintar dan cerdas. Burung tersebut akan semakin cerdas jika didukung dengan asupan multivitamin yang tepat agar kesehatannya terjaga. Dengan kondisi yang fit akan membuat pleci semakin cepat dalam menghafal suara masteran yang diberikan.

Cara Memaster Cucak Ijo Paling Efektif :

  1. Pilih tempat yang tenang dan tentram agar Cucak Ijo lebih mudah dan cepat merekam suara masteran karena tidak adanya gangguan dari suara lain. Ketika ada suara ganguan dari tempat lain akan mempengaruhi proses pemasteran.
  2. Perlu diingat dan dicatat bahwa jarak ideal pemasteran Cucak Ijo yaitu berjarak 2 – 4 meter. Hal ini akan mempengaruhi suara masteran, karena suara akan terdengar jelas.
  3. Volume masteran jangan terlalu keras, suara volume sedang, tidak full. Hal tersebut berfungsi agar suara dapat terdengar lebih mengalun dan tidak pecah terkena udara.
  4. Jika menggunakan burung asli saat pemasteran Cucak Ijo waktu yang cocok yaitu sesuai keinginan. Sedangkan kalau memakai perangkat audio atau elektronik anda bisa mulailah memaster Cucak Ijo mulai 07.00 sampai 09.00 dan pukul 15.00 sampai16.00. Ulang lah kegiatan pemasteran dari kehari dan pantau selama 1 minggu.
  5. Pilihlah karakter suara yang cocok dengan burung Cucak Ijo anda.
  6. Saat burung sedang mengalai mabung, mbodol atau nyulam itu mendandakan waktu yang paling tepat untuk memaster Cucak Ijo tersebut.

Baca Juga: 5 Jenis Cucak Ijo, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Itulah beberapa tips jitu cara memaster Cucak Ijo yang tepat dan benar agar cepat gacor. Memaster burung CI dapat kita lakukan dengan memberikan suara masteran berupa mp3 ataupun dari burung asli yang sudah bisa gacor. Semoga dapat anda terapkan dan anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan patah semangat saat proses pemasteran Cucak Ijo bakalan. Ada juga dapat melihat atau membaca perawatan Cucak Ijo lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here