7 Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Beserta Gambar

0
285

Kicauburung.id – Cara membedakan Cucak Ijo jantan dan betina dengan mudah. Apakah anda kesulitan membedakan perbedaan antara Cucak Ijo jantan dan betina ketika masih bakalan? Burung Cucak Ijo atau Cica Daun merupakan salah satu burung kicau yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh para kicau mania baik dengan tujuan untuk dimaster, lomba atau hanya sekedar kicauan dirumah. Selain harga Cucak Ijo yang terjangkau, para pecinta burung juga jarang yang merasa kecewa setelah memeliharanya karena burung Cucak Ijo ini termasuk burung yang mudah sekali mengeluarkan kicauan yang merdu.

Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Banyak sekali orang yang mengecek atau meneliti jenis kelamin Cucak Ijo terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli burung ini. Ketelitian saat membeli Cucak Ijo bakalan nantinya sangat pengaruh dalam mental, tipe suara, jenis dan kontes atau lomba. Walaupun agak sulit ketika membedakan kelamin Cucak Ijo ketika masih bakalan, anakan atau bahan, asalakan jeli dan teliti pasti bisa.

Namun jika anda memang benar-benar berniat memelihara burung Cucak Ijo dengan tujuan untuk diadu dan didengarkan suara ocehannya yang indah, maka anda harus selektif dalam memilih burung CI yang benar.

Keunggulan Cucak Ijo Jantan di Banding Betina?

Cucak Ijo Jantan dan Betina

Jika ingin mendengarkan suara burung Cucak Ijo yang indah, maka anda harus memilih burung CI yang berjenis kelamin jantan. Ini dikarenakan hanya Cucak Ijo jantanlah yang mampu berkicau dengan suara yang merdu, gacor dan bisa ngentrok. Sedangkan burung Cucak Ijo betina tidak bisa berkicau seperti yang anda harapkan.

Nah untuk klebih mudahnya kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara membedakan Cucak Ijo jantan dan betina sehingga wawasan anda tentang burung gelatik semakin luas.

Cara Mudah Membedakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina

Tips jitu untuk membedakan jenis kelamin antara Cucak Ijo jantan dan betina dapat dilihat dengan seksama mengenai beberapa ciri-ciri berikut:

1. Lingkar Mata

Lingkar Mata Cucak Ijo Jantan dan Betina

Jika burung Cucak Ijo telah berusia usia tua atau dewasa biasanya akan tampak jelas perbedaan pada bagian lingkar mata. Untuk Cucak Ijo jantan akan mempunyai bulatan lingkar mata yang tampak berwarna kuning tegas. Sedangkan untuk Cucak Ijo betina umumnya mempunyai lingkar mata yang tampak berwarna putih.

2. Pupil Mata

Pupil Mata Cucak Ijo Jantan dan Betina
Jika kita melihat secara seksama pada bagian mata burung Cucak Ijo, kita akan mendapati lingkaran gelap pada bagian bola matanya. Dari situ kita dapat membedakan Cucak Ijo jantan dan betina. Bila pupil mata Cucak Ijo betina biasanya berwarna hitam ke coklatan, sedangakan yang berkelamin jantan pupil akan terlihat hitam jernih.

3. Paruh Bawah

Paruh Bawah Cucak ijo Jantan dan Betina

Pada bagian paruh bawah Cucak Ijo Jantan akan mempunyai warna cokelat gelap. Sedangkan burung Cucak Ijo betina bagian paruh bawah tampak jelas mempunyai warna putih bersih.

4. Tulang Supit / Supit Urang

Tulang Supit Cucak Ijo Betina dan Jantan

Cucak Ijo jantan mempunyai atau memiliki tulang supit yang keras dan kaku. Sedangkan burung Cucak Ijo berkelamin betina memiliki tulang supit yang sedikit agak lentur serta terlihat bergeser ke kiri atau ke kanan.

5. Leher

Leher Cucak ijo Jantan dan Betina

Ketika sudah menginjak usia sekitar 4 sampai 6 bulan, warna leher Cucak Ijo betina yang terlihat kuning. Akan tetapi, lama kemalaman warna kuning tersebut akan berubah menjadi putih dan kehijauan. Sedangkan untuk Cucak Ijo jantan warna leher akan terlihat kuning ketika masih bakalan dan lama-kelamaan akan berubah warna menjadi hitam.

6. Sisik Kaki

Ketika menginjak usia remaja dan kaki telah bersisik, biasanya Cucak Ijo jantan terdapat trotol atau bintik hitam. Sedangkan Cucak Ijo bentina yang telah bersisik tidak mempunyai warna bintik hitam.

7 Tes DNA Akurat 99%

Cara membedakan kelamin Cucak Ijo jantan dan betina dapat menggunakan DNA yang dapat diambil dari darah atau bulu. Keakuratan tes DNA Cucak Ijo diklaim mencapai 99 persen. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid yang tentunya berbeda antara jenis burung Cucak Ijo betina dan jantan.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan :

  1. Mempunyai warna lingkar mata kuning yang pekat dan tegas.
  2. Memiliki tulang supit yang keras serta jarak sisi kanan dan kiri rapat.
  3. Ketika masih anakan atau bakalan warna paruh coklat gelap.
  4. Warna pupil mata tampak hitam dan jernih.
  5. Bila diamati kulit kaki terlihat bersisik akan ada bintik hitam.
  6. Warna leher kuning ketika umur 4 – 6 bulan, serta berubah menjadi putih dan kehijauan.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Betina :

  1. Mempunyai warna lingkar mata kusam serta warna kuningnya tampak memutih.
  2. Memiliki tulang supit yang lembek serta jarak sisi kanan dan kiri renggang.
  3. Ketika masih anakan atau bakalan warna paruh putih.
  4. Warna pupil mata tampak coklat.
  5. Bila diamati kulit kaki terlihat bersisik tidak terdapat bintik hitam.
  6. Warna leher kuning ketika umur 4 – 6 bulan, serta berubah menjadi hitam.

Baca Juga : 5 Jenis Cucak Ijo, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

itlah sedikit ulasan mengenai cara membedakan jenis kelamin pada burung Cucak Ijo jantan dan juga betina. Burung Cucak Ijo menjadi salah satu jenis burung pemakan serangga dan buah yang cara pemeliharaannya cenderung lebih mudah. Intinya cuma satu ketika membedakan kelamin Cucak Ijo bakalan Sumatera, Kalimantan maupun Banyuwangi harus teliti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here