13 Cara Merawat Cucak Ijo Menjelang Lomba Agar Juara

0
481

Kicauburung.id – Setingan, setelan atau cara merawat Cucak Ijo menjelang lomba agar juara, tampil maksimal dan mau bongkar isian di arena perlombaan perlu dipelajari. Walaupun kita tahu bahwa jenis Cucak Ijo bukanlah burung petarung sejati, namun apa salahnya jika kita paham cara merawat Cucak Ijo menjelang lomba dan melatih mental agar lebih berani di arena perlombaan.

Merawat Cucak Ijo Menjelang Lomba

Di tahun 2017 ini burung Cucak Ijo semakin populer dan banyak diminati kicaumania karena gaya tarung dan suara yang dimilikinya sangat merdu. Sehingga menjadikan burung Cucak Ijo selalu tampil memuaskan di arena perlombaan dan full gantangan. Burung Cucak Ijo sendiri sebenarnya bukan burung yang fighter melainkan hanya burung yang semi fighter, sehingga memerlukan perawatan khusus jika menginginkan burung Cucak Ijo dibawa ke arena perlombaan atau gantangan.

Cara merawat Cucak Ijo menjelang lomba atau setingan sebelum naik gantangan sebenarnya secara garis besar hampir sama dengan perawatan sehari-hari. Akan tetapi perbedaan saat menyiapkan Cucak Ijo sebelum lomba hanya pada pakan EF dan menambah jam istirahat. Jika pas ketika mengatur jam istirahat serta memberi ekstra fooding, maka burung Cucak Ijo anda akan tampil maksimal di arena pertombaan.

Ketika menjelang lomba sebaiknya anda amati apakah burung Cucak Ijo anda sedang dalam kondisi sehat, tidak ada bulu yang jatuh atau mabung serta keadaan birahi stabil. Ketiga faktor itulah yang akan mempengaruhu kinerja burung Cucak Ijo saat di gantangakan.

Nah berikut ini adalah proses merawat Cucak Ijo menjelang pelombaan agar bisa juara dan tampil maksimal di arena gantangan atau perlombaan.

Cara-Cara Merawat Cucak Ijo Menjelang Lomba :

  1. Ketika sudah menginjak H-3 atau 3 hari menjelang perlombaan, Cucak Ijo diwajibkan tidak boleh dipertemukan dengan sejenisnya. Manfaat tidak mempertemukan Cucak Ijo satu dengan lainnya yaitu untuk menyimpan stamina dan tenaga. Hal tersebut berupaya agar burung mau kerja maksimal, tidak gembos dan loyo saat perlombaan.
  2. Mandikan Cucak Ijo secara rutin di pagi hari, setelah itu bisa anda jemur maksimal 30 menit saja.
  3. Kami sarankan untuk memberi pakan Cucak Ijo berupa buah pepaya ketika H-3 sampai H-2.
  4. Ketika H-3 sampai H-2 berikan porsi ekstra fooding (EF) berupa 7 ekor ulat hongkong dan 5 ekor jangkrik ketika pagi serta sore hari. Tambahkan juga kroto jika anda perlu.
  5. Ketika sudah H-1 ubahlah pakan buah Cucak Ijo dari pepaya menadi buah pisang.
  6. Naikkan jumlah porsi EF ketika sudah H-1.
  7. Ketika 1 jam sebelum digantangkan burung Cucak Ijo lebih bagus angin-anginkan sebentar, cukup 10 – 20 menit saja. Hal ini berupaya agar Cucak Ijo bisa beradaptasi di lingkungan atau area perlombaan.
  8. Jika ingin mau naik gatangan, kami sarankan untuk memberi EF berupa 1 ekor angkrik jangkrik lagi.
  9. Sebelum naik ke gantangan, upayakan sangkar dalam kondisi bersih. Hal ini bertuuan agar tidak mengganggu kinerja burung.
  10. Yang paling penting yaitu anda harus mengamati gerak gerik serta kinera Cucak Ijo sebelum di gantangankan dan saat di gantangkan. Saat itu anda bisa melihat apakah burung Cucak Ijo mau kerja maksimal atau tidak. Ciri-ciri Cucak ijo kerja maksimal yaitu mau bongkar isian serta bergaya ngentrok jambul.
  11. Jika burung mau kerja maksimal di arena perlombaan, maka setingan Cucak Ijo menjelang lomba tersebut wajib anda gunakan atau terapkan.
  12. Namun apa bila burung tidak mau kerja maksimal, maka amati karakter burung serta ubah lah setingan.
  13. Sebenarnya tangan pemegang Cucak ijo serta rejeki tersebut juga mempengaruhi kinerja maksimal.

Baca Juga: 7 Pola Perawatan Cucak Ijo Setelah Perlombaan

itulah 13 cara merawat Cucak Ijo menelang lomba agar juara dan tampil maksimal. Jika kinera Cucak Ijo kurang maksimal, anda dapat merubah setingannya. Selain itu janganlah sungkan untuk saling bertanya kepada para juara tentang bagaimana cara merawat Cucak Ijo sebelum lomba agar juara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here