22 Cara Membedakan Burung Cucak Jenggot Jantan dan Betina

0
1645

Kicauburung.id – Cucak jenggot adalah jenis burung monomorfik. Momomorfik yaitu burung betina dan jantan memiliki ciri fisik yang hampir sama, maka akan sangat sulit sekali melakukan identifikasi dan membedakan jenis kelaminnya. Banyak penggemar Cucak Jenggot lebih senang mempunyai Cucak Jenggot betina, kerena lebih rajin mengeluarkan suara aslinya yaitu besetan-besetan tajam. Suara besetannya sering kali dimanfaatkan sebagai modal untuk burung tersebut dilombakan dan suara masteran. Nah maka dari itu kita harus paham betul cara membedakan Cucak Jenggot jantan dan betina.

Cucak Jenggot Jantan dan betina Cara membedakan Cucak Jenggot Jantan dan betina

Burung Cucak jenggot juga merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh para kicau mania. Selain sebagai burung lomba, burung ini juga di ternakan. Kita tahu bahwa harga Cucak Jenggot tahun 2017 ini cukup menggiurkan karena suaranya pun lantang, indah, dan tentunya sangat menghibur. Namun demikian, masih banyak para pecinta burung Cucak Jenggot pemula yang masih bingung membedakan Cucak Jenggot jantan dan mana yang betina. Memang pada umumnya hanya Cucak Jenggot jantan saja yang mempunyai suara kicauan yang indah dan lantang.

Oleh karena itu rasanya penting untuk diketahui bagaimana cara membedakan Cucak Jenggot jantan dan betina. Jika anda ingin memiliki burung Cucak Jenggot dengan suara kicauan yang merdu, indah lantang dan bervariasi. Dalam artikel berikut akan diuraikan beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk membedakan Cucak Jenggot jantan dan betina. Mulai dari ciri fisik, suara sampai, tingkah laku burung Cucak Jenggot ketika diadu.

Ciri-Ciri Cucak Jenggot Jantan :

Cucak Jenggot Jantan, Ciri Cucak Jenggot Jantan Gambar Cucak Jenggot Jantan

  1. Cucak Jenggot suaranya bervariasi dan tidak monoton yang menjadi salah satu pembeda dengan burung Cucak Jenggot betina.
  2. Ciri fisik Cucak Jenggot jantan, di bagian dadanya terdapat bulu berwarna kuning yang dominan. hal ini adalah ciri yang paling mudah dicermati.
  3. Cucak Jenggot jantan berfisik simetris atau balance. Artinya mulai dari kepala sampai pada bagian ekor terlihat ideal. Bentuk fisik yang proposional adalah ciri khas yang dimiliki Cucak Jenggot jantan.
  4. Adapun tingkah atau gestur burung Cucak Jenggot jantan saat di dekatkan dengan burung lain adalah sayap tidak bergetar.
  5. Durasi kicauan Cucak Jenggot jantan pendek cenderung lama betinanya.
  6. Postur tubuh lebih panjang dan badannya lebih berbobot.
  7. Bentuk ekor terlihat sejajar dan lurus.
  8. Pola lingkar matanya cenderung agak besar, serta tatapan yang beringas dan tajam.
  9. Tulang supit lebih rapat.
  10. Bulu sayap dan rentang ekor lebih panjang dari betinanya.

Itulah ciri Cucak Jenggot jantang yang wajib dipahami untuk acuan anda dalam membedakan Cucak Jenggot jantan dan betina. Jika anda masih ragu, anda dapat melihat ciri dari burung Cucak Jenggot betina di bawah ini.

Ciri-Ciri Cucak Jenggot Betina :

Cucak Jenggot Betina, Gambar Cucak Jenggot Betina, Ciri Cucak Jenggot Betina

  1. Berbeda dengan Cucak Jenggot jantan yang memiliki suara yang bervariasi, Cucak Jenggot betina berkicau dengan suara yang tidak bervariasi dan terkesan monoton.
  2. Cucak jenggot betina mempunyai warna putih dibagian dadanya.
  3. Bentuk fisik yang dimiliki Cucak Jenggot betina tidak simetris dan terkesan bulat. Ini berarti fisik Cucak Jenggot betina dari bagian kepala sampai pada ekornya terkesan pendek dan nyempluk.
  4. Pada saat didekatkan atau diadu dengan burung lain, Cucak Jenggot betina akan menggetarkan sayapnya layaknya burung cucak jenggot jantan
  5. Cucak Jenggot betina biasanya akan mulai bertelur saat memasuki usia sekitar 8 bulan.
  6. Bentuk ekor lebih cenderung melengkung dan pendek.
  7. Postur tubuh terlihat lebih membungkuk ketika saat bertengger.
  8. Tulang supit renggang.
  9. Burung Cucak Jenggot betina sering bertelur ketika dalam posisi birahi memuncak.
  10. Lingkar matanya terlihat lebih kecil atau tipis.
  11. Leher lebih pendek.
  12. Mempunyai suara besetan-besetan tajam

Cukup mudah bukan, untuk membedakan Cucak Jenggot jantan dan betina. Anda cukup dilihat pada pebedaan suara dan fisik saja. Namun demikian melihat banyaknya spesies dan macam burung khususnya yang berada di indonesia, kita harus lebih teliti lagi dalam mengenali ciri- ciri maupun karakter burung yang kita inginkan.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Cucak Jenggot Macet Bunyi dan Penyebabnya

Hal ini membutuhkan pengalaman memelihara burung Cucak Jenggot secara mendalam. Serta dapat kita peroleh baik dari orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia burung atau dari aktifitas kita sehari-hari dalam merawat dan memelihara burung. Anda juga dapat melihat cara merawat Cucak Jenggot Lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here