8 Cara Mengatasi Cucak Jenggot Macet Bunyi dan Penyebabnya

0
924

Kicauburung.id – Cara mengatasi Cucak Jenggot macet bunyi dengan pola terapi. Serta tahu penyebab burung Cucak Jenggot macet bunyi atau malas berbunyi. Banyak sekali kemungkinan yang meyebabkan burung Cucak Jenggot “CJ”  macet atau malas berbunyi, mulai dari perwatan, doping, kurangnya vitamin dan lain lain.

Cucak Jenggot Macet Bunyi

Burung Cucak Jenggot sering dimanfaatkan sebagai jenis burung masteran. Burung ini juga cukup populer dikalangan para pecinta burung sebagai burung yang tangguh dan pemberani di arena lomba. Meskipun disebut-sebut sebagai burung yang mudah menirukan suara dari burung lain dan berbunyi dengan gacor, namun dalam kenyataannya burung Cucak Jenggot juga sering mengalami yang namanya macet bunyi. Pada dasarnya Cucak Jenggot macet bunyi banyak dipengaruhi atau disebabkan oleh beberapa faktor, baik perawatan harian maupun faktor lingkungan.

6 Faktor Penyebab Cucak Jenggot Macet Bunyi :

  1. Kondisi kesehatan burung yang kurang fit.
  2. Terganggunya mental burung hingga mengakibatkan mereka ngedrop entah karena jatuh dari sangkarnya, diganggu binatang lain atau kalah dalam ajang perlombaan.
  3. Adanya infeksi pada pernafasan atau tenggorokan sang burung cucak jenggot sehingga mengalami serak / gangguan suara.
  4. Faktor lingkungan yang kurang kondusif, dapat menyebabkan CJ males berbunyi. Seperti hewan yang melintas atau banyaknya lalu lalang sehingga burung menjadi tidak nyaman.
  5. Kondisi sedang mabung.
  6. Kurang Ekstra Fooding.

Untuk mengatasi hal tersebut ada strategi khusus yang harus dilakukan pemilik burung Cucak Jenggot rajin bunyi kembali. Nah, kami akan memberikan ulasan mengenai terapi khusus Cucak Jenggot  macet bunyi.

Cara Mengatasi Cucak Jenggot Macet Bunyi dengan Mudah :

  • Burung Cucak Jenggot yang badannya kurang fit sebaiknya diikutkan dalam lomba terlebih dahulu. Biarkan CJ beristirahat dan usahakan untuk tidak memancing birahi sang burung tersebut.
  • Selama menjalani masa terapi usahakan untuk menggentang Cucak Jenggot di tempat yang sepi dan tenang dari gannguan manusia atau hewan di sekitarnya.
  • Berilah beberapa buah-buahan segar seperti pisang, pepaya, buah pir, jeruk dan juga apel. Agar hasil yang didapat bisa maksimal, anda bisa mengoleskan madu pada buah sebelum diberikan kepada sang jenggot.
  • Berilah pakan Cucak Jenggot tambahan berupa EF (extra fooding) semisal ulat hongkong putih atau jangkring masing-masing dua ekor saja pada pagi dan sore hari kepada cucak jenggot kesayangan anda.
  • Selama proses penyembuhan sebaiknya burung Cucak Jenggot tidak dimandikan sama sekali agar tetap terjaga kondisi tubuhnya benar-benar pulih kembali.
  • Berilah obat dan vitamin burung agar proses penyembuhan semakin cepat. Untuk mengatasi gangguan suara serak pada Cucak Jenggot, anda bisa memberikan BirdTwitter pada burung anda.
  • Berikan juga multivitamin pada Cucak Jenggot anda. Vitamin burung yang cocok untuk malas berbunyi yaitu berupa BirdVit. Manfaat BirdVit dapat mengembalikan kondisinya dan menjaganya agar tidak mengalami gangguan sakit kembali.
  • Ada satu cara mengatasi Cucak Jenggot macet bunyi yaitu dengan menggunakan audio terapi atau suara terapi. Audio terapi tersebut berguna memancing Cucak jenggot berbunyi.

Cara cara mengatasi Cucak Jenggot macet bunyi di atas adalah untuk mengatasi probelm burung anda yang susah atau jarang berbunyi. Merawat burung Cucak Jenggot tidaklah mudah, anda harus telaten dan sabar.

Baca Juga: 3 Cara Menjinakan Burung Cucak Jenggot dengan Mudah

Itulah beberapa tips terapi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi burung Cucak Jenggot yang mengalami macet bunyi. Beberapa tips diatas jika dilakukan dengan telaten dan bertahap. Maka tidak butuh waktu yang lama masalah burung Cucak Jenggot yang macet bunyi bisa teratasi seketika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here