3 Cara Menjinakan Burung Cucak Jenggot dengan Mudah

0
331

Cara menjinakan burung Cucak Jenggot memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Selain pengalaman yang cukup tentang cara menjinakkan cucak jenggot, kita juga harus mengatahui bagaimana karakter sang burung. Supaya kita sedikit demi sedikit bisa memahaminya hingga bisa menjinakkannya. Menjinakkan burung cacak jenggot yang berasal dari tangkapan hutan umumnya akan lebih jika dibandingkan dengan burung bakalan yang kita dapat dari pasar.

cucak jenggot, menjinakkan cucak jenggot, burung cucak jenggot
Jika anda membeli burung cucak jenggot di pasar biasanya para penjual burung yang sudah berpengalaman akan menyarankan untuk tidak menggantung burung di tempat yang gaduh/ ramai. Biarkan sang burung cucak jenggot berada di dalam sangkar yang kondusif dan tenang selama beberapa hari.

Selain itu burung juga tidak boleh dimandikan sampai basah kuyup. Karena hal itu akan membuatĀ  burung khususnya cucak jenggot akan merasa tidak tenang dan menjadi takut kepada kita. Jika cucak jenggot sudah mempunyai perasaan takut pada kita maka kemungkinan bisa dijinakkan dengan mudah sangatlah kecil.

Cara Menjinakan Burung Cucak Jenggot dengan Mudah

Nah bagi anda yang sudah mencoba beberapa cara menjinakkan cucak jenggot, namun masih bingung bagaimana cara menjinakkan cucak jenggot dengan mudah. Berikut ini kami akan memberikan informasi menegnai cara menjinakkan cucak jenggot yang efektif.

3 Cara Menjinakan Cucak Jenggot dengan Mudah:

1. Mandikan Burung Cucak Jenggot dengan Cara Dipegang

Memandikan burung cucak jenggot dengan cara dipegang langsung merupakan alternatif cara menjinakkan burung yang biasanya dilakukan orang-orang zaman dahulu. Menurut para tetua dari hasil pengalamannya yang sudah lama berkecimpung di dunia perburungan, memandikan burung cucak jenggot dengan cara dipegang merupakan cara efektif yang keberhasilannya hampir 99%. Hanya saja kita harus memegang burung denga hati-hati dan memandikannya secara pelan-pelan, jangan sampai burung hilang kendali dan kita terlena hingga sang burung terkecik dan mati.

2. Memberikan Pasangan pada Burung Cucak Jenggot

Beberapa burung kicau akan menjadi mudah dijinakkan setelah sang burung diberi pasangan. Hal ini juga berlaku pada sang cucak jenggot karena ternyata sifat susah dijinakkan dan liar yang selalu dibawanya menjadi musnah ditaklukkan dengan hadirnya pasangan baik burung yang berjenis kelamin sama atupun yang berbeda jenis kelamin.

3. Menjinakkan Cucak Jenggot dengan Pendekatan Kata-kata

Setiap burung memiliki naluri untuk mendengarkan setiap perkataan manusia, termasuk sapaan dan juga panggilan. Oleh karena itu pendekatan yang kita lakukan dengan memberikan kaata-kata dapat menjadi alternatif jitu untuk menjinakkan sang burung jenggot yang susah dijinakkan. Beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan menyapa dengan ucapan salam atau hanya sekedar say hello saja. Setelah burung terbiasa dengan ucapan sapaan kita, kata-kata lembut bisa ditambahkan untuk menunjang proses penjinakan.

Demikian ulasan mengenai cara menjinakkan burung cucak jenggot yang giras. Pada dasarnya metode menjinakkan cucak jenggot diatas akan berhasil jika kita melakukannya secara bertahap dengan kesabaran ekstra. Karena para penggemar burung memang sudah membuktikkannya. Bahkan metode-metode diatas sering pula dilakukan oleh para pecinta burung yang ada di luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here