2 Cara Merawat Cucak Jenggot Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Kicauburung.id – Cara merawat Cucak Jenggot bakalan dan Cucak Jenggot macet bunyi agar rajin bunyi dan gacor. Cucak jenggot adalah salah satu burung isian atau masteran yang wajib kita punya. Mempunyai burung Cucak Jenggot yang gacor dan rajin berbunyi merupakan kepusaan tesendiri. Apalagi dapat membuat pemiliknya senang terutama saat mendengar besetannya yang tajam.Tak hanya itu, Cucak Jenggot merupakan jenis burung yang seringkali di lombakan, karena mulai banyak peminat. Hal tersebut juga berdapak pada harga Cucak Jenggot yang dari tahun ke takun mengalami peningkatan. Untuk memiliki Cucak Jenggot yang gacor, diperlukan cara perawatan yang benar.

Cara merawat cucak jenggot harian, Cara merawat cucak jenggot bakalan

Seperti diketahui, marawat Cucak Jenggot dengat baik, mampu mendongkrak performa suaranya dan mental. Bahkan dengan perawatan yang bagus dan telaten mampu memberikan hasil cukup positif dalam penampilan dan suara kicauannya. Hal tersebut juga sama dengan jenis burung lainnya seperti Cendet, Anis dan Kacer.

Banyak sekali cara perawatan Cucak Jenggot bakalan agar rajen berbunyi. Contohnya saja memandikan dan memberi pakan yang bergizi pada burung Cucak Jenggot kesayangan anda. Hal tersebut menjadi prioritas dalam menjaga kesehatan burung Cucak Jenggot.

Cucak jenggot bakalan, Merawat Cucak jenggot bakalan

Burung Cucak Jenggot memang sangat populer dengan suara kicauannya yang gacor sehingga banyak para pemelihara burung rela merogoh kocek untuk membelinya. Entah digunakan sebagai binatang piaraan semata, untuk masteran dan atau untuk diikutsertakan dalam lomba. Tentunya burung Cucak Jenggot yang ada dirumah anda sekarang ini termasuk burung yang gacor bukan? Jika belum bisa gacor maka anda tidak perlu khawatir, karena burung Cucak Jenggot akan mudah gacor jika kita merawatnya dengan benar.

Nah bagi yang belum bisa merawat Cacak Jegot agar gacor baik itu bakalan atau macet bunyi. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai cara merawat Cucak Jenggot agar rajin bunyi / gacor.

Cara Merawat Cucak Jenggot Harian Agar Gacor dan Rajin Berbunyi

1. Melakukan Terapi Memandikan Malam Cucak Jenggot Secara Rutin

Mungkin sobat kicau sudah pada tau nih manfaat memandikan burung Cucak Jenggot pada malam hari. Yap, memandikan burung, khususnya burung jenis cucak jenggot di malam hari dapat meningkatkan performa sang burung dan menjadikannya cepat gacor. Berikut tahap pemandian khusus Cucak Jenggot di malam hari:

  • Mandikan burung Cucak Jenggot antara pukul 19.00 sampai pukul 21.00 malam selama kurang lebih 30 menit.
  • Anda bisa memandikan burung Cucak Jenggot anda dengan cara disemprot / spray atau bisa juga dengan cara mandi keramba. Sesuaikan dengan kebiasaan mandi sang burung Cucak Jenggot.
  • Setelah dimandikan, selanjutnya angin-anginkan Cucak Jenggok di tempat yang hangat sampai kering.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Cucak Jenggot Macet Bunyi dan Penyebabnya

2. Memberi Ramuan Pakan Cucak jenggot Bernutrisi Tinggi

Memberikan makanan yang mengandung nutrisi tinggi bertujuan agar stamina sang burung Cucak Jenggot tetap terjaga dan selalu dalam keadaan yang fit. Jika sang burung Cucak Jenggot berada dalam keadaan yang fit maka kemauan untuk berkicau pun semakin besar. Dengan begitu anda bisa mendengar kicauannya yang gacor setiap saat. Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 1 butir telur bebek (ambil bagian putihnya saja).
  • 1 buah apel (haluskan dengan ditumbuk atau diblender).
  • 2 sdt kroto segar.

Cara membuat racikan pakan Cucak jenggot ini sangatlah mudah yaitu dengan mencampur semua bahan sampai merata boleh dengan cara diaduk atau diblender. Setelah itu berikan pakan kepada Cucak Jenggot sebanyak 1 sdt setelah dimandikan pada malam hari. Taruh sisanya di dalam kulkas untuk dimakan keesokan harinya. Lakukan secara rutin hingga burung Cucak Jenggot anda akan menjadi lebih rajin berbunyi atau gacor.

Dengan perawatan harian yang konsisten dan rutin, Cucak Jenggot macet bunyi maupun Cucak Jenggot bakalan akan mudah berbunyi.

Baca Juga: Racikan Khusus Pakan Cucak Jenggot Juara dan Gacor

Demikian ulasan mengenai cara merawat burung Cucak Jenggot agar rajin bunyi. Dengan cara perawatan yang baik dan benar maka anda akan memiliki burung jenggot kualitas super yang mampu berkicau gacor sesuai dengan harapan anda.