8 Cara Menjinakkan Gelatik Batu dengan Mudah dan Cepat

0
570

Tips dan cara menjinakkan Gelatik Batu atau Glatik Wingko dengan mudah dan cepat. Anda pecinta burung Gelatik? Anda mempunyai burung Gelatik di rumah? Rata-rata mereka yang menyukai burung Gelatik pasti memiliki burung tersebut dirumahnya. Namun tidak semua burung yang mereka pelihara dapat jinak dengan waktu sehari atau dua hari saja. Burung Gelatik Batu memang dikenal sebagai burung yang memiliki suara unik nan indah. Selain itu makanan burung Gelatik pun juga sangat mudah dicari. Bahkan Gelatik bisa kenyang hanya dengan memakan bulir-bulir padi saja.

Keistimewaan burung Gelatik Batu semakin lengkap dengan karakternya yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Meskipun membutuhkan waktu yang tidak cepat, namun jika kita melatih burung dan merawatnya dengan benar maka sang burung dapat dijinakkan dengan segera.

Cara Menjinakkan Gelatik Batu

Nah bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara menjinakkan burung Gelatik dengan benar, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai cara menjinakkan Gelatik Batu khusus dengan mudah.

  1. Seperti kebiasaan yang biasanya dilakukan para peternak burung pada umumnya, usahakan untuk menggentang burung gelatik batu di pagi hari.
  2. Setelah tahap penggentangan burung sudah selesai yaitu sekitar pukul 7 pagi, berilah pakan berupa ulat hongkong boleh 4-5 ulat hongkong.
  3. Kemudian mandikan burung gelatik batu anda dengan cara menyediakan mangkok kecil berisi air penuh atau dengan cara disemprot / spray.
  4. Jemur burung agar tubuhnya menjadi hangat dan jangan lupa memberi pakan baik pakan alami atau buatan pada siang dan sore hari.
  5. Ketika sudah senja dan menjelang malam, mulailah untuk melatih burung Gelatik Batu anda dengan cara memberinya ulat hongkong yang kita letakkan langsung di tangan kita. Sebelum anda memberikan ulat tersebut kepada sang burung, anda bisa memainkan ulat hongkong di tangan dan putar-putarkan ke beberapa arah hingga akhirnya gelatik mau mengikuti pergerakan tangan kita. Lakukan secara bertahap kurang lebih 3 hari atau sampai burung merasa tidak takut dengan tangan kita.
  6. Dimalam ke-empat jika burung Gelatik Batu sudah tidak takut lagi dengan tangan kita, selanjutnya kita bisa melatihya untuk menangkring diatas tangan kita selama kurang lebih 3 hari.
  7. Pada malam ke tujuh saat burung sudah tidak takut lagi menggunakan tangan kita sebagai tangkringan, kita bisa mencoba untuk mengajak sang burung keluar dari sangkar secara perlahan.
  8. Lihat perkembangannya dan usahakan untuk menjinakkan burung di ruangan khusus yang tenang dan kondusif. Matikan lampu disekitar ruangan agar burung dapat berkonsentrasi dengan serius.

Meskipun burung Gelatik Batu banyak diminati orang karena kemampuannya yang mudah beradaptasi. Namun sebagai pemelihara burung yang bijak kita wajib mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk membuat sang burung nyaman dan lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Gelatik Batu Agar Gacor dan Rajin Berbunyi

Pelajarilah 8 cara menjinakkan Gelatik Batu di atas. Jangan tergesa-gesa putus asa. Sabar adalah kunci sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here