6 Cara Merawat Gelatik Batu Harian Agar Gacor

Kicauburung.id – Cara merawat Gelatik Batu atau Gelatik Wingko harian agar cepat gacor dan rajin berbunyi. Burung Gelatik Batu atau Gelatik Wingko merupakan burung dengan body yang sangat mudah dikenali. Burung tersebut memiliki warna yang mencolok yaitu hitam, abu-abu dan juga putih. Meskipun Gelatik Batu memiliki postur tubuh yang cukup kecil namun burung kicau yang satu ini diyakini mampu berkicau dengan suara yang gacor, indah dan merdu. Bahkan burung yang satu ini sering dijadikan sebagai burung masteran bagi burung lain seperti burung Pleci, Kenari, Tledekan, Cucak Ijo dan Anis Merah.

Cara Merawat Gelatik Batu

Gelatik Batu mulai ramai dalam dunia kicaumania sejak tahun 2007. Di tahun tersebut banyak sekali kicaumania yang terpikat untuk membeli dan memeliharanya. Burung ini memiliki suara kicauan khas, yaitu suara wucit wucit wucit wucit. Nah di tahun 2017 ini harga Gelatik Batu sudah semakin naik, karena kelangkaannya.

Burung Gelatik juga memiliki kelebihan mudah beradaptasi dengan lingkungan mereka yang baru. Maka dari itu banyak kicaumania gemar dan suka memeliharanya dirumah baik dengan tujuan untuk diikutsertakan dalam lomba ataupun hanya sekedar mendengar suara kicauannya yang sangat indah. Nah bagi anda yang memelihara burung Gelatik di rumah namun belum bisa berkicau atau masih sangat jarang sekali berkicau, dalam artikel berkut ini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara merawat Gelatik Batu harian agar bisa gacor.

Proses dan Cara Merawat Gelatik Batu Harian Agar Cepat Berbunyi :

  1. Embunkan burung Gelatik di teras atau di bawah pohon rumah anda pada pagi hari sekitar pukul 6 sampai pukul 7 pagi.
  2. Selanjutnya mandikan burung gelatik anda baik dengan cara disemprot / spray atau bisa juga dengan cara menyediakan tempat air yang lumayan besar agar sang burung bermain air di dalam tempapt tersebut. Jangan lupa untuk rajin membersihkan sangkar setiap harinya, usahakan untuk mengganti extra foddingnya sekalian.
  3. Setelah burung Gelatik selesai dimandikan maka anda bisa menjemurnya mulai dari pukul 07.30 sampai sekitar pukul 10.00.
  4. Pada siang hari pindahkan burung gelatik kesayangan anda di tempat yang lebih teduh sembari diberi makanan berupa ½ sdm kroto dan juga 6 ekor ulat hijau.
  5. Di sore hari sekitar pukul 16.00, burung Gelatik dimandikan kembali dan selanjutnya dijemur sampai pukul 5 sore.
  6. Karena sudah sore dan menjelang malam, maka burung Gelatik anda bisa anda masukkan kembali di rumah sampai esok hari hingga akhirnya diembun dan seterusnya.

Dalam cara perawatan Gelatik Batu di atas, tentunya kita juga harus memebrikan makanan yang bernutrisi agar asupan gizinya terpenuhi. Beriku beberapa pakan racikan yang bagus untuk Gelatik batu.

  1. ½ kg tepung jangkrik1
  2. 1 bungkus Leopard atau bisa diganti dengan 2 bungkus voer SKM
  3. 2 bungkus susu bubuk
  4. 2 butir telur

Cara membuat pakan racikan tersebut adalah dengan mencampurkan semua bahan yang sudah dipersiapkan kemudian diaduk hingga merata. Jemur hingga kering dan pakan racikan siap dihidangkan.

Dengan pola perawatan Gelatik Batu secara teratur dan asupan gizi terpenuhi, maka burung anda akan gacor dan rajin berbunyi.

Baca Juga: 5 Jenis Gelatik, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Itulah ulasan mengenai cara merawat Gelatik Batu harian agar bisa gacor. Burung Gelatik Batu termasuk burung yang suka hidup berkelompok. Untuk itu anda juga bisa memeliharanya bersama Gelatik lain baik jantan ataupun betina dalam satu kandang yang luas.