Jenis Gelatik

5 Jenis Gelatik, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Kicauburung.id – Jenis – jenis Gelatik yang banyak diminati penghobi burung di Indonesia. Ada 5 jenis burung Gelatik yang tersebar di wilayah indonesia, yaitu Gelatik Putih, Gelatik Jawa, Gelatik Coklat dan Gelatik Silver dan Gelatik Batu atau Gelatik Wingko. Burung ini merupakan salah satu dari sekian banyak jenis burung berkicau yang masih cukup mudah kita jumpai.

Jenis Gelatik

Gelatik batu atau yang bernama latin Parus major merupakan spesies burung dari keluarga Paridae, dari genus Parus. Burung ini adalah jenis burung yang memakan serangga. Gelatik berhabital atau hidup di hutan pantai, hutan mangrove, hutan sekunder, tegalan, kebun, pertanian, taman, tersebar sampai ketinggian 2.000 m dpl.

Kita tahu bahwa ada 3 jenis Gelatik yang tersebar di Indonesia, mereka yaitu :

Jenis Gelatik Batu di Indonesia

  1. Parus cinereus cinereus : habitat di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.
  2. Parus cinereus sarawacencis : habitat di Pulau Kalimantan, terutama di wilayah baratlaut.
  3. Parus cinereus ambiguus : habitat di Sumatera dan Semenanjung Malaysia.

Meskipun dulunya burung ini hanya dianggap menggnggu para petani, namun sekarang ini Gelatik dinobatkan dalam kategori burung kontes karena ketangguhannya dalam bertarung dan juga suaranya yang mampu berkicau dengan gacor.

Selain masuk dalam kategori burung kontes, burung ini juga sering digunakan sebagai burung pemaster burung lain. Di tanah air sendiri terdapat berbagai varian jenis gelatik dengan ciri-ciri yang berbeda-beda. Nah bagi anda yang belum mengetahui varian Gelatik, berikut ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai jenis-jenis Gelatik yang ada di tanah air.

Jenis Jenis Gelatik di Indonesia :

1. Gelatik Batu / Gelatik Wingko

Gelatik Batu, Gelatik Wingko

Jenis burung gelatik batu memiliki nama latin parus major. Burung ini memiliki panjang rata-rata sekitar 13 cm dengan warna putih, abu-abu dan juga hitam. Burung gelatik batu jantan memiliki kepala dengan warna hitam pekat sedangkan gelatik batu betina memiliki bagian kepala berwarna abu-abu. bagian burung gelatik didominasi dengan warna hitam dan sedikit warna putih yang terkesan seperti bentuk coretan saja. Burung gelatik batu memiliki sifat sangat aktif bergerak dan suka turun naik pohon dengan lincah.

Kita tahu jenis Gelatik batu ini mempunyai suara yang gacor dan bervariasi. Dari situlah banyak peternak burung yang gemar memelihara dan berternak jenis burung Gelatik satu ini. Selain itu burung gelatik batu juga bisa bertelur sebanyak 4-5 butir pada bulan april hingga juni untuk berkembangbiak.

2. Gelatik Jawa

Gelatik Jawa, Gelatik Belong

Jenis Gelatik jawa mempunyai sebutan nama latin yaitu oryzivora. Gelatik jenis ini mempunyai postur tubuh mungil dengan ukuran panjang sekitar 15 cm. Ciri-ciri burung Gelatik jawa ini diantaranya memiliki perut yang berwarna coklat kemerahan. Memiliki lingkaran merah disekitar daerah mata. Berbulu coklat namun jika sudah dewasa akan berubah menjadi keabu-abuan, dan warna kaki yang kemerah mudaan. Burung gelatik mungil ini merupakan burung pemakan buah-buahan, biji dan juga serangga serta suka hidup secara berkelompok dengan burung-burung yang lain.

3. Gelatik Silver

Gelatik Silver

Gelatik silver menjadi salah satu jenis burung gelatik yang memiliki ciri-ciri paruh yang berwarna merah cerah namun pada bagian tepinya berwarna putih kekuningan. Pada bagian bulu sebelah samping body berwarna putih, sedangkan dagu, dada, punggung sampai ke ekor memiliki warna abu-abu muda. Panjang jenis gelatik ini biasanya mencapai 15 cm.

4. Gelatik Putih

Gelatik Putih, Jenis Gelatik

Berbeda dengan Gelatik Jawa yang mempunyai warna tubuh abu-abu serta berwarna hitam pada kepalanya. Gelatik Putih tidak mempunyainya, bahkan pada bagian tompel pipi putih yang biasanya dimiliki pada burung Gelatik Jawa, pada jenis Gelatik ini tidak terlihat karena bercampur dengan warna bulunya yang putih.

Ciri fisik yang terdapat di Gelatik Putih ini yaitu warian suara lebih banyak, warna pangkal paruh lebih merah dan empunyai mata tajam dan cerah. Jenis Gelatik ini harganya pun cukup mahal.

5. Gelatik Coklat / Gelatik Holland

Gelatik Coklat

Ciri khas yang terdapat dalam warna pada Gelatik Cokelat (cream java) ini adalah memiliki dominasi warna krem atau warna putih kekuning-kuningan. Di Indonesia banyak orang yang menyebutkan Gelatik Holland. Untuk ciri fisik gelatik Coklat ini hampir sama dengan Gelatik Silver dan Gelatik Belon, namun yang membedakan cuma soal warnanya saja.

Baca Juga: 11 Cara Membedakan Burung Gelatik Batu Jantan Dan Betina

Itulah beberapa jenis burung Gelatik yang tersebar di seluruh tanah air. Jenis-jenis Gelatik memang beranekaragam dengan segala kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika anda memang berencana untuk memelihara dan melestarikan burung gelatik maka anda bisa memilih satu diantaranya dan merawatnya dengan benar baik untuk diikutkan dalam lomba maupun hanya sekedar dijadikan hewan piaraan.

Loading...
harga gelatik batu, harga gelatik batu terbaru

Harga Burung Gelatik Batu Terbaru Agustus – September 2017

Pakan Gelatik, Pakan Gelatik Batu, Pakan Gelatik Wingko, Pakan Gelatik Jawa, Pakan Gelatik Belong

5 Racikan Khusus Pakan Gelatik Agar Rajin Berbunyi dan Gacor