5 Racikan Khusus Pakan Gelatik Agar Rajin Berbunyi dan Gacor

0
329

Kicauburung.id – Racikan khusus pakan Gelatik agar gacor dan rajin berbunyi. Baik itu pakan Gelatik Jawa, Gelatik Batu atau Gelatik Wingko. Di alam liar biasanya Gelatik sering memakan beberapa serangga kecil. Nah, bagi anda yang ingin membuat burung anda gacor, maka anda bisa memberinya pakan seperti makanannya di alam liar.

Gelatik Batu, Pakan Burung Gelatik Batu

Burung Gelatik sekarang ini memang menjadi primadona bagi para penggemar burung kicauan. Betapa tidak, kemampuannya yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga variasi suara yang dihasilkannya memang menjadi daya tarik tersendiri khususnya dimata para pecinta burung. Keistimewaan lain dari burung yang mempunyai nada bunyi “wucit wucit wucit wucit” adalah mudah untuk dimaster. Bahkan burung ini bisa dimanfaatkan sebagai burung pemaster burung lain karena karakter suaranya yang nyaring dan lantang. Harga Gelatik pun tiap tahun juga terus merangkak naik.

Untuk tahap perawatan Gelatik ini juga bisa dikatakan relatif mudah jika dibanding dengan burung-burung yang lain. Yang menjadi rahasia perawatan khusus bagi para pemaster adalah pakan yang biasanya diberikan. Nah bagi anda yang penasaran makanan apa yang bagus sebagai nutrisi yang tepat pada burung, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai pakan Gelatik agar burung menjadi gacor dan tetap sehat.

Pada dasarnya ada dua jenis pakan Gelatik yang dapat anda berikan kepada burung kesayangan anda. Dua jenis pakan burung Gelatik tersebut yaitu pakan alami dan pakan buatan.

Pakan Gelatik Alami :

  1. Jangkrik
  2. Ulat
  3. Belalang
  4. Kroto
  5. Serangga sejenisnya

Pakan Gelatik Buatan :

  1. Voer
  2. Racikan sendiri

Makanan Gelatik alami yang biasa diberikan sangat mudah dicari dan didapatkan. Sekarang ini pakan Gelatik alami sudah banyak tersedia di toko atau pasar unggas sekitar anda. Beberapa pakan alami untuk gelatik anda misalnya jangkrik, ulat hongkong dan juga kroto. Jangkrik diyakini sangat bermanfaat bagi Gelatik karena jangkrik mengandung banyak protein, asam lemak dan juga hormon. Kanduan tersebut mampu meningkatkan kesehatan dan power burung terutama saat sedang berkicau.

Selain itu anda juga dapat memberikan ulat sebagai EF atau pakan tambahan dengan takaran secukupnya dan jangan berlebihan. Ulat yang biasanya diberikan oleh para peternak burung biasanya berupa ulat hongkong yang lagi-lagi dapat anda dapatkan dengan mudah di pasar unggas terdekat.

Selain pakan alami, ada juga pakan Gelatik buatan yang baik untuk kesehatan sang burung. Pakan buatan tersebut pada dasarnya terbuat dari bahan voer. Cara membuatnya pun cukup mudah dan sederhana seperti langkah-langkah dibawah ini:

Pakan Gelatik, Pakan Gelatik Batu, Pakan Gelatik Wingko, Pakan Gelatik Jawa, Pakan Gelatik Belong

  1. Langkah awal anda harus mempersiapkan bahan-bahannya untuk membuat racikan pakan gelatik terlebih dahulu. Bahan tersebut yang meliputi: 2 bgkus voer SKM / 1 bungkus leopard kasar, 2 bungkus susu bubuk (dancow kemasan mini), 2 butir telur bebek dan juga ¼ tepung jangkrik.
  2. Jika bahan sudah siap semua, maka anda dapt campurkannya hingga merata.
  3. Setelah bahan sudah tercampur maka anda dapat mengkeringkannya agar tidak berbau.
  4. Finish, pakan buatan siap dihidangkan untuk memenuhi nutrisi burung Gelatik.

Baca Juga: 5 Jenis Gelatik, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Itulah ulasan mengenai pakan Gelatik yang bisa anda berikan untuk memenuhi asupan gizi sang burung. Sama seperti burung-burung pada umumnya, burung kicauan yang istimewa ini juga memerlukan asupan gizi yang cukup agar badannya senantiasa sehat dan mampu berkicau dengan gacor. Sedikit tips lagi bagi anda, anda bisa membuat jadwal makan harian pada burung anda agar pemberian pakan bisa teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here