5 Jenis Kacer, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

0
1182

Macam, jenis dan warna burung Kacer yang berhabitat di Indonesia. Banyak sekali nama lain dari burung kacer, muai dari Magpie Robin, Copsychus saularis dan Kucica kampong. Namun di Indonesia sangat popular dengan nama “KACER“. Kacer merupakan jenis burung penyanyi yang jumlah peminatnya cukup banyak di Indonesia. Pasar serta harga burung Kacer sendiri memang berkembang sangat pesat sesuai dengan diagram dari perkembangan peminat nya.Tidak mengheran kan jika kicau mania menjumpai banyaknya perlombaan untuk kategori Kacer. Akan tetapi jenis kacer yang sering diikutkan perlombaan yaitu Kacer Poci.

Jenis Kacer, Macam Kacer, Warna Kacer Kacer Blorok, Kacer Jawa, Kacer Kalimantan, Kacer Borneo, Kacer Lokal, Kacer Poci, Kacer Sumatera, Kacer Madagaskar, Kacer Hitam, jenis kacer terbaik, kacer tasik, kacer tretes

Alasan utama kenapa burung hitam ini disukai adalah suara yang merdu, dan tingkah laku yang unik. Nama keren nya untuk mayarakat jawa adalah “mbagong“. Mbagong menurut Kacermania adalah kondisi seekor burung Kacer dalam keadaan birahi. Arti kata Mbagong yaitu dimana gaya Kacer sedang birahi menyerupai bentuk Kuda Laut. Posisi badan tegak lurus sambil kepala ditekukkan kedepan disertai bunyi cer..cer..

Macam, Warna dan Jenis Kacer di Dunia :

1. Kacer Poci / Kacer Sumatera (Copsychus saularis)

Kacer Poci, Kacer Sumatera, Copsychus saularis

Anda bisa melihatnya, kombinasi warna bulu hitam dan putih yang dimiliki tubuh burung Kacer Poci. Dadanya, punggung dan bola matanya biasanya berwarna putih. Sementara pada bagian kedua sayap jenis burung kacer ini mempunyai kombinasi warna putih dan hitam. Karena dada yang dimilikinya berwarna putih, maka sebagian orang memanggilnya dengan nama kacer putih atau dada putih. Kacer Poci sangat sering di perlombakan karena variasi lagu yang banyak.

Jenis Kacer Poci atau Kacer Sumatera dikenal sebagai burung kicauan yang pandai menirukan burung lain. Speed rapat, gaya tarung mewah “Ngobra” serta volume keras. Saat ini, habitat burung Kacer Poci sudah meluas hingga ke negara Thailand, Nepal, Filipina, Malaysia dan Tiongkok.

2. Kacer Lokal / Kacer Jawa / Kacer Hitam (Copsychus sechellarum)

Kacer Lokal, Kacer Jawa, Kacer Hitam, Copsychus sechellarum

Kacer jawa atau Kacer Lokal juga mempunyai daya tarik pada bagian warna hitam yang dimilikinya. Salah satu jenis kacer yang memiliki perawakan yang mudah kita kenali. Tidak sulit untuk mengetahui kacer hitam ini, karena bulunya memiliki warna hitam pekat. Hanya sayap nya saja yang berwarna sedikit putih. Burung Kacer Jawa memiliki keunggulan serta memiliki kemampuan untuk meniru ritme burung yang kebanyakan burung sulit untuk melakukannya. Aken tetapi ada beberapa burung Kacer Lokal yang mempunyai aroma kurang sedap.

Dari namanya saja sudah mudah diketahui bahwa burung Kacer Jawa berasal dari Pulau Jawa.  Namun, banyak kicau mania yang berpendapat bahwa jenis kacer ini juga berdomisili di Bali. Mungkin karena Jawa Timur dan Bali saling berdekatan, sehingga burung Kacer sering berpindah tempat ke Bali.

3. Kacer Madagaskar (Copsychus albospecularis)

Kacer Madagaskar, Kacer Afrika, Copsychus albospecularis

Sesuai namanya, burung ini berasal dari benua hitam. Burung Kacer Madagaskar ini memiliki perbedaan yang tidak terlalu mencolok. Tetapi akan mengetahui warna kebiru-biruan bagian bulu atas  jika anda melihat dengan seksama. Apalagi jika sinar matahari menyinari tubuhnya akan terlihat lebih jelas. Burung Kacer Madagaskar memiliki ciri fisik yaitu lebih bulat serta dikenal memiliki dengan ekpresi mbagong yang khas dan suara kristal. Selain itu, jenis burung Kacer ini bukan berasal dari Negara Indonesia, melainkan dari Negara Afrika.

4. Kacer Kalimantan / Kacer Borneo

Kacer Kalimantan, Kacer Borneo

Kacer Kalimantan atau Borneo memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan Kacer jenis lainnya. Perbedaan Kacer ini dibanding dengan jenis Kacer lain yaitu mentalnya yang bagus serta ukuran tubuh yang besar.

Burung Kacer Kalimantan pada dasarnya burung ini tidak hanya ada di pulau kalimantan saja, jenis kacer ini bisa anda temukan di berbagai wilayah ditanah air.

5. Kacer Blorok

Kacer Blorok

Kita masuk ke kacer paling unik yang harus anda ketahui. Kacer blorok namanya. Kacer blorok adalah burung hasil perkawinan silang antara Kacer Jawa dengan Kacer Poci. Anda bisa melihat warna putih yang terlihat di bulunya, unik bukan. Burung Kacer Blorok merupakan burung peniru kicauan burung lain yang handal. Jenis Kacer satu ini sudah banyak terjual di pasaran. Baik di Indonesia maupun wilayah Asia tenggatra lainnya.

Baca Juga: 14 Cara Merawat Kacer Harian Agar Gacor dan Buka Paruh

Bagaimana kicau mania ulasan tentang macam dan jenis Kacer yang ada di belahan Dunia. Untuk anda yang ingin memelihara burung yang satu ini, anda dapat membelinya di pasaran. Jika ingin membeli jenis kacer tertentu, maka ingatlah ciri-ciri kacer yang anda inginkan. Anda juga dapat melihat tips dan cara memelihara burung kacer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here