14 Cara Merawat Kacer Harian Agar Gacor dan Buka Paruh

0
153

Kicauburung.id – Kicau Mania atau Kacer Mania sangat penting tahu bagaimana cara merawat Kacer harian agar gacor dan mau kerja di buka paruh. Di tahun 2017, Kacer sangat digemari para penghobi burung di Indonesia bahkan banyak perlombaan bergengsi di tahun ini. Kicauan yang lantang serta variasi lagu lah yang mampu memikat para kicau mania.

Merawat Kacer Harian, Perawatan Kacer, Perawatan Kacer Lomba, cara merawat kacer bakalan

Dalam merawat Kacer di perlukan ketelatenan dan kesabaran. Maka dari itu carilah setelan yang pas supaya Kacer anda dapat kerja di lapangan. Akan tetapi jika ingin memperoleh hasil kerja burung Kacer di lomba bukanlah hal yang instan. Sebab selain pakan dan ekstra fooding yang diberikan, perawatan kacer harian sangat penting dalam menentukan potensi Kacer untuk kedepannya.

Perawatan kacer agar gacor, sebenarna tidaklah sulit. Kenapa bisa dibilang begitu? karena untuk mendapatkan setelan burung bernama latin Copsychus ini tidak jauh berbeda dengan rawatan hariannya.

Hanya saja khusus untuk jenis Kacer yang hasil dari tangkapan hutan, perlu perawatan khusus. Sifat Kacer tangkapan hutan yaitu liar dan giras perlu dijinakkan terlebih dahulu. Setelah jinak baru kita cari setelan yang pas kacer untuk harian dan perlombaan.

Dibawah ini adalah cara mudah merawat kacer harian untuk anda pemula yang belum begitu paham tentang burung kacer.

Tips dan Cara Merawat Kacer Harian :

  1. Perlu ketahui sebelum memelihara burung Kacer, kita harus tahu jenis kelamin burung Kacer.  Biasannya burung kacer jantan adalah burung dengan pengicau lebih aktif dari pada burung betina.
  2. Embun dan mandikan burung kacer setiap pagi supaya sehat dan bisa menjadikan gacor serta rajin berbunyi. Waktu pengembunan yang baik yaitu jam 5 – 6 pagi. Serta waktu yang tepat memandikan sebelum jam 7, atau tergantung musim yang sedang terjadi.
  3. Jagalah kebersihan sangkar burung Kacer. Mulai dari memersihkan kotoran, mengganti pakan, mengganti air minum dan lain lain yang menurut anda perlu untuk dibersihkan.
  4. Lakukan penjemuran pagi setiap hari secara rutin. Biasanya kurang lebih satu jam perhari sesuai kondisi cuaca. Jika mendung proses penjemuran bisa ditambah waktunya dan maksimal sampai jam 10 pagi.
  5. Sediakan voer yang mengandung gizi cukup untuk keperluan gizi burung Kacer anda.
  6. Berilah makanan EF seperti jangkrik setiap pagi hari kira-kira 2-3 ekor jangkrik. Atau bisa lebih tergantung karakter burung kacer anda.
  7. Kerodong burung, supaya rajin berbunyi.
  8. Lakukan pemasteran dengan media burung asli atau kicauan burung dalam bentuk MP3 yang sudah banyak kita temukan di Internet.
  9. Untuk sore hari buka kerodong sekitar jam 3, biarkan lah burung Kacer anda berkicau.
  10. Setelah jam 4, mandikan burung. Jika sudah agak kering angin-anginkan.
  11. Berilah makanan EF seperti jangkrik setiap sore hari kira-kira 2-3 ekor jangkrik. Atau bisa lebih tergantung karakter burung kacer anda.
  12. Lakukan pemasteran kembali.
  13. Jangan ada faktor pengganggu yang akan menggangu ketenangan burung kacer anda.
  14. Perlu anda ketahui burung kacer sensitive dengan suara dan hewan. Misalkan saja, kecoa, tikus, dan lain-lain.

Untuk membuat burung anda gacor dan buka paruh, lakukan cara merawat kacer harian secara rutin. Bagaimana sedikit ulasan diatas tentang cara merawat kacer? Untuk anda yang baru pemula, maka harus telaten jangan terburu-buru. Pelajari setiap kepribadian burung yang anda pelihara. Rawatlah burung kacer anda seperti anda merawat diri anda sendiri. Semoga ulasan perawatan kacer harian tadi dapat berguna untuk anda yang memerlukan bantuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here