10 Cara Perawatan Kenari Agar Gacor Untuk Pemula

0
1402

Kicauburung.id – Cara perawatan Kenari agar gacor dan ngerol untuk pemula. Sebenarnya banyak sekali tips dan cara perawatan kenari dari bakalan hingga bisa menjadi juara. Mulai dari cara perawatan kandang kenari, pemberian pakan, hingga menyingirkan beberapa potensi gangguan. Jika anda belum mempunyai kenari, dan ingin membeli burung kenari. Anda harus tahu bagaimana cara memilih bakalan kenari yang bagus.

cara perawatan kenari

Nah apa saja sih tips dan cara perawatan kenari yang tepat, agar kenari anda bisa terjun ke ajang perlombaan juga menjadi juara?

Cara Perawatan Kenari Untuk Pemula Agar Menjadi Juara :

1. Hindari Embusan Angin Kencang Secara Langsung

Untuk menggantung sangkar kenari, di dalam ruangan maupun di luar ruangan, usahakan lokasinya tidak akan terkena embusan angin secara langsung. Contohnya di dekat atau depan jendela, lubang udara, kipas angina dan pendingin ruangan.

2. Hindari Sinar Matahari Secara Langsung

Terkena sinar matahari langsung, terlebih cuaca terik, bisa berakibat sangat fatal, bahkan dapat menyebabkan kematian serangan heat stroke. Sebaliknya, pola penjemuran dalam waktu yang tepat dapat memberikan banyak manfaat untuk burung kenari Anda.

3. Ketersediaan Air Bersih

Inilah yang harus menjadi perhatian Anda bahkan untuk setiap waktu, Kenari memiliki metabolisme yang cukup tinggi serta tidak bisa hidup tanpa air selama lebih 24 jam. Berikan air bersih dan pastinya segar setiap harinya, rekomendasi jangan berikan air langsung dari keran atau ledeng yang mengandung banyak kaporit. Beberapa penggemar burung kenari kini akan senang memberikan air kemasan bermerek isi ulang, agar kenari selalu terlihat lebih segar serta sehat.

4. Ketersedian Pakan Kenari Bijian

Pakan utama kenari adalah biji-bijian, sesuai dengan bentuk paruh kenari. Karena itulah pakan bijian haruslah selalu disediakan dengan jumlah cukup dalam setiap harinya. Pakan bijian yang cukup bagus untuk kenari misalnya canary seed, millet atau niger seed, dan lebih baik kalau merupakan kombinasi atau campuran dari ketiganya.

5. Pemberian Pakan Tambahan / Ekstra Fooding Kenari

Untuk menambah keragaman pakan, sekaligus menjaga keseimbangan nutrisi si burung, sesekali burung kenari sangat perlu mendapat pakan tambahan. Misalnya egg food yang sangat kaya akan protein serta sangat dibutuhkan bagi kenari dalam masa pertumbuhan serta reproduksi.

6. Pemberian Mulivitamin dan Suplemen pada Kenari

Masalah vitamin berbeda oleh energi metabolisme, protein, lemak, serat kasar, yang dapat diprediksi oleh formula ransum yang diberikan berdasarkan jenis pakan yang akan diberikan, seperti canary seed, millet, niger seed, selada, wortel sampai apel.

Vitamin tak seperti itu, sehingga peternak dan penangkar burung, ayam serta itik, umumnya memperoleh kepastian kecukupan masalah vitamin melalui pemberian multivitamin dan suplemen khusus yang mengandung multivitamin. Untuk pada ayam atau itik dikenal produk-produk seperti premix, maka untuk kecukupan vitamin pada burung bisa diperoleh melaluinya, misalnya, BirdVit.

7. Pemberian Mineral dalam Jumlah Cukup

Sama seperti vitamin, mineral terdiri atas puluhan jenis, mulai dari zat besi seng, kalsium, kalium, fosfor, magnesium dan sebagainya. Ketika kekurangan satu jenis saja, maka burung mengalami defisiensi mineral dengan jenisnya.

8. Jaga Kebersihan Kandang Kenari

Bersihkan tenggeran burung seminggu sekali, karena tenggeran adalah tempat berpijak kaki burung, yang bersinggungan dengan kotoran dan sisa pakan. Di sisi lain, burung kerap mengusapkan paruhnya ke tenggeran.

9. Waspada Kehadiran Kutu atau Tungau

Untuk mencegah dan mengobati parasit dari luar, Anda bisa menggunakan produk seperti FreshAves. Khusus pengobatan cacing yang menyerang kenari. Adapun juga untuk mengusir tungau udara, yang masuk ke saluran pernafasan burungdan menyebabkan burung macet bunyi.

10. Menggunting Kuku yang Panjang

Apabila kenari sudah berusia satu tahun, kuku-kukunya tumbuh cukup panjang. Bagi Anda yang kelak menjadi penangkar, maka sebelum dijodohkan, kuku-kuku kenari jantan yang sudah panjang dipotong terlebih dulu. Tidak, maka kuku panjang akan menyakiti sang betina saat keduanya kawin.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Kenari Over Birahi dengan Cepat dan Mudah

Nah itulah 10 cara perawatan kenari agar selalu bersih dan sehat. Sebenarnya itulah kunci dasar kenari anda bisa menjadi juara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here