21 Jenis Kenari, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

0
11344

Kicauburung.id – Banyak sekali jenis Kenari di Dunia, mulai dari Kenari Yorkshire, Kenari Gloster, Kenari Norwich, Kenari Border dan Kenari Roller. Burung Kenari menjadi burung mendominasi dalam meramaikan pangsa pasar burung di Tanah Air. Mengenai kemampuannya, burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan dianugerahi tubuh indah. Maka tak perlu heran jika burung kenar selalu dicintai di hati masyarakat Indonesia.

Jenis Kenari, Macam Kenari, canary series, Species canary, Gambar Kenari, Kenari Import, Kenari Lokal

Hampir semua manusia pasti mengetahui burung Kenari, terutama kaum pria. Mereka kebanyakan memeliharanya hanya sebatas hobi, dan ada pula yang menggunakannya untuk sumber penghasilan. Sebab dengan mengembangbiakkannya, kita menjadi mempunyai peluang bagus ke depannya. Alasan mayoritas orang menyukainya itu, karena suaranya merdu sekali, memiliki bulu dan warnanya mempesona. Selain itu memaster Kenari juga mudah.

Hal inilah yang membuatnya menjadi mempunyai nilai jual yang tinggi dan dibanggakan oleh pencinta burung atau kicau mania. Jenis Kenari itu ada banyak, untuk yang import harga pasarannya bisa laku mahal sampai 10 jutaan, sedangkan yang lokal minimal harga biasanya berkisar 200 ribu rupiah. Walaupun memelihara dan merawat Kenari itu gampang gampang susah.

Konon pelaut Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout, telah menemukannya pada sekitar abad ke 15, tepatnya di kawasan kepulauan Canary bagian timur laut Afrika. Semakin berjalannya waktu, burung Kenari menjadi tersebar dan terkenal di kawasan Amerika, Australia, Afrika, dan Asia.Sebenarnya namanya Kenari itu diambil dari nama habitat aslinya, tidak ada hubungannya dengan buah Kenari sama sekali.

Burung Kenari atau Sanarinus Canaria termasuk dalam jenis burung hias yang tergolong dalam anggota dari kelompok gelatik, kicauannya sangat menarik sekali untuk didengar. Apakah kamu sudah pernah mendengarnya secara langsung? Pasti menurut kamu sangat bagus sekali bukan, kalau ibarat manusia itu sedang menyanyi di atas panggung audisi yang spektakuler.

Dahulu burung ini hidupnya ada di hutan yang terbuka, makanannya berupa biji-bijian, serangga kecil, buah, serat kayu, dan daun. Namun di era modern sekarang ini, keberadaanya sangat dilindungi dengan baik . Kabarnya jenis Kenari itu berasal dari perkawinan silang yang bermula sejak lima abad yang lalu. Sehingga menghasilkan bakalan baru dari induknya, dan memiliki karakteristik masing-masing.

Dengan seperti itu, maka tak heran jika banyak yang mengemarinya dan konon pernah mendominasi pasar burung nasional. Sebab setiap burung Kenari mempunyai keunggulan tersendiri. Baik dilihat dari kicauan, postur tubuhnya, maupun kecantikannya berasal dari warna bulunya yang beragam, ada kuning, merah bahkan hijau.

Meskipun harus membeli dengan harga mahal, tetapi para pembeli tidak merasa keberatan. Karena memiliki burung Kenari merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Hal yang perlu kamu ketahui, yaitu negara pengekspor Kenari ke area Indonesia adalah Belanda. Mereka awalnya mendatangkan Kenari dari Inggris, Belgia, Jerman. Lalu semuanya dikawinkan dengan Kenari liar, sehingga kini menghasilkan jenis Kenari seperti di bawah ini. Maka dari itu, mari simak penjelasan lengkap tentang jenis Kenari di dunia yang disertai gambar berikut ini.

Macam Jenis Kenari di Dunia Beserta Gambar dan Pejelasannya :

1. Kenari Yorkshire

Jenis Kenari Yorkshire, Kenari Yorkshire, Gambar Kenari Yorkshire, Yorkshire

Kenari Yorkshire merupakan suatu burung import yang berasal dari negara Inggris, Eropa, Jerman dan lainnya. Jenis burung ini tergolong dalam Kenari postur, bentuk tubuh secara keseluruhannya terlihat sangat mempesona, selalu berdiri tegak, kakinya panjang , cantik, dan panjang tubuhnya berkisar 16 cm.

Warnanya kuning emas, terkesan sangat elegant sekali sehingga para pecinta burung jatuh hati padanya. Kabarnya Yorkshire ada berkat terjadinya sebuah persilangan, antara Kenari Belgia dengan Lancashire. Dengan terjadi seperti itu, maka lahirlah burung sedemikian rupa yang mirip bagaikan wortel. Sebab bentuk dadanya saja juga tampak seperti buah tersebut kalau dibalik. Biasanya apabila ikut kontes, burung ini dinilai dari segi keindahannya.

Namun kalau dilihat dari kicauanya, jangan disepelekan ya? Sebab suaranya juga tak kalah merdu dengan kenari lainnya, tergantung cara pemilik dalam memelihara dan melatihnya. Pada umumnya kaum pria pasti melirik kebolehannya, dan ingin segera memilikinya.

Para pengusaha burung, telah mematok harga burung Kenari dengan harga yang cukup mahal, kalau dibandingkan dengan Kenari lainnya. Kabarnya jenis Kenari Yorkshire yang jantan itu harga pasarannya bisa sampai 4,5 juta hingga 10 juta, sedangkan kalau betina harganya sekitar 4,5 juta sampai 6,5 juta.

Banyaknya uang yang dikeluarkan kalau kamu mau beli burung ini, maka sebaiknya telitilah ketika akan bertransaksi. Pilihlah yang tidak berpenyakitan, dan tak cacat. Memelihara serta memilihnya bukanlah suatu hal yang gampang. Perlu ketelatenan yang lebih, agar perkembangan mentalnya bagus.

Rajinlah membersihkan sangkarnya, agar tidak terlalu kotor. Memang kalau dilakukan terasa agak menguji kesabaran, tetapi itu sangatlah perlu untuk diaplikasikan dalam keseharian. Perlu diketahui bahwa, dalam memakai sangkar sebaiknya gunakanlah bahan yang kuat dan lebih besar agar tidak mudah rusak. Sebab burung Kenari ini gerakannya cukup lincah.Biasanya burung ini umpannya berupa biji-bijian, tulang sotong, roti kering, maupun canary seed sepeti buah, dan sayur.

Bukan hanya manusia saja yang butuh nutrisi dan vitamin, Yorkshire juga sangat memnutuhkannya agar tubuhnya senantiasa sehat dan kebal. Selain itu, perhatikan juga perhatikan cara pemandian, penjemuran dan pemasterannya. Supaya burung piaraan kamu tak kalah saing jika ikut kontes burung.

2. Kenari Border

Jenis Kenari Border, Macam Kenari Border, Gambar Kenari Border

Salah satu burung Kenari yang terkenal di Indonesia adalah Kenari Border. Jenis Kenari ini konon berevolusi pada sekitar abad ke 17 sampai 18, dari cumberland fancy tepatnya di perbatasan Border antara Inggris dan Skotlandia. Nama burung ini dahulu telah diresmikan pada 5 Juni 1890, dan nama saitifiknya adalah  Serinus canaria domesticus.

Bentuk tubuhnya terbilang unik, yaitu bulat dan ukuranya cenderung kecil sekitar 14 cm. Jika dilihat bulunya tampak cantik, biasanya berwarna kuning kecoklatan. Itu semua menjadikannya menjadi dipilih untuk ikon kartun Tweety yang pernah ditayangkan di televisi.

Saat diadakannya kontes, pada umumnya yang lebih dikualifikasikan adalah jenis Kenari Border yang berwarna merah dan memiliki suara yang merdu. Cara melatih supaya suaranya bagus, yaitu melalui dimaster. Jika tekun melatihnya maka suaranya yang berombak itu akan membuatnya semakin memikat para pecinta burung.

Adapun karakteristik khas dari Kenari Border, adalah pendiam, lumayan susah dikembangkan, dan pemalu. Agar tidak stress alangkah baiknya jangan didekatkan dengan Parkit maupun Lovebird. Dalam perawatannya lebih baik burung ini diletakan ditempat yang lumayan luas,  khusus dan tinggi, agar kualitas suaranya semakin bagus. Jangan lupa mandikan sehari sekali, dan rajinlah membersihkan sangkar supaya bulunya tidak kotor. Serta berikanlah makanan bernutrisi seperti sayuran, dan biji-bijian, tujuannya agar tubuhnya selalu terjaga kesetahannya.

Harga pasaran dari jenis Kenari ini tergolong sedang, kalau Kenari Border yang anakan cuma 900 ribu, dan yang dewasa hanya 1,6 juta.Namun harga bisa sewaktu-waktu berubah tergantung strok dan pasarannya. Jika kamu ingin membelinya, tenang saja karena banyak yang menjualnya baik di toko hewan, internet, peternak, maupun sebuah klub. Agar hewan ini dapat berkembangbiak, untuk itu kamu harus mengawinkannya.

Jangan khawatir dalam melaksanakannya, sebab caranya cukup mudah sekali. Namun harus memperhatikan pencahayaannya, pakan, dan pastikan kalau konsdisi lingkungannya tenang. Supaya per hari bisa menghasilkan 4 sampai 6 telur.

3. Kenari Norwich

Jenis Kenari Norwich, Macam Kenari Norwich, Gambar Kenari Norwich

Konon saat ada pembantaian dari bangsa Spanyol, penenun bangsa Flam lari ke Inggris tepatnya di wilayah Norwich. Mereka adalah pemelihara pertama jenis Kenari Norwich. Disanalah burung ini telah dilestarikan,  dan diberi sebutan nama John Bull. Kabarnya Kenari ini tergolong dalam spesies postur, sebab dia tidak menonjolkan suara dan warnanya, tetapi cenderung lebih mengedepankan fisiknya. Burung ini sejak tahun 1800 terkenal sebagai jagoan dari kota Norwich, bahkan sampai dijadikan logo klub sepak bola Norwich City FC.

Kenari Norwich memiliki nama latin, yaitu Serinus canaria domesticus. Sudah tak asing lagi kalau ada 2 jenis Kenari Norwich, yaitu ada yang berkepala polos atau versi standar, dan ada juga versi berjambul. Adapun ciri-ciri dari burung ini, antaralain bentuknya serba kebulatan, memiliki punggung yang lebar dan pendek, bulunya tebal, dadanya bidang. Selain itu ekor, sayap, serta paruhnya pendek, dan  warnanya ada yang hijau, kuning serta putih, akan tetapi yang paling banyak dijumpai adalah yang berwarna hijau.Panjang tubuhnya dari paruh sampai ujung ekor bisa mencapai 16 cm.

Pakan Kenari Norwich yang paling disukai, yaitu repe seed serta canary seed. Sebaiknya jangan lupa diberilah vitamin, sayuran, dan sotong secara rutin, demi kehesatannya. Buatkanlah kandang yang ada tangkringannya, namun letaknya agak tinggi agar burung ini bisa melihat ke bawah ketika bernyanyi.

Selain itu mandikanlah dengan teratur, dan kalau kukunya sudah panjang potonglah. Serta yang tak kalah pentingnya, sangkarnya harus sering dibersihkan. Hindarilah kandang yang basah, serta dingin, agar fisiknya tidak drop, dan pastikanlah burung ini aman dari gangguan predator, seperti tikus dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa menernak Kenari Norwich bukanlah hal yang mudah, lumayan cukup sulit. Harus benar-benar memperhatikan kualitas bulu dari dua jenis Kenari induk yang akan dikawinkan , supaya keturunannya bagus.

Biasanya musim kawin burung ini, terjadi saat bulan Desember sampai April.Biasanya proses pengeraman telurnya juga agak sulit, sehingga banyak peternak yang harus lebih keatif mencarikan solusinya, misalnya dengan memindahkan telurnya untuk dierami Kenari kawannya.

Di negara Inggris Kenari Norwich mempunyai harga pasaran sekitar $80 – $150. Kalau kamu berencana membelinya, tenang saja karena banyak yang menjualnya baik itu peternak, klub nurung, maupun di internet juga ada yang memasarkannya.Di Indonesia harganya cukub beragam, tergantung variasinya. Kabarnya kalau yang baru berumur 9 bulan Kenari Norwich harganya Rp. 1.250.000, dan yang paling mahal hanya sampai Rp. 3.000.000. Namun harga sewaktu-waktu dapat berubah.

4. Kenari Roller

Jenis Kenari Roller, Macam Kenari Roller, Gambar Kenari Roller

Keneri Roler adalah suatu jenis Kenari yang berasal dari keturunan Jerman, dikembangkan di area penggunungan di sekitar sana yang bernama Hartz.Oleh karena itu, burung ini juga sering dipanggil dengan nama Harzer. Keunggulan yang paling menakjubkan, yaitu mempunyai suara yang begitu merdu, kualitasnya di atas rata-rata. Pakan yang diberikan kepadanya setiap hari, sangatlah mempengaruhi kicauannya. Jadi rawatlah lebih intensif ya, kalau kamu ingin memilikinya.

Kabarnya disaat perlombaan diadakan, kita bisa mengenali ciri-ciri Kenari Roller, yaitu dengan menaruhnya ke dalam sangkar, lalu bagian depannya ditutupi kain. Kemudian jika penutupnya dibuka, maka burung tersebut harus berkicau. Itu semua otomatis terjadi, sebab telah dilatih dahulu sebelumnya. Pada umumnya cara memasternya dengan memutarkan suara dengan CD, dan Kenari itu menirukan dengan kicauaanya yang luar biasa.

Di dunia ini jenis Kenari Roller memiliki beraneka ragam ukuran, rata-ratanya sekitar 7,5 cm. Karakteristik burung ini, yaitu saat berkicau suaranya bisa ngerol, warnanya ada yang hijau dan juga kuning, mempunyai garis pada bagian punggungnya, di bawah dagunya ada gelembung suaranya. Selain itu nada kicauannya kalau tinggi melengking, sedangkan jika rendah tak kalah merdunya, dan suaranya pun bervariasi sebab Kenari ini termasuk Song Canary.

Dalam perawatannya, lebi baik jangan menjemurnya secara berlebihan, karena buung ini tak tahan saat cuaca panas. Berilah kandang yang ada simulasi cahayanya, lengkapilah dengan lampu spektrum. Selanjutnya perlu diketahui, bahwa proses perkawinan jenis Kenari Roller yang jantan, cenderung sikapnya kasar kepada yang betina. Akan tetapi setelah itu akur kembali, dan selang beberapahari akan menghasilkan telur sekitar 4 butir yang warnanya putih kombinasi bintik coklat.

5. Kenari Gloster

Jenis Kenari Gloster, Gambar Kenari Gloster, Macam Kenari Gloster, Kenari Gloster, kenari gloster f1, kenari gloster corona, kenari gloster consort

Burung Kenari Gloster terkenal dengan ukuranya yang kecil, kebanyakan panjangnya kurang dari 11 cm. Meskipun begitu semakin kesini, keturunannya semakin bagus, dan mempunyai nilai jual yang terbilang tinggi. Diantaranya yaitu kisaran Rp.500.00 sampai Rp.1.500.000, mungkin semakin tahun harganya bisa berbubah. Jika kamu termasuk peternak burung pemula, burung ini cocok untuk kamu gunakan untuk belajar menernaknya. Sebab tubuhnya tidak mudah sakit, lincah, serta gampang dibudidayakan.

Saat dilombakan, Kenari Gloster yang biasanya panjangnya harus kurang dari 11 cm. Jika kamu berniat ingin melombakanya, maka dilatilah terlebih dahulu secara khusus agar menang. Pada umumnya ciri-ciri dari burung ini, adalah bulu badannya berwarna kuning agak kehijauan, warna ekornya putih kehijauan, tubuhnya kecil, buncit, pendek. Selain itu ada dua jenis Kenari Gloster yang dapat kamu ketahuai, yang membedakan adalah kepalanya. Kalau yang termasuk golongan Corona itu kepalanya berjambul, sedangkan yang kepalanya polos disebut Cornsort.

Perlu diketahui bahwa jenis Kenari yang satu ini, termasuk burung yang mudah sekali stress apabila tersentuh. Proses perkembangbiakan Kenari ini akan berjalan maksumal, kalau bertelur pada sarangnya. Biasanya saat bertelur akan menhasilkan satu butir tiap harinya, jadi pada umumnya jumlah keseluruhannya ada 4 sampai 6 butir. Namun tak selalu akan lancar dalam memelihara hewan yang satu ini, terkadang timbul suatu penyakit, yaitu munculnya benjolan di bagian tubuhnya. Oleh karena itu, harus pandai mengurusnya, dan jangan lupa berikan makanan yang cocok untuknya, seperti sayuran, biji-bijian, canary seed, dan selingilah dengan pemberian sotong.

6. Kenari Frill

Jenis Kenari Frill, Macam Kenari Fri, Kenari Frillll, Gambar Kenari Frill

Manusia sudah lama telah mengenal burung ini sebagai Kenari dari Belanda. Pada abad ke 18, Dutch Frilled Canary adalah jenis Kenari Frill yang pertama kali dikenal. Semakin lambat laun Kenari ini mengalami perkembangan, apalagi disaat tahun 1920 kabarnya sangat terkenal sekali. Sebab tampilannya termasuk khas, serta nyentrik. Ternyata varietas Kenari dari keseluruhan yang jenisnya terbesar ya burung ini. Pantas saja, karena panjang tubuhnya juga sampai 21 cm, dan lebarnya sekitar 29 cm.

Karakteristik khusus dari jenis Kenari ini, ada 3 variasi unik dibagian bulu mereka. Diantaranya ada jabot, fin, serta mantel.Penasaran dengan itu semua? Kalau jabot itu pada bagian dadanya ada bulu berbentuk kebulatan. Lalu fin yaitu letak bulunya ada disekitar paha sampai bagian sayap. Sedangkan mantel adalah Kenari Frill yang bagian punggungnya ada bulu uniknya.Semua letak bulu yang berbeda-beda itu adalah yang ukuranya lebih panjang, ditubuhnya sehingga nampak seperti bergelombang. Pertumbuhan bulu yang indah semua itu, membuat para pecinta burung jadi jatuh cinta padanya.

Disamping itu juga membuatnya laku mahal dipasaran. Harganya pun bervariasi, kalau jenis Kenari Dutch Frill itu sampai $50, dan jenis lainnya  dari burung ini dapat mencapai $100 lebih.Apabila kamu mau membelinya silahkan, temukan di peternak burung, internet maupun disaat kontes diadakan, siapa tahu ada yang mau menjualnya. Dalam memeliharanya berikan makanan yang bervitamin ya, seperti sayuran, dan biji-bijian supaya tidak mudah drop kondisinya.

7. Kenari Belgia

Jenis Kenari Belgia, Kenari Belgia, Gambar Kenari Belgia

Kenari Belgia sangatlah susah untuk diternakan. Konon suku di negara Belgia yang bernama Flemish, telah mengembangkan burung ini dengan memakan waktu hingga beberapa abad lamanya. Sejak tahun 1800 burung ini sudah sangat terkenal, karena tubuhnya termasuk unik dan anggun sehingga orang zaman dahulu menganggapnya sebagai Kenari bangsawan. Hewan ini kabarnya adalah leluhurnya jenis Kenari Scotch Fancy Canary, Yorkshire Canary, dan Lancashire Canary.

Adapun ciri-ciri dari jenis Kenari ini, antaralain yaitu kepalanya kecil mirip kayak punya ular, bentuk tubuhnya seperti bulan sabit, penampilannya unik walaupun terkesan tampak cacat jika dilihat, panjamg badanya bisa sampai 18 cm. Di dalam penilaian lomba burung ini, biasanya dinilai dari segi posisi kedudukannya dan bentuknya.

Meskipun dahulu keberadaan burung ini hampir punah, pada waktu perang dunia. Akan tetapi sekarang untungnya malah sangat terkenal sekali dan masih ada. Baik itu di Amerika, Inggris, Belanda, Belgia, maupun negara lainnya diseluruh dunia. Harga pasaran jenis Kenari seprti ini termasuk agak mahal, bekisar 60 dolar bahkan bisa sampai lebih. Pada umumnya pembeli mendapatkannya dai para peternak Kenari.

8. Kenari Scotch Fancy

Jenis Scotch Fancy, Gambar Scotch Fancy, Scotch Fancy

Salah satu jenis burung kenari yang terkenal berasal dari negara Skotlandia adalah kenari scotch fancy. Burung kenari yang satu ini mulai banyak dikembangbiakan tahun 1900 sampai sekarang. Orang-orang di negara Inggris sendiri menyebutnya dengan bird o circle. Penyebutan tersebut disesuaikan dengan bentuk tubuh burung ini yang menyerupai sebuah lingkaran dan juga ramping seperti lengkungan yang ada pada bulan sabit.

Ciri khas utama dari burung kenari ini yaitu postur tubuhnya yang terlihat sedikit membungkuk. Hal tersebut bukanlah suatu cacat fisik pada burung kenari ini, melainkan sebuah keunikan asli dari postur tubuhnya yang istimewa. Secara umum, tubuh burung yang satu ini bisa mencapai panjang sekitar 18 cm dengan ukuran kepala yang kecil serta bagian leher yang agak panjang. Bahu burung kenari scotch fancy cukup besar dengan kaki yang jangkung dan kontur bulu yang bersih.

Bagaimana dengan warna burung kenari scotch fancy? Burung cantik ini mempunyai beberapa warna asli pada bulunya seperti putih dan kuning. Sekilas warnanya mirip dengan burung kenari romeo atau kenari belgia. Salah satu kelebihan mengapa burung kenari scotch fancy digemari oleh orang Inggris dan Eropa yaitu berkaitan dengan suara kicauannya yang nyaring dan juga unik bagi siapa saja yang mendengarnya. Maka tak heran jika harga burung kenari yang satu ini cukup mahal.

9. Kenari Lancashire

Kenari Lancashire

Satu lagi jenis burung kenari yang dijuluki dengan nama “bangkit dari kepunahan”, yaitu burung kenari Lancashire. Mengapa demikian? Burung kenari yang satu ini pernah mengalami masa kepunahan dimana masih masih sedikit orang yang mengembangbiakannya. Pada masa Perang Dunia II, kenari Lancashire sering diberitakan sudah punah. Burung kenari ini berasal dari negara Inggris dan diyakini sudah ada di negara tersebut sekitar tahun 1870-an.

Burung kenari Lancashire merupakan satu-satunya jenis burung kenari yang berukuran paling besar yang berasal dari Inggris. Tubuhnya bisa mencapai panjang sekitar 20 cm dengan postur tubuh yang terlihat gagah dan juga dapat berdiri dengan tegak. Maka tak heran jika burung yang satu ini tergolong mewah. Jika Anda melihatnya sekilas, penampakan burung kenari ini mirip dengan kenari Yorkshire. Perbedaannya yaitu terletak pada bagian leher yang panjang, bentuk dada yang bulat, dan bulunya yang halus.

Jenis burung kenari Lancashire ada dua, yaitu coppies yang mempunyai jambul di kepala dan plainhead yang tidak memiliki jambul. Bulu yang tumbuh pada burung ini cukup lebat dan tebal, sehingga perawatan bulunya perlu Anda perhatikan lebih teliti lagi. Perawatan kenari Lancashire tidak jauh berbeda dengan jenis kenari lainnya. Anda hanya perlu memberikan makanan yang berkualitas baik dan sering melatihnya dengan rutin agar tidak membuatnya malas serta lamban.

10. Kenari Crested

Jenis Kenari Crest, Macam Kenari Crest, Gambar Jenis Kenari Crest Import

Kenari Crest, Crested atau yang biasa dipanggil juga dengan nama Kenari Jambul, merupakan burung yang mempunyai mahkota bulat, seta lebat di atas kepalanya. Itulah salah satu ciri khas dari jenis Kenari ini. Adapun karakteristik lainnya dari hewan ini, yaitu memiliki badan yang cukup gemuk serta bidang, ukuran panjang tubuhnya sekitar 11,43 cm, leher dan kepalanya besar, bahkan juga berbulu tebal. Konon burung ini ditemukan pertama kali saat tahun 1950 di Stotlandia, seiring banyaknya pecinta burung ini menjadikannya menyebar luas ke seluruh penjuru dunia. Dahulu nama populernya adalah King OF The Fancy, yang artinya si raja fantasi.

Pasti kamu penasaran kenapa dijuluki seperti itu? Alasan orang zaman dulu memanggilnya seperti itu, karena jambulnya itu mirip seperti mahkota raja, menutupi bagian wajahnya maka dari itu sangat menjadikannya sangat terkesan cantik dan fantastik sekali.Kenari Crest tergolong dalam varietas postur, macam warnanya ada yang merah, kuning, dan pink.Makanan kesukaannya diantaranya berupa beragam sayuran, canry seed, dan rape seed.

Jenis Kenari yang satu ini termasuk sangat pemalu sifatnya, dan tidak agresif. Harga pasaranya mencapai kisaran 1,5 jta hingga 5 juta. Semua itu bisa saja berubah harganya sesuai kesepakatan saat bertransaksi.Agar kesehatannya senantiasa terjaga, sebaiknya rawatlah dengan baik. Berikan pakan yang ada kandungan vitamin, protein, mineral, dan sebagainya. Supaya saat musim kawin, tubuhnya fit sehingga bisa menghasilkan banyak telur.

Selain itu peliharalah jenis Kenari Crest, pada sangkar yang jangan terlalu sempit. Serta rajinlah dalam membersihkan kandang tersebut, setiap sekali dalam seminggu, kalau mau ya sehari satu kali juga boleh supaya terjaga sekali kebersihannya.Kemudian yang tak kalah pentingnya, juga letakanlah sangkar ini pada tempat yang terkena cahaya, dan hindarkan lah dari aroma parfum yang gampang menguap. Sebab Kenari ini sangatlah sensitif, terhadap racun serta gas seperti itu.

11. Kenari Lizard

Jenis Kenari Lizard, Kenari Lizard, Macam Kenari Lizard, Gambar Kenari Lizard

Jenis burung kenari yang unik dari corak bulunya bisa Anda temukan pada kenari lizard. Lizard merupakan kata bahasa Inggris yang berarti kadal. Burung ini dinamakan demikian karena warna bulunya mirip dengan warna sisik yang terdapat pada hewan kadal. Kenari yang satu ini merupakan jenis yang tertua dan mulai dikembangkan sekitar tahun 1700-an di negara Perancis. Sekitar tahun 1900-an, burung ini hampir punah karena serangan wabah penyakit dan perang dunia.

Panjang tubuh kenari lizard dapat mencapai 18 cm dengan warna dan corak bulu yang unik. Coraknya sendiri terlihat seperti bulan sabit dengan beberapa noda hitam pada bulunya. Keunikan ini tidak berlaku pada semua jenis kenari lizard. Beberapa jenis burung kenari ini mempunyai sedikit perbedaan. Ada yang bentuk kepalanya berbeda dan ada pula yang memiliki corak warna dengan letak noda hitam yang tidak selalu membentuk pola yang sama.

Burung kenari lizard terdiri dari beberapa jenis, yaitu kenari lizard emas, kenari lizard biru, kenari lizard merah, dan kenari lizard perak. Populasi burung kenari ini sudah bisa Anda temukan dengan mudah di Indonesia karena pecintanya pun semakin banyak. Anda bisa dengan mudah merawat burung kenari ini seperti burung kenari jenis lainnya karena tidak ada perbedaan yang signifikan dalam perawatannya.

12. Kenari Gibber Italicus

Kenari Gibber Italicus, Gambar Kenari Gibber Italicus, Gibber Italicus

Burung kenari Italian humback frill lebih dikenal dengan nama kenari gibber italicus. Jenis burung kenari yang satu ini berasal dari negara Italia dan mulai dikembangkan sejak tahun 1951. Pemerintah Italia sendiri telah resmi mengakui burung kenari ini sebagai burung ras asli yang berasal dari negaranya. Burung ini lebih banyak ditemukan di sekitar Italia bagian utara karena pusat perkembangannya berada di area tersebut. Jenis burung kenari ini pun dengan cepat menyebar ke Indonesia.

Kenari gibber italicus mempunyai panjang sekitar 6 sampai 8 inci dengan warna kuning cerah pada bulunya. Hal yang paling mencolok terlihat pada burung kenari ini yaitu postur tubuhnya yang sering dianggap burung cacat. Bagian leher dari burung ini cenderung melengkung ke bawah sehingga posturnya terlihat seperti membungkuk. Bagian kepalanya tidak dipenuhi dengan banyak bulu dengan badan yang kurus. Kaki burung ini juga berukuran kecil dan panjang.

Tidak seperti jenis burung kenari lainnya yang mudah untuk dirawat dan dibiakkan. Burung kenari gibber italicus memerlukan sejumlah perawatan khusus yang tidak semua pecinta burung bisa melakukannya. Jika Anda mempunyai keinginan untuk memelihara burung kenari jenis ini, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada orang yang memang mempunyai keahlian dalam merawat burung kenari spesial ini.

13. Kenari Japan Hoso

Kenari Japan Hoso

Mari kita mengenal lebih jauh tentang salah satu jenis burung kenari yang unik, yaitu kenari japan hoso. Pada tahun 1963, para pecinta kenari di Jepang sudah mulai mempopulerkan jenis kenari lokal Jepang ke masyarakat Eropa. Burung kenari lokal ini kemudian disilangkan dengan kenari asal Eropa, yaitu Scoth Fancy. Maka tak heran jika burung kenari ini juga sering disebut dengan burung kenari scotch fancy mini dengan bentuk tubuhnya yang cenderung kecil.

Secara umum, postur tubuh burung kenari japan hoso seperti lengkungan bulan sabit sehingga membuatnya terlihat seperti sedang membungkuk. Ekor burung kenari ini cukup panjang dengan bulu halus yang ada di sepanjang badan sampai ekornya. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 11 cm dengan bentuk leher yang panjang serta tipis. Warna burung kenari cantik ini kebanyakan dihiasi dengan warna kuning dan putih yang cerah.

Burung kenari japan hoso lebih cocok digunakan sebagai burung yang dirawat dan dinikmati berdasarkan keindahan postur dan warnanya. Bagaimana dengan kicauannya? Anda masih bisa menjadikan burung ini sebagai peliharaan kicau yang indah di sekitar rumah. Kelebihan dari burung japan hoso yaitu perawatannya yang mudah dan tidak mudah diserang penyakit maupun gangguan kesehatan seperti pada burung lainnya.

14. Kenari Spanish Timbrado

Kenari Spanish Timbrado

Jenis burung kenari dengan suara kicauan yang istimewa dapat Anda temukan pada burung kenari Spanish timbrado. Burung kenari yang satu ini berasal dari negara Spanyol dan dikembangbiakkan mulai dari tahun 1940 sampai dengan tahun 1950. Banyak dari pakar burung asal Spanyol yang melakukan penelitian dan percobaan dalam mengawinkan burung kenari ini dengan burung finch yang asli. Tujuannya yaitu agar mendapatkan jenis burung baru dengan kualitas kicau terbaik.

Burung Spanish timbrado mempunyai beberapa ciri fisik yang spesial dan berbeda dari jenis burung lainnya. Burung ini mempunyai postur tubuh yang terlihat kuat dan juga seimbang. Bentuk dadanya yang tegap dan lebar menjadikan burung ini terlihat sempurna. Kaki burung kenari ini pendek, bulunya cukup lebar dan bentuk ekornya menyerupai huruf V. Kebanyakan warna bulunya didominasi oleh warna hitam, abu, serta putih pada bagian bawah tubuhnya.

Keunggulan dari burung kenari Spanish timbrado terletak pada suara kicauannya. Suara yang bagus dengan kemampuan menyanyikan 12 nada suara yang berbeda menjadikan burung ini sangat terkenal di antara pecinta burung kenari. Jenis kicauannya pun terdengar lebih merdu, keras dan juga lantang dibandingkan dengan burung lainnya. Keunggulan ini membuat harga burung Spanish timbrado melambung tinggi dan cukup mahal di kantong.

15. Kenari American Singer

Kenari American Singer

Para pecinta burung kenari pasti mengenal burung kenari yang cantik ini, yaitu kenari American singer. Burung kenari ini berasal dari daerah Boston Massachussets dan merupakan persilangan antara kenari jenis border dengan roller. Para pecinta kenari di Amerika pun sudah sangat menyukai kenari ini karena kicauannya yang sangat berkualitas dan irama nyanyiannya yang sangat merdu untuk didengarkan.

Ukuran panjang tubuh kenari American singer bisa mencapai 15 cm dengan jenis warna yang berbeda-beda. Ada yang berwarna orange, hijau, putih, coklat, kuning, dan juga biru. Walaupun ukuran tubuhnya cenderung panjang dan kecil, namun jenis burung kenari yang satu ini termasuk ke dalam kenari yang kuat. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh kenari American singer cukup kuat dalam melawan serangan penyakit dan gangguan kesehatan burung lainnya.

Suara merdu dari kicauan burung kenari American singer bisa Anda jaga dengan melakukan perawatan terbaik. Namun, Anda perlu melakukan beberapa perawatan khusus. Hal ini karena burung kenari yang satu ini termasuk burung kenari yang tidak rewel tapi cenderung pemalu. Anda sebaiknya tidak menempatkan burung ini dengan burung lainnya yang lebih agresif. Tempatkanlah kenari ini di sebuah kandang khusus agar kualitas suaranya tetap terjaga.

16. Kenari Rusia

Kenari Rusia

Burung kenari rusia adalah jenis burung kenari yang pertama kali dipopulerkan oleh imigran Rusia ke beberapa negara di Amerika dan Kanada. Kenari ini berasal dari Jerman namun lebih banyak dikembangbiakkan di Rusia. Itulah mengapa banyak yang menyebutnya dengan kenari Rusia. Sampai saat ini pun Anda bisa dengan mudah menemukan bunga ini di Rusia karena menjadi salah satu burung yang terkenal dan digemari oleh banyak pecinta burung disana.

Bentuk postur tubuh dari burung kenari rusia cenderung pendek dan gemuk. Warna bulunya didominasi oleh warna putih dan abu, namun ada juga yang berwarna kuning dan putih. Kaki burung ini cenderung pendek dan kecil. Paruhnya pendek dan juga tebal. Beberapa jenis burung kenari rusia mempunyai ciri khas berupa warna bulu yang cukup mencolok di sekitar area mata serta kepalanya. Ada beberapa keunggulan burung ini yang layak untuk Anda ketahui.

Burung kenari rusia mempunyai kemampuan untuk menghafal lagu karena memiliki tingkat memori yang cukup kuat dalam mengingat. Yang kedua, burung ini mempunyai jenis larynx atau kotak suara yang bagus kualitasnya dan merupakan sebuah warisan turun-temurun dari jenisnya. Irama nyanyian yang dihasilkannya pun sangat merdu dan juga alami. Burung ini dapat menyanyi dengan beberapa nada tinggi selama 1 menit lebih.

17. Kenari Waterslager

Kenari Waterslager

Burung kenari waterslager adalah burung kenari yang jenisnya paling tua diantara burung kenari lainnya. Sebutan lainnya untuk burung kenari ini yaitu Malinois Canary atau Water Singer. Burung kenari ini berasal dari negara Belgia dan mulai diternakkan di sana pada tahun 1713 oleh seorang turis asal Perancis. Mulai dari situlah burung kenari ini dengan cepat menyebar ke seluruh wilayah Eropa dan juga Amerika Serikat serta Kanada.

Panjang tubuh kenari waterslager sekitar 17 cm dengan kepala kerucut dan paruh yang besar. Gigitan burung kenari yang satu ini juga lebih tajam jika dibandingkan dengan burung kenari lainnya. Warna hitam pada matanya yang mengkilap menjadikan burung kenari ini terlihat sangat cantik. Keunikan lainnya terletak pada bulu bagian belakang yang akan berdiri jika burung ini sedang dalam mood yang baik atau bahagia.

Keistimewaan burung kenari waterslager yaitu mudah untuk dirawat dan dibiakkan. Dengan memberikan pakan yang berkualitas dengan lingkungan yang sehat akan membuat burung ini sehat serta kuat. Kesehatan yang meningkat akan membuat kenari ini juga dapat berkicau dengan merdu. Jika Anda ingin mengikuti lomba dengan mengikutsertakan kenari waterslager, maka Anda perlu melatihnya dengan teknik khusus.

18. Kenari Stafford

Kenari Stafford

Pada tahun 1980, kenari Stafford mulai diternakkan dengan serius oleh para perternak kenari di kota Stafford Inggris. Itulah mengapa burung kenari ini disebut dengan Stafford. Orang mulai banyak mengenal burung ini setelah ditampilkan ke publik pada tahun 1987 pada salah satu acara festival kenari di Inggris. Kepopuleran kenari ini pun menyebar tidak hanya di negara asalnya saja, namun juga di negara Eropa lainnya serta Amerika dan Kanada.

Ukuran tubuh dari burung kenari Stafford cukup pendek, yaitu hanya mencapai 12 cm. Burung kenari yang satu ini terdiri dari dua warna utama, yaitu warna merah mawar dan warna merah cerah. Bulu yang terdapat pada burung ini pun terdiri dari tiga jenis, yaitu mosaic, frosted, dan non-frosted. Ada jenis kenari Stafford yang mempunyai jambul di kepalanya dan ada juga yang tidak mempunyai jambul sama sekali.

Kenari Stafford bukan jenis burung kenari yang pemalu. Burung kenari ini lebih mudah ceria sehingga perawatannya pun tidak terlalu sulit. Jenis kenari yang satu ini juga bukan jenis kenari yang dapat dengan mudah terjangkit penyakit. Hal ini diperoleh dari ketahanan tubunya yang cukup kuat. Dengan keceriaan dan tubuh yang kuat, maka tak heran jika burung kenari yang satu ini mempunyai kicauan yang merdu.

19. Kenari Cinnamon

Kenari Cinnamon

Kenari sinamon atau cinnamon merupakan jenis burung kenari yang berasal dari Inggris dan mulai dikembangkan pada abad ke 19. Sekilas, burung ini terlihat seperti burung kenari Norwich karena bentuk badan dan ukurannya cukup mirip. Hal yang menarik dari burung kenari ini yaitu jenisnya yang merupakan mutasi burung liar yang ada di Spanyol. Penampilannya yang mencolok dengan warna bulunya menjadikan burung ini terlihat sangat cantik.

Burung kenari cinnamon dapat tumbuh mencapai panjang badan sekitar 14 sampai 16 cm. Ukuran tubuhnya ini jauh lebih besar dibandingkan dengan burung Norwich. Warna bulu burung ini cenderung merah seperti kayu manis, namun ada juga jenisnya yang berwarna hijau sedikit kecoklatan. Sedangkan untuk kenari cinnamon dengan warna putih kekuningan tidak terlalu mudah untuk Anda temukan.

Keindahan yang terdapat pada burung kenari cinnamon membuat burung ini menjadi incaran para pecinta burung kenari. Kepandaiannya dalam berkicau dan juga jenisnya yang sangat aktif membuat burung ini banyak dicari. Namun sayangnya, kenari cinnamon bukanlah jenis burung kenari yang dapat dengan mudah Anda temukan. Burung kenari jenis ini tergolong dalam kenari yang langka.

20. Kenari Color Bred

Kenari Color Bred

Jenis burung kenari yang mudah dipelihara bagi Anda pecinta kenari yaitu burung kenari color bred. Kenari jenis ini merupakan jenis kenari yang dikembangkan dengan melakukan pengembangan pada struktur genetika warna. Pengembangan ini dimulai di Inggris oleh para ahli yang kemudian menghasilkan kesepakatan bahwa burung kenari color bred merupakan burung kenari yang mempunyai indukan warna yang sesuai.

Burung color bred mempunyai panjang tubuh sekitar 15 cm dengan warna yang cantik pada bulunya. Warna bulu dengan corak pada burung ini tidak selalu sama. Perbedaan ini tergantung dari indukannya. Keunikan warna yang berbeda ini menjadikan kenari color bred sebagai jenis kenari yang paling populer hampir di seluruh dunia. Bentuknya yang tidak terlalu panjang dan cenderung kecil dengan paruh yang tebal menambah kecantikan burung kenari ini.

Warna serta corak yang menarik dari kenari color bred dan populasinya yang banyak membuat burung ini dihargai dengan nilai yang tidak terlalu mahal. Sekitar $50 sampai dengan $200 tiap ekornya. Dengan melakuakan perawatan yang baik terhadap burung cantik ini, maka Anda mendapatkan burung cantik yang tidak hanya menarik dari segi penampilan, namun juga sehat dan kuat dari segi kesehatan.

21. Kenari Red Factor

Kenari Red Factor

Burung kenari dengan warna merah alaminya disebut juga dengan kenari red factor. Jenis burung Kenari yang satu ini dinamakan dengan red factor karena warna dasar dari bulunya adalah merah. Selain warna merah, campuran warna dengan warna kuning dan putih juga bisa Anda temukan pada burung ini. Hal yang perlu Anda ketahui yaitu burung kenari ini adalah hasil persilangan antara burung kenari kuning dan merah yang keduanya berasal dari negara Venezuela.

Ciri khas yang paling menonjol dari kenari red factor tentu saja warna bulunya yang merah menyala. Ukuran tubuhnya cenderung kecil dan tidak panjang. Kaki burung ini pendek dengan leher yang juga tergolong pendek. Kepalanya bulat dengan warna mata hitam dan paruh yang pendek serta tebal. Keunggulan kenari ini tidak hanya terletak dari warna bulunya saja, namun juga kicauannya yang mengagumkan bagi siapa saja yang mendegarnya.

Harga pasaran untuk satu ekor burung kenari merah dibandrol sekitar 1 sampai 2 juta untuk jenis indukan. Sedangkan untuk jenis anakan bernilai sekitar 300 sampai dengan 400 ribu. Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli burung ini yaitu keasliannya. Jangan lupa untuk selalu memberikan makanan terbaik agar bulu indah serta warnanya yang merah cerah yang tidak mudah rusak dengan cepat.

Baca Juga: 4 Cara Agar Burung Kenari Bersuara Panjang dan Lantang

Sekian dahulu penjelasan tentang jenis Kenari secara lengkap dengan penjelasan, dan gambarnya. Semoga setelah membaca artikel ini pengetahuan kamu semakin bertambah. Anda juga dapat mempelajari tips dan cara merawat Kenari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here