16 Cara Memilih Kenari Bakalan yang Bagus dan Juara

0
686

Kicauburung.id – Cara mudah memilih Kenari bakalan, anakan dan ombyokan yang bagus juga bermental juara. Burung Kenari bisa dikatakan sebagai burung yang memasyarakat, karena banyak peternak dan penggemarnya. Tidak diragukan lagi memang, selain perawatannya mudah, burung ini juga tidak tidak membutuhkan perhatian ekstra dan tidak rewel halnya beberapa jenis burung kicauan lainnya.

Kenari bakalan, Kenari Anakan, Kenari Ombyokan, Bakalan Kenari, bakalan Kenari Juara

Memiliki burung Kenari bagus, berkualitas dan bermental bagus bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang memelihara. Walupun harga Kenari bakalan yang gacor, bagus dan sudah pernah juara relatif mahal.

Sebenarnya anda tidak perlu mencari Kenari bakalan yang sudah juara, cari dan pelihara dulu anakan atau bakalan dari pasar, karena relatif murah. Namun jika anda tetap mencari Kenari bakalan yang sudah juara itu juga terserah anda. Inti dari memelihara Kenari bakalan yaitu harus bersabar, konsisten dan paham karakter burung.

Perlu anda ketahui bagaimana sih malihat ciri-ciri Kenari bakalan yang bagus dan prospek juara? Burung kenari merupakan burung dengan timbre suara yang khas dan lantang. Mungkin sudah banyak yang menyukai Burung kenari untuk dipelihara dan dibudidayakan. Jika anda belum tahu cara ternak kenari anda bisa melihat dan membaca cara ternak kenari bagi pemula agar sukses. Memang benar burung Kenari adalah burung yang cantik dalam hal tampilan dan memiliki suara kicauan yang bagus. Burung kenari sendiri memiliki banyak jenisnya, jika anda belum tahu jenis burung kenari bisa melihat jenis burung Kenari di Dunia. Jika anda suah tahu jenis bakalan Kenari yang bersuara bagus, maka anda akan mudah memilih dan memeliharanya.

Kenari Bakalan bagus, Ciri Kenari Bakalan Postur, Postur kenari Bakalan idealNamun apakah anda tahu dan paham bagaimana cara memilih Kenari bakalan untuk lomba? Memilih Kenari Anakan yang prospek untuk lomba bukan lah pekerjaan yang mudah, anda harus tahu postur, irama dan durasi lagu burung tersebut. Tapi juga terserah jika anda memilih anakan Kenari yang hanya sekedar iseng untuk membudidayakannya atau kita ikut sertakan dalam perlombaan. Dari sekian banyak jenis Kenari, tidak semuanya pantas untuk dijadikan bakalan yang bagus. Nah kami akan memberikan tips dan cara tentang cara memilih Kenari Bakalan yang prospek untuk lomba.

Ciri-Ciri Kenari Bakalan yang Berkualitas Bagus dan Juara :

  1. Pastikan burung Kenari berkelamin jantan. Jika anda belum tahu anda dapat melihat cara membedakan Kenari jantan dan betina beserta gambar.
  2. Memiliki tubuh proposional dan panjang.
  3. Tidak memiliki cacat batin alias stress dan cacat fisik. Perhatikanlah secara teliti dan cermat apakah kenari memiliki cacat fisik, baik di sayap, kaki, mata, kuku jarinya dan badan.
  4. Matanya besar dan terlihat melotot.
  5. Memiliki postur kepala yang besar.
  6. Memiliki gerakan yang lincah dan sehat.
  7. Mempunyai paruh yang berpangkal lebar, lurus, panjang, besar, dan tebal.
  8. Memiliki lubang hidung yang sangat dekat dengan mata.
  9. Sayap burung Kenari mengepit atau nge V.
  10. Mempunyai cengkeraman yang kuat.
  11. Nafsu makan yang tinggi.
  12. Memiliki leher yang panjang dan sedikit padat, karena ini adalah ciri burung kenari yang memiliki suara maksimal dalam berkicau.
  13. Mempunyai cengkok yang besar.
  14. Memiliki kaki yang tinggi, anti banjir.
  15. Pilihlah Kenari yang berwarna bond atau campuran. Rata-rata yang memiliki warna bond lebih cepat berbunyi ketimbang warna polos.
  16. Harga murah kualitas bagus.

Baca Juga: 10 Cara Perawatan dan Pemeliharaan Kenari Untuk Pemula

Nah, itulah cara mudah memilih Kenari bakalan atau anakan yang bagus dan bermental juara. Namun jika sudah mempunyai burung yang proporsional baik suara dan tubuh, tapi tidak dirawat dengan baik maka anakan sia-sia. Anda juga harus melakukan perawatan dan pemeliharaan Kenari yang baik dan benar mulai dari sehari-hari sampai menjelang lomba. Sekian cara memilih bakalan Kenari yang bagus. Selamat mengaplikasikannya dalam memilih Kenari bakalan sungguhan anda. Semoga anda mendapatkan Kenari anakan calon juara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here