Cara Mengatasi Kenari Over Birahi, Menurunkan Birahi Kenari

8 Cara Mengatasi Kenari Over Birahi dengan Cepat dan Mudah

Kicauburung.id – Cara mengatasi kenari over birahi dengan mudah dan cepat. Masalah yang sering muncul dan menjadi momok para Kenari Mania yaitu burung yang sedang mengalami over birahi (OB). Hal tersebut sangat mengganggu para Kenari Mania dan terutama pada burung kenari yang sering dilombakan.

Cara Mengatasi Kenari Over Birahi

Memiliki burung kenari yang over birahi tentunya sangat menyebalkan. Tidak perduli apakah itu sedang berada digantang, tempat lomba maupun di rumah. Namun dalam beberapa kasus, burung yang mengalami over birahi seringkali menabrak jeruji tangkringan atau naik-turun dari tangkringa satu ke yang lain.

Khusus untuk Kenari lomba, diwajibkan untuk selalu mempunyai level birahi yang sangat baik. Sebab, ketika Kenari dalam kondisi birahi yang rendah birahi mengakibatkan burung tidak mau kerja maksimal. Contohnya saja ketika di gantangkan burung tidak ngotot dan banyak sekali diam atau  ngetem.

Nah, dalam hal tersebut kita juga harus peka pelihat ciri Kenari yang sedang mengalami over birahi (OB).

Ciri-Ciri Kenari Jantan Over Birahi:

  1. Ketika berkicau sering mengepak – ngepakan sayapnya.
  2. Saat nangkring rajin bunyi sambil bergerak ke kiri- kanan.
  3. Bila melihat kenari betina terlihat semakin agresif dan bertengger di bagian jeruji kenari jantan agresif untuk mendekati.
  4. Terlihat agresif saat melihat burung sejenis.

Ciri-Ciri Kenari Betina Over Birahi:

  1. Terlihat sedikit agresif seperti berusaha mencari celah untuk keluar dari sangkar saat melihat kenari jantan.
  2. Rajin berbunyi.
  3. Bahkan ada betina yang bersikap merunduk seraya mengangkat ekornya seperti ingin dikawin.
  4. Ketika didekatkan pejantan, segera mengepakkan sayap sambil berbunyi.

Baca Juga: 13 Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina Beserta Gambar

Kondisi burung kenari yang mengalami over birahi sangat tidak menguntungkan. Hal tersebut akan berdampak dari kondisi burung justru sering menjadi galak dan sangat agresif, sehingga tenaganya cepat terkuras. Banyaknya tenaga yang terkuras mengakibatkan burung kenari tidak dapat konsentrasi untuk mengeluarkan suara terbaik yang dimilikinya. Alhasil kenari yang kita ikut sertakan dalam lomba atau gantangaan tidak mendapan respon dan nilai dari juri maupun tidak dapat bendera satu pun. Sebenarnya over birahi pada kenari bisa diatasi dari cara perawatan harian atau perawatan saat berada di gantangan / lomba.

Cara Mengatasi Kenari Over Birahi :

  1. Kurangi porsi pemberian pakan biji-bijiannya pada burung kenari anda.
  2. Anda bisa memeberikan buah ketimun dan buah pir secara rutin dan bergantian setiap harinya.
  3. urangilah makanan yang membuat  birahi kenari jantan semakin tinggi contohnya buah telur rebus, apel, kroto dan egg food, .
  4. Kurangi waktu penjemuran dari yang biasanya dilakukan.
  5. Tambahlah jatah mandi burung kenari anda tersebut menjadi 3x sehari, jangan lupa campurkan shampoo Jati Jajar yang mengandung Aloevera.
  6. Cara alternative dalam merawat burung yang sedang over birahi adalah dengan mengawinkannya. Caranya dengan menyatukan Kenari jantan yang mengalami over birahi tersebut ke sangkar yang dihuni betina siap kawin. Pantaulah sampai terlihat si jantan tersebut mengawini betina tersebut.
  7. Lalu setelah kenari jantan beres melakukan perkawinan, maka kenari jantan yang mengalami over birahi langsung di cabut atau diambil dari sangkar betina dan dijauhkan jangan sampai melihat atau mendengar suara betina lagi.
  8. Lakukan hal diatas berulang kali keesokan harinya. Lihat terus apakah burung Kenari jantan sudah tidak over birahi lagi atau tidak.

Banyak yang mengatakan bahwa menurunkan birahi Kenari itu susah. Menurut kami penyataan tersebut salah, karena jika dalam otak anda sudah ada kata susah, maka akan susah jadinya. Berpikirlah bahwa menurunkan birahi Burung kenari itu mudah, jangan takun untuk terus mencoba.

Baca Juga: 2 Racikan Khusus Pakan Kenari Agar Suaranya Gacor dan Bening

Melakukan cara menurunkan dan mengatasi kenari over birahi di atas dengan telaten akan mengurangi bahkan mampu membuat nafsu birahi burung kenari tersebut menjadi lebih ideal dan sesuai batas normal burung kenari. Ketika birahi kenari yang sudah pas maka burung anda siap untuk di lombakan.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *