11 Cara Merawat Kenari Menjelang Lomba agar Juara

0
158

Kicauburung.id – Cara merawat kenari menjelang lomba agar juara dan tampil gacor maksimal. Menang juara pada event lomba adalah tujuan kicau mania burung kenari yang mengangap perlombaan adalah final keberhasilan mereka dalam memelihara kenari.

Burung Kenari adalah salah satu burung yang poluler dan sering diburu oleh penggemar burung selain Lovebird. Untuk mempunyai kenari yang bisa ngeroll dengan panjang, pasti akan memiliki nilai jual yang tinggi  Jika anda tidak percaya, coba tanyakan pada teman anda yang sering menggantang Kenari di gantangan.

Merawat Kenari Menjelang Lomba, Kenari Juara, Kenari Prestasi

Tak sedikit pula pecinta burung kicauan sering memilih Kenari sebagai burung untuk kontes dan dilombakan. Namun juga tidak sedikit pula yang merawat Kenari hanya berdasarkan hobi dan tidak di ikutkan di event perlombaan burung. Mereka hanya ingin menikmati kicauan yang merdu dan warna bulu indah dari burung tersebut. Ada wajib tahu bahwa Kenari yang sudah pernah di lombakan atau sering menang di gantangan harganya relatif mahal.

Bisa dikatakan mudah dan sulit dalam merawat Kenari menjelang perlombaan itu tergantung dari karakter burung. Pada dasarnya merawat burung Kenari digantangan itu sama saja. Soal settingan Kenari di perlombaan, itu disesuaikan dengan sifat burung masing-masing. Nah jika Kenari anda memiliki ciri – ciri di bawah ini, maka burungnya siap untuk di lombakan.

Ciri-Ciri Kenari Siap Lomba :

  1. Sehat dan lincah.
  2. Gaya main tenang.
  3. Bunyi ngotot ketika melihat Kenali lain berbunyi.
  4. Bunyi nyaring dengan durasi lama.
  5. Burung menyayikan lagu tertentu “isian” dengan durasi lama.
  6. Mempunyai mental bagus.

Banyak sekali penghobi burung atau pemula mengikut sertakkan Kenari di ajang perlombaan. Namun untuk mengikutkan Kenari pada perlombaan sendiri diperlukan pemahaman secara detail tentang Karakter burung tersebut. Kenari yang siap untuk diikutkan lomba harus memiliki mental yang cukup, tidak mudah stres dan siap melihat atau mendengar suara kicauan Kenari lain pada saat perlombaan.

Nah untuk menyiapkan Kenari saat perlombaan, usahakan anda melakukan perawatan kenari dengan baik dan penuh ketelatenan. Pastikan Kenari memiliki volume keras, durasi lagu panjang  serta mental yang bagus. Karena mental yang bagus pada burung Kenari sangatlah mempengaruhi di dalam ajang lomba. Bagaimana sih merawat Kenari menjelang lomba? Nah simak setingan Kenari sebelum lomba agar gacor, ngerol panjang saat di arena perlombaan.

Cara Merawat Kenari Menjelang Lomba agar Juara :

  1. Sebelum mengikutkan di ajang perlombaan, sebaiknya persiapkan matang-matang terlebih dahulu Kenari anda
  2. Anda harus mengenali tingkah laku dan seluk beluk Kenari, mulai dari kelebihan dan kekurangan burung anda.
  3. Usahakan burung Kenari yang akan di lombakan sudah di rawat dengan benar.
  4. Kemudian, pastikan burung kenari anda mempunyai suara keras dan ngerol panjang.
  5. Pada H-6 atau sebelum perlombaan anda harus mengupayakan burung Kenari di karantina, serta jauhkan dari suara kenari dan burung lain.
  6. Pagi hari burung Kenari di mandikan sampai basah, namun kalo cuaca mendung jangan terlalu basah.
  7. Kemudian untuk H-3, burung kenari di berikan pakan berupa Kroto dan apel secara bergantian.
  8. Saat H-2, untuk penjemuran yang biasa anda lakukan cukup 20 sampai 30 menit saja.
  9. H-1 tetap lakukan penjemuran seperti saat H-2.
  10. Ketika hari perlombaan tiba, 1 jam sebelum di lombakan berikan kenari anda pakan EF berupa kuning telur burung puyuh rebus satu atau dua biji.
  11. Ketika digantangkan, berdoa dan yakin lah kenari anda akan menang.

Itulah perawatan kenari sebelum perlombaan yang harus Kenarimania perhatikan. Jangan maksakan burung yang tidak fit atau kurang yakin untuk diikutkan perlombaan.

Baca Juga: 4 Cara Agar Burung Kenari Bersuara Panjang dan Lantang

Itulan cara merawat Kenari menjelang lomba agar juara dan tampil makimal. Semoga bermanfaat untuk anda yang menginginkan Kenari anda menjadi sang jagoan di arena perlombaan. Ada juga dapat membaca tips dan cara perawatan Kenari lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here