Ternak Kenari, Budidaya Kenari, Berternak Kenari

16 Cara Ternak Kenari agar Sukses dan Lancar Produksi

Kicauburung.id – Cara ternak Kenari agar sukses dan lancar pada saat proses produksi, mulai dari cara ternak Kenari Lokal, AF, F1, F2, F3 dan YS. Semua proses ternak kenari jenis apapun itu sama, bahkan jenis Kenari Yorkshire sekalipun. Burung kenari termasuk burung yang mudah diternak dan dibudidayakan. Namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi dalam berternak Kenari. Walaupun mudah diternak dan dibudidayakan, namun anda tidak bisa asal-asalan. Karena sudah banyak kasus kegagalan dalam proses penjodohan burung kenari, dan dari situ banyak peternak kenari yang berhenti berternak Kenari.

Ternak Kenari, Budidaya Kenari, Berternak Kenari

Diantara jenis burung yang dianggap atau mempunyai prospek paling menguntungkan untuk diternak yaitu adalah burung Kenari. Pada umumnya peternak burung pasti akan memasukkan burung Kenari ke daftar burung yang diternak, bahkan mereka tidak jarang pula ketika beternak Kenari juga mengikutsertakan berternak burung-burung lainnya.

Beternak burung kenari bisa dijadikan sebagai lahan bisnis baru, karena prospek ladang penghasialan yang bagus dan menjanjikan. Burung kenari memiliki peminat dan penghobi yang banyak bahkan bisa dikatakan sebagai burung favorit sepanjang masa.

Kita tahu nilai jual burung Kenari cenderung stabil di bandingkan burung yang lain. Maka dari situlah penhobi burung mulai berbondong-bondong berternak kenari.

Nah bagi anda yang baru saja terjun ke dunia perburungan atau pemula, kami sarankan jika berternak Kenari mulai lah dari burung Kenari kecil yaitu Kenari lokal dan kalitan. Mengapa harus dari bawah? karena harga Kenari lokal lebih murah dan mudah untuk dibudidayakan. Boleh saja jika anda ingin berternak kenari seperti Yokshire, F1, F2 dan F3. Akan tetapi anda juga perlu modal yang banyak dan tingkat kemudahannya akan kecil.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi anda sukses dalam berternak burung Kenari, pahami faktor-faktor tersebut jika anda ingin sukses.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Berternak Kenari

1. Usia Burung Kenari

Usia Kenari, Ternak Kenari

Usia hal merupakan hal terpenting dalam memulai ternak Kenari. Biasanya Indukan jantan yang sudah siap dikawinkan berumur satu tahun. Sedangkan untuk indukan burung Kenari betina kira-kira berumur 9 bulan atau lebih.

2. Kelamin Kenari

kenari jantan dan betina, kenari jantan, kenari betina

Pada umur kira-kira atara lima bulanan, biasanya burung Kenari jantan memiliki warna yang lebih terang. Pada bagian dekat kepala warna yang dihasilkan lebih tajam. Pusat kepala pada burung kenari betina yang berwarna kuning akan menjadi sangat terang. Jika ada belum paham, anda dapat membaca 13 cara membedakan Kenari jantan dan betina beserta gambarnya.

3. Kandang atau Sangkar untuk Kenari

Sangkar Ternak Kenari, Kandang Ternak Kenari, Model Sangkar Ternak Kenari, Tipe Sangkar Ternak Kenari

Biasanya para peternak Kenari menempelkan sankar atau Kandang ternak Kenari di dinding. Kenapa bisa begitu? Karena agat tidak goyang dan aman. Anda juga harus memperhatikan cuaca dan kondisi dimana kandang tersebut ditempatkan. Tempatkan kandang atau sangkar pada tempat yang teduh, jauh dari bising atau keramaian supaya pada proses berterus dan pengeraman kenari tidak terganggu.

4. Proses Perjodohan Kenari

Perbedaan Bentuk sayap Lovebird Jantan dan Betina

Proses penjodohan atau menperkenalkan Kenari betina dan jantan sedikit rumit, karena tidak semuanya kenari mampu berjodoh. Namun jika anda memiliki Kenari dengan jenis kelamin berbeda pada sejak mereka kecil, maka pada saat proses penjodohan mungkin akan sedikit mudah. Sebab meraka sudah terbiasa tinggal bersama.

5. Proses Pengeraman Kenari

Pengeraman Kenari, berternak Kenari

Setelah proses penjodohan Kenari selesai, biasannya burung masuk kedalam fase pengeraman dan membutuhkan waktu sekitar 14 hari. Disaat Kenari mengerami telur, kami sarankan atau anjurkan untuk seaiknya memisahkan antara burung jantan dan betina. Karena Kenari jantan akan merusak sarang dan memecahkan telur jika anda tetap memaksakan mereka satu sangkar. Biarkanlah burung Kenari betina sendirian di kandang pada saat proses pengeraman.

6. Masa Penetasan dan Panen Anakan Kenari

Masa Penetasan dan Panen Anakan Kenari, Ternak Kenari

Pada saaat hari sudah menginjak ke-14, maka telur kenari akan menetas. Buat kamu para pemula atau yang baru belajar ternak kenari, sebaiknya jaga kesehatan induk dan anakan Kenari. Caranya dengan memberikan biji bijian dan sayuran segar kepada burung tersebut. Disarankan juga memberi telur supaya anakan Kenari mendapatkan asupan gizi yang baik.

7. Berdoa dan Saling Berbagi Rejeki

Inilah kunci utama supaya berternak kenari kita sukses atau berhasil. Setelah semua cara dan upaya kita lakukan dari mulai mengetahui usia kenari, membedakan kenari jantan dan betina, sangkar yang cocok untuk burung kenari, proses penjodohan dan ditahap terakhir yaitu proses pengeraman telur kenari. Tapi jika semua hal dan upaya anda diiringi dengan berdoa pasti kan mudah sukses dan di lancarkan rejekinya.

Proses dan Cara Ternak Kenari

  1. Siapkan dana untuk membeli Kenari jantan dan betina yang siap ternak.
  2. Siapkan sangkar atau kandang ternak Kenari.
  3. Cari tempat yang cocok untuk berternak Kenari.
  4. Siapkan 2 Kenari, 1 jantan dan 1 betina.
  5. Perkenalkan dan jodohkan Kenari.
  6. Satukan Kenari jantan dan betina dalam satu sangkar ternak.
  7. Jika sudah jodoh atau kawin diamkan dulu, anda juga dapat mencabut Kenari Jantan jika merasa mereka sudah kawin.
  8. Tunggu hingga 14 hari setelah proses pengawinan.
  9. Jika belum sukses coba lagi.
  10. Setelah bertelur jaga kondisi betina.
  11. Pada saat telur  mulai menetas, jaga dan beri asupan gizi yang baik untuk Kenari betina dan anakannya.
  12. Saat anakan Kenari baru menetas, pastikan juga kondisi air dan pakan biji-bijianterjaga.
  13. Anda dapat menambahkan telur puyuh rebus sampai anakan berumur 1 minggu.
  14. Ingat, sebelum anakan Kenari berumur 1 minggu, jangan atau dilarang memberikan buah dan sayur. Hal tersebut dapat menyebabkan kematian dini pada anakan kenari karena sistem pencernaannya belum siap.
  15. Pada umur anakan lewat dari 1 minggu, anda dapat meletakkan pakan di sangkar seperti pakan kenari dewasa.
  16. Anakan kenari mulai proses panen ketika berumur 25 hari keatas. Di umur tersebut, Kenari anakan sudah bisa makan telur rebus sendiri dan baru siap makan biji-bijian sendiri setelah 1 bulan.

Baca Juga: 2 Racikan Khusus Pakan Kenari Agar Suaranya Gacor dan Bening

Itulah tips dan trik cara ternak Kenari bagi pemula agar sukses dan berhasil. Semoga anda terbantu, khususnya bagi anda yang ingin beternak burung Kenari yang satu ini.

Loading...
Merawat Kenari Menjelang Lomba, Kenari Juara, Kenari Prestasi

11 Cara Merawat Kenari Menjelang Lomba agar Juara

Kenari Bakalan bagus, Ciri Kenari Bakalan Postur, Postur kenari Bakalan ideal

16 Cara Memilih Kenari Bakalan yang Bagus dan Juara