11 Cara Merawat Lovebird Mabung Agar Cepat Tuntas Beserta Cirinya

0
656

Kicauburung.id – Sekarang ini burung lovebird menjadi salah satu burung kicau yang sedang populer dan digandrungi oleh banyak pecinta kicau mania. Selain karena warna yang menarik, juga karena jenis burung ini kita dapat menikmati suara kicaunya. Namun banyak sekali kendala yang di alami lovebird mania untuk menikmati suara kicauannya saat kondisi mabung. Jika kita salah dalam merawat lovebird mabung, maka akan susah sekali mengebalikan ke top performnya.

Lovebird Mabung, Lovebird moulting, Lovebird Ngurak, Merawat Lovebird Mabung, Gambar Lovebird Mabung

Kita tahu salah satu kewajiban bagi para kicau mania  adalah  untuk merawat burung kesayangannya agar tetap dapat menampilkan performa yang menarik. Beberapa perawatan lovebird yang perlu diperhatikan oleh para pecinta kicau mania antara lain perawatan harian, perawatan over birahi, dan juga tidak kalah pentingnya merawat lovebird mabung.

Mengenal Istilah Mabung :

Sebelumnya perlu diketahui dahulu bahwa mabung, moulting, ngurak atau mbodol adalah suatu proses alami yang lazim terjadi pada burung dan unggas. Nah proses mabung sendiri adalah proses dimana bulu – bulu burung yang lama semuanya akan berganti menjadi bulu – bulu yang baru. Pada saat proses mabung tersebut adalah saat – saat dimana burung mengalami kondisi yang paling  lemah maka dari itu sangat diperlukan merawat lovebird mabung yang benar saat si burung sedang berada dalam proses mabung ini.

Berapa Lama Lovebird Mabung ?

Pertanyaannya adalah berapa lama masa proses mabung ini terjadi pada burung kesayangan kita ini?. Sebenarnya berapa waktu lamanya mabung lovebird ini berbeda – beda antara burung yang satu dengan yang lain. Kondisi si burung akan sangat berpengaruh pada lamnya waktu proses mabung yang kan dialmai oleh burung tersebut.

Rata – rata proses mabung ini dapat berjalan selama 2 bulan sampai 5 bulan, bahkan mungkin bisa lebih dari itu kalau terjadi kesalahan dalam perawtan burung saat proses mabung ini.

Umur Berapa Lovebird Mabung Pertama Kali ?

Biasanya sering menjadi kekhawatiran para kicau mania dengan mabung pertama kali pada lovebird ini. Nah mabung pertama kali pada lovebird ini biasanya terjadi pada usia sekitar 4 – 7 bulan.

Perbedaan Lovebird Mabung Dan Nyulam

Dalam proses mabung ini pun dapat berbeda – beda tipenya. Ada burung  yang mengalami mabung sebagian ( biasa ) yang sering disebut nyulam, ada juga yang seluruhnya atau total. Keadaan burung akan sangat berpengaruh dalam kondisi ini ( mabung sebagian atau total ), terutama adalah keadaan hormonal si burung tersebut.

Oleh karena itu sangat perlu diperhatikan dalam hal merawat lovebird mabung. Jika terjadi kesalahan dalam merawat lovebird mabung, maka akan mengakibatkan si burung mengalami  ketidaktuntasan dalam proses mabungnya, sehingga menyebabkan proses mabung ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan dapat berpengaruh pada suara.

Nah, disini kita akan membahas beberapa rangkuman tips yang bisa dilakukan para kicau mania semua dalam merawat lovebird mabung agar tidak terjadi kesalahan dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada burung lovebird kesayangan kita ini.

Ciri – Ciri Lovebird Mabung :

  1. Pada bagian bulu lovebird akan tampak kusam dan kurang rapi.
  2. Kalau dilihat dari fisik, bulu lovebird akan tampak rontok dengan sendirinya secara berkala atau bertahap.
  3. Pada bagian ekor akan tampak tidak teratur atau acak-acakan.
  4. Burung menjadi tidak gacor atau malas bunyi.
  5. Kondisi fisik lemas.
  6. Ketika lovebird mabung anda trek,  maka hasilnya kurang maksimal bahkan juga tidak keluar durasinya.

Dalam proses mabung ini biasanya burung akan memiliki ciri – ciri atau tanda – tanda tertentu yang dapat kita lihat. Tanda-tanda lovebird mabung tersebut antara lain terdapat bulu – bulu halus yang berjatuhan di bawah kandang, burung akan menjadi lebih banyak diam, dan juga bulu – bulu akan terlihat mulai kusam dan bercabang ( nyerit ).

Cara-Cara Merawat Lovebird Mabung :

  1. Anda bisa memisahkan lovebird yang sedang mabung dari burung lainnya. Hal ini dapat membantu proses kerontokan bulu pada lovebird (ngurak).
  2. Menempatkan lovebird ditempat yang sepi dan tenang. Maka saat lovebird ada mabung bisa mungkin hindarkan dari keramaian, tempatkan burung di tempat yang tenang dan sepi.
  3. Lakukan full kerodong kalau perlu dengan kerodong yang berlapis – lapis. Tetapi harus tetap diangin – anginkan juga sesekali supaya burung tetap segar dan tidak stress. Hal ini akan membantu proses perontokan bulu burung (ngurak) dan menjaga suhu tubuh burung.
  4. Jangan pernah sekali – sekali memandikan lovebird yang sedang berada dalam proses mabung ini. Hal ini akan menghambat dan memperlambat proses rontoknya bulu burung yang akan mengakibatkan bulu burung menjadi alot dan sulit rontok. Anda bisa memandikan burung lovebird kesayangan anda ini saat mulai tumbuh bulu – bulu jarum, hal itu akan menjadi lebih baik bagi kesehatan burung lovebird kesayangan anda.
  5. Sebaiknya juga jangan menjemur lovebird saat burung tersebut dalam proses ngurak. Hal ini supaya proses perontokan bulu burung sempurna. Akan lebih baik jika anda menjemur burung pada saat bulu – bulu jarum sudah mulai terlihat tumbuh.
  6. Saat proses perontokan bulu burung ini sudah terlihat hampir selesai maka anda dapat memberikan EF (Extra Food) yang lebih banyak dari biasanya. Extra fooding lovebird tersebut antara lain seperti kangkung, jagung, dan juga kuaci yang dpata anda berikan secara bergantian.
  7. Berilah tulang sotong yang berguna untuk membantu pembentukan dan mempercepat bakalan bulu baru.
  8. Berilah vitamin yang cukup. Vitamin dapat membatu lovebird anda cepat menuntaskan proses mabungnya. Selain itu pemberian vitamin pada lovebird saat proses mabung akan sangat baik dalam menjaga kesehatannya.
  9. Untuk lovebird lapangan atau lomba, kami sarankan untuk memaster burung anda saat kondisi mabung.
  10. Rajinlah untuk membersihkan sangkar. Kita tahu jika burung di full krodong dengan kondisi sangkar yang kotor maka dapat menyebabkan penyakit dan mengakibatkan burung mati.
  11. Perbanyak waktu istirahat untuk lovebird mabung sampai bulunya tumbuh baru.

Baca Juga: 9 Jenis Lovebird, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Itulah pembahasan tentang merawat lovebird mabung, lakukan perawatan tersebut sampai benar – benar selesai proses mabungnya. Kita bertemu lagi di pembahasan – pembahasan lovebird lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here