Melatih Mental Lovebird, Lovebird Konslet, Lovebird Juara Nasional

6 Cara Melatih Mental Lovebird Harian dan Lomba

Kicauburung.id – Banyak cara yang dilakukan oleh kicau mania untuk melatih mental lovebird paud dan dewasa agar sering juara saat lomba atau digantangkan. Burung lovebird yang jarang sekali dilatih mentalnya maka akan sulit untuk bermental jawara. Lovebird yang sering kali dilatih mental secara rutin tidak akan takut dan malu berkicau dalam situasi apapun. Contohnya saja ketika digantangkan, lovebird yang sudah memiliki mental maka akan mengeluarkan kemampuan berkicaunya “Ngekek” secara maksimal dan berdurasi panjang.

Melatih Mental Lovebird, Lovebird Konslet, Lovebird Juara Nasional

Kita tahu bahwa ketenaran burung lovebird yang membludak pada waktu – waktu akhir ini memang menjadi fenomena yang menghebohkan di masyarakat. Banyak orang yang mulai tertarik untuk memelihara jenis lovebird karena banyak sekali diadakan lomba  lomba dimana – mana. Mereka sering melombakan jenis burung ini baik dari penampilan fisiknya dan suara kicaunnya.

Tidak terpungkiri bahwa dibalik ketenaran dan pesona burung lovebird ini, juga membutuhkan perawatan ekstra yang tidak mudah agar burung tersebut dapat menampilkan performa yang sempurna saat mengikuti lomba atau kontes – kontes. Terutama melatih mental lovebird.

Pada dasarnya memang burung lovebird ini adalah termasuk burung yang jinak, juga burung ini tidak mudah takut pada suasana bising dan juga sangat friendly terhadap manusia. Namun perlu diketahui juga bahwa melatih mental lovebird ini adalah hal yang tidak mudah.

Kondisi mental burung akan sangat berpengaruh ketika mengikuti lomba dan dihadapkan dengan burung – burung peserta lain. Jika kita tidak pernah melatih mental lovebird kita, maka mentalnya lemah dan tidak bisa bersaing dengan lovebird lainnya.

Biasanya lovebird yang masih memiliki mental yang lemah akan memiliki ciri – ciri antara lain tampak bulu – bulu disekitar leher mengempis, tidak mengembang seperti lovebird umumnya, burung hanya diam jarang mengeluarkan bunyi atu mungkin bahkan sama sekali tidak berkicau, dan juga burung nampak gelisah dan takut pada keramaian atau saat dihadapkan dengan burung lainnya yang bermnatal baik.

Umumnya para lovebird mania ini dalam melatih mental lovebird dilakukan sejak usia dini si lovebird tersebut. Cara yang apat dilakukan antara lain mengajak jalan – jalan dan dihadapkan dengan burung lain yang mempunyai mental baik, pemberian vitamin, perawatan harian yang benar, dan juga pembrian extra food. Cara – cara tersebut apabila dilakukan secara rutin akan menjadikan lovebird anda terbentuk dan memiliki mental yang baik dan siap dalam mengikuti kontes – kontes atau lomba – lomba.

Untuk itu disini kita akan membahas tentang cara melatih mental lovebird agar siap dalam mengikuti kontes – kontes atau lomba – lomba.

Cara – Cara Melatih Mental Lovebird Harian dan Lomba :

1. Ajak Lovebird Jalan – Jalan

Mengajak jalan – jalan adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melatih mental lovebird. Karena dengan kita ajak jalan – jalan, sering berada dalam keramaian, dan juga suasana bising dari kendaraan yang berlalu lalang aakan menjadikan lovebird menjadi terbiasa dalam suasana tersebut. Selain itu seringnya si burung melihat burung sejenis akan menjadikan lovebird menjadi memiliki mental yang kuat.

Saat anda berkunjung ke rumah saudara atau teman yang memiliki lovebird anda bisa bawa lovebird anda dan gantangkan bersama – sama dengan lovebird milik teman anda atau saudara anda tersebut.

Anda juga bisa membawa lovebird kesayangan anda ke lomba – lomba yang ada. Tidak perlu diikutsertakan dulu untuk menjadi peserta, namun hanya digantang saja dan biarkan lovebird anda berhadapan dengan lovebird – lovebird lainnya. Hal itu akan sangat membantu pembentukan mental lovebird anda dan agar lovebird anda terbiasa dalam keramaian dan tidak takut terhadap situasi ramai.

2. Hadapkan Dengan Lovebid Lain

Cara ini diyakaini sebagai cara yang ampuh untuk melatih mental lovebird. Karena dengan cara ini lovebird kesayangan anda akan lebih cepat terbentuk mentalnya dan mempunyai mental yang baik.

Gantangkan burung lovebird anda, sandingkan dengan burung lovebird yang memiliki mental baik atau sandingkan dengan burung jenis lain yang penting burung tersebut mempunyai mental yang baik. Pemasteran dengan cara ini akan membuat lovebird anda lebih cepat mempunayi skill dan percaya diri shingga tidak minder dengan burung – burung lain untuk show off memamerkan kemampuan yang dimilikinya.

3. Pelajari Karakter Lovebird dan Moodnya

Sebagai makhluk hidup, sama seperti manusia burung juga memiliki karakter yang berbeda – beda dan juga mood yang berbeda juga setiap waktunya. Untuk itu alam melatih mental lovebird, anda perlu mempelajari karakter burung lovebird anda. Dengan merawat setiap hari, memandikan, memberi makan dan sebagainya maka anda dapat memahami karakter burung lovebird anda.

Mood lovebird juga perlu diperhatikan terutama apabila akan diikutsertakan dalam lomba, jangan sampai mood burung sedang jelek sehingga dia tidak dapat menampilkan performa yang sempurna.

4. Sering Lakukan Penggantian Sangkar

Sering melakukan pergantian sangkar bertujuan agar lovebird terbiasa dengan suasana baru dan tidak mudah down mentalnya saat berpindah sangkar.

Kita tahu sekarang banyak sekali perlombaan burung yang mewajibkan menakai sangkar khusus atau merek tertentu.

5. Pemberian Vitamin

Dengan pemberian vitamin maka kondisi lovebird anda akan menjadi tambah prima dan dapat memaksimalkan performa.

6. Pola Perawatan Yang Bagus

Perawatan lovebird yang bagus dan baik akan sangat berpengaruh terhadap mentalnya. Usahakan mandi, jemur dan berilah waktu istirahat yang cukup. Itulah kunci sebenarnya melatih lovebird bermental juara.

Baca Juga : 9 Cara Perawatan Lovebird Menjelang Lomba agar Juara

Itulah beberapa pembahasan melatih mental lovebird agar lovebird anda memiliki mental yang baik. Semoga artikel tentang lovebird ini akan bermanfaat. Anda juga dapat membaca tips lovebird lainnya.

Loading...
Merawat Lovebird Paud, Merawat Lovebird Balibu, Lovebird Paud, Lovebird Balibu

11 Cara Merawat Lovebird Paud Harian dan Lomba

Lovebird Mabung, Lovebird moulting, Lovebird Ngurak, Merawat Lovebird Mabung, Gambar Lovebird Mabung

11 Cara Merawat Lovebird Mabung Agar Cepat Tuntas Beserta Cirinya