Merawat Lovebird Lomba, Setingan Lovebird Lomba, Cara Merawat Lovebird Lomba

5 Cara Merawat Lovebird Lomba Yang Benar Agar Juara

Kicauburung.id – Kontes atau perlombaan yang diadakan para pecinta burung khususnya lovebird sangat diminati banyak orang. Ada yang hanya sekedar melihat kontes, ada juga yang mengikutinya. Untuk pecinta burung yang memiliki ciri khas ngekek ini mempunyai cara-cara sendiri dalam merawat lovebird lomba agar juara.

Merawat Lovebird Lomba, Setingan Lovebird Lomba, Cara Merawat Lovebird Lomba

Untuk dapat mengikuti lomba kita harus bisa merawat lovebird untuk lomba, karena untuk dapat mengikuti lomba bukan hanya sekedar merawat atau memelihara saja, namun untuk lovebird yang diikut sertakan harus dipersiapkan baik-baik sebelum mengikuti sebuah perlombaan.

Cara merawat lovebird lomba dengan merawat lovebird harian tentunya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Dalam merawat lovebird yang nantinya akan diikut sertakan dalam lomba, memerlukan ketelatenan. Ketika menjelang perlombaan burung biasanya mendapatkan perlakuan khusus dari pemiliknya.

Cara-Cara Merawat Lovebird Lomba Agar Juara :

1. Melatih Mental Lovebird

Sebelum mengikuti perlombaan, alangkah baiknya kita memperhatikan mental dari lovebird kita. Mental menjadi salah satu faktor yang terpenting dalam perlombaan, karena jika lovebird tidak memiliki mental yang baik maka penampilan lovebird pada saat lomba akan tidak maksimal.

Lovebird yang tidak memiliki mental yang bagus dapat dilihat dari bulu di sekitar leher yang terkesan mengempis atau tidak mengembang. Selain itu lovebird yang tidak bermental baik biasanya ketika di tempatkan di tempat yang ramai akan terlihat liar dan ketakutan.

Seekor lovebird dapat dilatih untuk meningkatkan mental, yaitu dengan cara membawa burung ke tempat yang terbuka atau di lapangan. Cara ini agar lovebird beradaptasi dengan suasana perlombaan dan terbiasa dengan suasana yang ramai seperti pada saat perlombaan.

2. Mengatur Pola Makan

Beri lovebird makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi seperti biji-bijian dan sayuran segar. Jika kesulitan dalam mendapatkan makanan tersebut, kita bisa memberikan produk makanan yang dijual di pasar burung seperti Ebod Jaya.

Produk makanan lovebird ini terbuat dari biji-bijian segar yang berkualitas dan diproses secara higienis. Tidak hanya itu, makanan ini juga dilengkapi sayuran dan buah yang telah dikeringkan.Dengan begitu dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh lovebird.

3. Mangurangi Proses Penjemuran

Berbeda dengan proses merawat lovebird harian, dalam merawat lovebird lomba tidak disarankan untuk menjemur lovebird terlalu lama dan terlalu sering. Biasanya lovebird dijemur hingga 1 jam bahkan lebih, namun saat menjelang perlombaan lebih baik jika lovebird dijemur tidak terlalu lama, cukup 15 menit saja.

4. Berhenti Melatih lovebird

Ketika sudah mendekati hari perlombaan sekitar 3 hari sebelumnya, kita harus berhenti melatih lovebird. Pada masa ini tempatkan lovebird di ruangan khusus yang bebas dari suara burung lovebird / burung lainnya. Pastikan juga tempat yang digunakan memiliki sirkulasi udara yang cukup, karena jika tidak ada sirkulasi udara justru akan membuat burung stres dan mudah lemas.

5. Proses Pengerodongan

Proses pengkerodongan dilakukan supaya lovebird dapat mengeluarkan suara/gacor secara maksimal ketika perlombaan. Selain itu pengkerodongan juga membuat lovebird tidak stres. Proses ini dilakukan sehari sebelum perlombaan dan tidak boleh di buka sampai perlombaan dimulai.

Jangan lupa setelah dibuka berikan makanan segar untuk si burung agar tidak kelaparan ketika perlombaan berlangsung dan juga supaya burung lebih bertenaga.

Kesimpulan

Setiap pemilik lovebird memiliki cara untuk merawat lovebird lomba, namun yang mutlak dilakukan oleh mereka adalah cara-cara yang sudah dijelaskan diatas. Perawatan yang dilakukan hampir sama dengan perawatan harian, namun ketika menjelang perlombaan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Seperti halnya pemberian makanan dan vitamin, proses penjemuran, proses pelatihan mental,dan lainnya.

Begitulah cara merawat lovebird lomba yang benar agar menang dalam perlombaan. Sebenarnya tidak susah jika kita sudah terbiasa melakukannya, namun jika kita belum pernah mengikuti perlombaan memang belum memahami.

Baca Juga: 9 Jenis Lovebird, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Jika kita sering mengikuti perlombaan maka kita akan terus belajar dari setiap perlombaan yang diikuti. Kita juga bisa belajar dari teman / peserta lain yang mengikuti perlombaan tersebut, agar kita tahu bagaimana cara merawat lovebird lomba yang baik.

Loading...
perawatan lovebird muda, cara merawat lovebird biar cepat gacor, cara merawat lovebird buat lomba, cara merawat lovebird biar cepat ngekek panjang, pakan lovebird terbaik, cara merawat lovebird anakan, agar lovebird rajin ngekek, ramuan lovebird ngekek panjang

7 Tips Merawat Lovebird Harian Supaya Ngekek Panjang

Merawat Lovebird Paud, Merawat Lovebird Balibu, Lovebird Paud, Lovebird Balibu

11 Cara Merawat Lovebird Paud Harian dan Lomba