Merawat Lovebird Paud, Merawat Lovebird Balibu, Lovebird Paud, Lovebird Balibu

11 Cara Merawat Lovebird Paud Harian dan Lomba

kicauburung.id – Memiliki lovebird yang mempunyai kualitas suara yang bagus dibutuhkan proses yang panjang untuk mendapatkannya. Untuk dapat memilikinya alangkah baiknya jika kita mulai memeliharanya sejak usia muda atau sejak masih paud. Dengan begitu kita punya kesempatan yang panjang untuk melatih lovebird tersebut. Merawat lovebird paud atau balibu supaya ngekek panjang bukan merupakan perkara yang mudah. Banyak sekali orang yang ingin memiliki lovebird paud bisa ngekek panjang dan berprestasi. Kunci dalam merawat lovebird paud yaitu konsisten dan telaten.

Merawat Lovebird Paud, Merawat Lovebird Balibu, Lovebird Paud, Lovebird Balibu

Lovebird paud atau Istilah lainya adalah balibu ( umur masih di bawah 5 bulan ) biasanya memiliki warna paruh dan warna bulu yang masih terlihat kusam. Sedangkan untuk lovebird yang sudah mulai dewasa akan memiliki warna yang lebih tegas atau cerah.

Lovebird mulai belajar bunyi saat berusia 1,5 – 2 bulan. Pada saat itu burung akan belajar bunyi secara naluriah dan tidak perlu dilatih. Yang perlu kita lakukan adalah belajar merawat lovebird paud tersebut agar ketika dewasa bisa diikut sertakan dalam perlombaan. Namun anda perlu jeli ketika membeli atau memilih lovebird paud untuk dilatih agar ngekek panjang.

Cara Merawat Lovebird Paud Harian :

  1. Setiap pagi mandikan lovebird paud dengan cara disemprot atau dengan cara di cepuk. Jangan lupa bersihkan kandang dahulu dari sisa sisa makanan dan kotoran sebelum kita memandikan lovebird. Mandikan burung setiap hari agar lovebird mudah jinak.
  2. Setelah kita memandikan lovebird, langkah selanjutnya adalah menjemur lovebird kurang lebih 1 jam sampai bulu benar-benar mengering.
  3. Angin-anginkan burung di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, bisa di teras rumah maupun di di bawah pohon.
  4. Beri makanan tambahan seperti jagung atau sayuran.
  5. Pada saat siang hari atau menjelang sore kita bisa melakukan pemasteran dengan cara mendekatkan dengan lovebird lain atau dengan menggunakan rekaman suara suara burung.
  6. Pada sore hari lakukan pengkerodongan hingga pagi hari.

Cara Merawat Lovebird Paud Lomba :

Selain rutinitas yang sudah dijelaskan diatas , untuk mengikuti sebuah lomba lovebird yang masih muda perlu dipersiapkan agar bisa diikutsertakan dalam perlombaan. Berikut ini beberapa tips tambahan yang perlu kamu lakukan :

1. Melatih Mental Loverbird Paud

  • Proses pemandian lovebird. Dalam memandikan lovebird kita bisa memegang langsung dan memandikannya dengan air dan ada juga yang memandikan dengan sampo. Hal ini ditujukan agar lovebird mudah jinak dan terbiasa berinteraksi dengan manusia.
  • Proses penjemuran. Ketika menjemur lovebird tempatkan di bawah lantai / tanah dan di tempat yang sering dilalui orang sehingga burung akan terbiasa dengan keberadaan orang.
  • Proses penyimpanan. Untuk melatih mental burung lovebird alangkah baiknya menyimpan lovebird ditempat yang ramai atau di tempat dimana kita sering beraktivitas. Cara ini dinilai efektif dalam melatih mental lovebird.

2. Pemberian Makanan Lovebird Paud

  • Pemberian makanan untuk harian dan untuk lomba tidaklah berbeda. Makanan pokok untuk lovebird paud yang bagus adalah milet putih.
  • Pemberian makanan tambahan (EF) seperti jagung dengan menyesuaikan menurut  jenis lovebird tersebut. Untuk jenis paruh merah bisa dilakukan 2 minggu sekali, sedangkan untuk lovebird dengan paruh putih dilakukan seminggu sekali.
  • Buah juga bisa diberikan sebagi makanan tambahan. Seperti apel bisa diberikan seminggu sekali.

3. Penjemuran Lovebird Paud

Proses penjemuran yang baik adalah ketika pagi hari disaat sinar matahari sudah hangat namun tidak terlalu panas. Biasanya jam 9 pagi kamu bisa menjemurnya.

Proses penjemuran yang baik dilakukan ketika burung tidak sedang dalam posisi basah karena dimandikan, tetapi berikan jeda waktu antara proses memandikan dengan proses penjemuran. Hal ini dianggap berpotensi merusak bulu dari lovebird itu sendiri.

4. Pemasteran Lovebird Paud

Proses pemasteran lovebird adalah proses penting yang harus dilakukan untuk paud jika nantinya akan diikutsertakan dalam perlombaan. Untuk melatih atau memaster dapat dilakukan dengan menggunakan suara masteran yang tepat, karena suara yang dipakai untuk memaster akan sangat menentukan hasil suara dan panjang ngekek lovebird kita.

5. Melatih Nafas Lovebird Paud

Melatih dan merawat lovebird paud biasanya dilakukan dengan cara umbaran, namun untuk lovebird balibu tidak perlu menggunakan kandang umbaran. Untuk lovebird paud bisa memberikan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan burung dalam menjaga kondisi fisik dan kekuatan nafasnya.

Begitulah tips merawat lovebird paud yang bisa kita coba lakukan sendiri. Setelah berumur 6 bulan, biasanya lovebird sudah mampu menyuarakan suara master yang sudah kita latih sebelumnya.

Setelah lovebird sudah bisa bersuara seperti masternya, kini sudah saatnya lovebird untuk belajar mengikuti sebuah kontes atau perlombaan. Semakin sering mengikuti lomba mental lovebird akan semakin meningkat dan biasanya kemampuan suaranya juga akan meningkat. Jangan lupa untuk membaca tips lovebird lainnya.

Loading...
Merawat Lovebird Lomba, Setingan Lovebird Lomba, Cara Merawat Lovebird Lomba

5 Cara Merawat Lovebird Lomba Yang Benar Agar Juara

Melatih Mental Lovebird, Lovebird Konslet, Lovebird Juara Nasional

6 Cara Melatih Mental Lovebird Harian dan Lomba