perawatan lovebird muda, cara merawat lovebird biar cepat gacor, cara merawat lovebird buat lomba, cara merawat lovebird biar cepat ngekek panjang, pakan lovebird terbaik, cara merawat lovebird anakan, agar lovebird rajin ngekek, ramuan lovebird ngekek panjang

7 Tips Merawat Lovebird Harian Supaya Ngekek Panjang

kicauburung.id – Lovebird adalah jenis burung paruh bengkok yang memiliki tampilan fisik menarik dan diminati banyak orang. Selain memiliki fisik yang bagus, lovebird juga memilik suara yang cukup unik yaitu ngekek panjang. Pola merawat lovebird harian pun juga mudah dan gampang, asalkan kita harus teliti. Ketelitian dalam merawat lovebird harian akan berdampak pada mental serta durasi panjang ngekeknya.

perawatan lovebird muda, cara merawat lovebird biar cepat gacor, cara merawat lovebird buat lomba, cara merawat lovebird biar cepat ngekek panjang, pakan lovebird terbaik, cara merawat lovebird anakan, agar lovebird rajin ngekek, ramuan lovebird ngekek panjang, Merawat Lovebird Harian

Saat ini lovebird dipelihara oleh peternak maupun penghobi burung di semua kalangan. Banyak diantara mereka yang belum mengetahui bagaimana cara merawat lovebird harian agar lovebird bisa ngekek panjang. Jika kita mempunyai lovebird yang berdurasi ngekek panjang, maka harga jualnya pun juga tinggi.

Untuk mengetahui cara merawatnya mari kita pelajari bagaimana cara merawat lovebird harian yang benar agar mempermudah kita dalam merawatnya. Berikut tipsnya :

Cara Merawat Lovebird Harian Supaya Ngekek Panjang :

1. Pengembunan

Proses pengembunan lovebird biasanya dilakukan pada pagi hari sebelum matahari terbit mulai pukul 04.00 pagi. Pada pagi hari gantunglah burung diluar rumah agar mendapat udara segar dan embun. Udara yang segar dipercaya mampu memberikan ketenangan terhadap lovebird sehingga tidak mudah stres.

2. Rajin Memandikan Lovebird

Tips yang kedua adalah rajin memandikan lovebird. Ada beberapa manfaat yang didapatkan jika sekor burung rajin mandi, seperti burung menjadi sehat karena terhindar dari bakteri, burung tampak bersih serta dapat memicu stamina dari burung itu sendiri.

Proses memandikan burung ini bisa kita lakukan setiap pagi dan siang hari. Untuk pagi hari kita bisa memandikan burung pada pukul 07.00-08.00. Setelah dimandikan alangkah baiknya burung dijemur diterik matahari sekitar 15 menit – 1 jam tergantung tingkat panasnya matahari.

Setelah menjemur burung dan sekiranya bulu sudah mengering, lovebird bisa diangin-anginkan di bawah pohon atau di teras rumah yang tidak langsung terkena sinar matahari.

Memandikan burung juga bisa dilakukan pada siang hari, yaitu sekitar jam 12.00-13.000. Prosesna sama dengan yang pagi hari, setelah dimandikan harus dijemur supaya bulu lovebird cepat kering.

3. Memberi Makan Lovebird

Memberi makan adalah hal yang cukup perlu diperhatikan dalam merawat lovebird harian. Keyika memberi makan lovbird tidak boleh asal-asalan, kita harus memperhatikan kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh burung itu sendiri. Makanan lovebird alangkah baiknya diberikan secara bergantian atau bervariasi, seperti buah atau sayuran agar kebutuhan nutrisi burung itu sendiri terpenuhi.

Kita harus tahu makanan tambahan lovebird yang bagus adalah kangkung, kecambah, jagung muda,  atau touge. Makanan tersebut dipercaya mampu meningkatkan birahi lovebird sehingga secara tidak langsung lovebird akan lebih energik.

4. Memberikan Vitamin

Tips merawat lovebird harian yang keempat adalah memberikan vitamin kepada lovebird. Tujuan utama dari pemberian vitamin adalah untuk menjaga kesehatan lovebird kita, serta untuk menunjang perkembangan kemampuan lovebird dalam berkicau.

Dalam memberikan vitamin untuk lovebird, kita tidak boleh memberikannya secara berlebihan. Jika kita memberikan secara berlebihan akan membahayakan bagi lovebird itu sendiri. Vitamin hanya digunakan untuk membantu atau menunjang kesehatan saja, pada dasarnya pemberian makan , menjaga kebersihan itu yang lebih utama.

5. Pembersihan Kandang

Dalam merawat lovebird kita sering lupa hal ini karena terlalu fokus dengan burung itu sendiri. Membersihkan kandang adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan karena jika kita malas membersihkan kandang lovebird akan mudah terkena penyakit.

Pembersihan kandang alangkah baiknya dilakukan setiap hari agar terhindar dari bau dan mencegah timbulnya penyakit. Pembersihan kandang seperti membuang kotoran lovebird, membuang sisa makanan maupun bulu-bulu burung yang sering lepas.

6. Pemasteran

Tips yang keenam ini wajib dilakukan jika lovebird kita ingin cepat gacor dan bisa ngekek panjang. Pemasteran dapat dilakukan dengan burung lovebird lainnya atau dengan suara burung yang sudah direkam dalam bentuk mp3.

Pemasteran burung lovebird dapat dilakukan ketika lovebird masih anakan maupun ketika sudah dewasa. Dalam pemasteran ada yang perlu diperhatikan sperti halnya kondisi lingkungan yang baik adalah lingkungan yang sunyi dan tidak bising karena itu akan mengganggu proses pemasteran.

7. Memberi Kenyamanan

Tidak hanya manusia saja yang butuh kenyamanan, burung juga membutuhkannya. Lovebird sebaikanya ditempatkan di tempat yang aman dari gangguan hewan lain seperti kucing, anjing atau semut yang dapat mengganggu keberlangsungan hidup lovebird.

Ketuju tips merawat lovebird harian diatas harus kita lakukan jika kita serius dalam memelihara lovebird, apalagi jika kita ingin lovebird kita bisa ngekek panjang.

Baca Juga: 9 Jenis Lovebird, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Memang tidak mudah untuk melakukannya, namun jika kita sudah hobi memelihara burung justru proses merawat lovebird harian dapat membuat hati kita senang.

Loading...
Memaster Lovebird Ngekek Panjang

3 Cara Memaster Lovebird Agar Cepat Ngekek Panjang

Merawat Lovebird Lomba, Setingan Lovebird Lomba, Cara Merawat Lovebird Lomba

5 Cara Merawat Lovebird Lomba Yang Benar Agar Juara