Jenis Murai Batu, Macam Murai Batu, Murai Batu Luar Negeri, Murai Batu Indonesia, Murai Batu Nias, Murai Batu Aceh, Murai Batu Kalimantan, Murai Batu Lampung, Murai Batu Borneo, Murai Batu Jawa, Murai Batu Jambi, Murai Batu Malaysia, Murai Batu Thailand, Murai Batu Filipina, Murai Baru Medan

11 Jenis Murai Batu, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Kicauburung.id – Siapa yang tidak mengenal burung Murai Batu? Jenis burung yang satu ini merupakan burung yang populer karena kicauannya yang merdu. Kepopulerannya tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun juga sampai ke mancanegara dan seluruh dunia. Jenis burung murai batu pun bermacam-macam. Mulai dari jenis burung murai batu khas Indonesia dan beberapa negara lainnya seperti  Thailand, Filipina, serta Malaysia.

Jenis Murai Batu, Macam Murai Batu, Murai Batu Luar Negeri, Murai Batu Indonesia, Murai Batu Nias, Murai Batu Aceh, Murai Batu Kalimantan, Murai Batu Lampung, Murai Batu Borneo, Murai Batu Jawa, Murai Batu Jambi, Murai Batu Malaysia, Murai Batu Thailand, Murai Batu Filipina, Murai Baru Medan

Kelebihan burung murai batu yang berasal dari Indonesia dibandingkan dengan negara lainnya yaitu terletak pada kualitas suaranya dengan keunikan tersendiri. Beberapa jenis burung murai batu yang terkenal di Indonesia berasi dari wilayah Sumatera, seperti Batu Nias, Jambi, Lahat, Aceh, Medan, dan juga Lampung. Semua jenis burung murai tersebut mempunyai perbedaan tersendiri yang tidak sama dengan yang lainnya. Anda dapat melihat perbedaannya pada bagian ekor dari burung ini.

Murai Baru, Murai Batu Wallpaper, Gambar Murai batu, Murai Batu Juara, Murai Batu Medan, Murai Batu Nias, Murai Batu Lampung, Murai Batu Aceh, Murai Batu Borneo

Ciri Ciri dan Pola Ekor Burung Murai Batu

Nah, sekarang mari kita membahas lebih lanjut berbagai jenis pola ekor dari burung murai batu yang dapat Anda bedakan dengan mudah. Untuk burung murai batu yang berasal dari daerah Medan, pola warnanya terbagi menjadi dua. Bagian atas untuk warna bulu ekor yang lebih gelap, sedangkan bagian bawah ekor diisi dengan warna bulu ekor yang lebih cerah. Khusus untuk burung murai batu asal Aceh, Malaysia, serta Thailand, pola ekornya mempunyai bentuk lengkungan tersendiri.

Burung murai batu yang paling mudah untuk dibedakan dengan yang lainnya yaitu burung yang berasal dari daerah Nias. Ekornya hanya diisi penuh oleh satu warna saja. Sama halnya untuk jenis burung yang asalnya dari Kalimantan. Untuk jenis burung asal Sinabang, Lasia, dan Lampuyang, Anda akan menemukan sedikit perbedaan warna pada ujung ekornya saja. Keunikan tersendiri dari burung ini juga bisa Anda temukan pada jenis murai batu yang berasal dari Malaysia. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat gambar berbagai jenis pola ekor murai batu berdasarkan daerah asalnya di bawah ini.

Ciri Ciri Ekor Burng Murai Batu, Gambar Ekor Burng Murai Batu Medan, lampung, Nias, Borneo, Aceh

Perbedaan jenis burung murai batu lokal dari Kalimantan, Lampung, Nias, dan juga Medan dapat dilihat dari kenampakannya yang mempunyai ciri khas tersendiri. Kenampakan perbedaan ini dapat Anda temukan pada jumlah bulu pada ekor, warna bulu ekor, bentuk ekor vertical atau horizontal, dan juga panjang ekornya. Ekor terpanjang pada burung murai batu dimiliki oleh murai batu asal Medan yang panjangnya bisa mencapai 27 cm. Sedangkan yang terpendek ada pada burung murai batu asal Nias dan Kalimantan, yaitu sekitar 9 cm. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihat penjelasan gambarnya di bawah ini.

Jenis Murai Batu Dilihat dari Bulu Ekor

Untuk lebih mengenal seperti apa jenis burung murai batu lokal dan mancanegara, mari kita simak penjelasan detail tentang 11 jenis burung murai batu menurut asalnya berikut ini.

Macam Jenis Murai Batu di Dunia Beserta Gambar dan Pejelasannya :

1. Murai Batu Nias

Murai Baru, Murai Batu Wallpaper, Gambar Murai batu, Murai Batu Juara, Murai Batu Medan, Murai Batu Nias, Murai Batu Lampung, Murai Batu Aceh, Murai Batu Borneo

Burung murai batu Nias saat ini sudah tidak bisa lagi ditemukan dengan mudah keberadaannya yang asli. Sama seperti jenis burung murai batu sebelumnya, burung di kawasan Nias ini sebenarnya dipasok dari daerah Simeulue, Sibanang dan daerah lainnya. Habitat alami burung ini yang semakin sedikit ditambah lagi dengan lingkungan yang tidak lagi sehat, membuat kelangkaannya semakin terasa. Apalagi bagi mereka pecinta burung sejati.

Ciri khas dari burung murai batu nias terletak pada ukuran tubuh burung ini yang lebih kecil dan mirip dengan jenis murai batu asal Lampung. Warna bulu ekor dari burung ini hanya memiliki satu warna saja, yaitu hitam. Itulah mengapa burung murai ini juga disebut dengan naman burung blacktail. Ekor hitamnya ini bisa tumbuh dengan panjang sekitar 17 cm sampai dengan 20 cm. Uniknya, suara yang dihasilkannya cukup keras dibandingkan dengan burung lainnya.

Burung murai batu Nias ini juga dapat menirukan suara burung murai jenis lainnya dengan lebih cepat. Maka tak heran jika burung ini juga dikatakan sebagai burung peniru yang handal. Perawatan burung murai batu asal Nias cukup mudah karena burung ini tidak mudah diserang depresi atau stress. Selain itu, adaptasinya yang cepat dengan lingkungan sekitar akan membuat burung ini lebih mudah untuk dilatih dan dikembangkan dengan baik.

2. Murai Batu Medan

Murai Baru, Murai Batu Wallpaper, Gambar Murai batu, Murai Batu Juara, Murai Batu Medan, Murai Batu Nias, Murai Batu Lampung, Murai Batu Aceh, Murai Batu Borneo

Jenis burung murai batu yang berasal dari Medan bukanlah asli dari daerah ini. Burung jenis ini konon berasal dari beberapa daerah lain, seperti Aceh bahkan Semenanjung Malaysia. Sayangnya, tempat tinggal burung ini di Medan hampir tidak tersedia lagi. Para pecinta burung saat ini pun sudah sangat kesulitan untuk mencarinya di kawasan yang biasanya menjadi habitat alaminya, seperti Bohorok, Gunung Leuser, dan juga Bukit Lawang.

Perbedaan yang paling menonjol dari burung murai batu Medan yaitu terletak pada postur tubuhnya. Tubuhnya lebih besar dan lebih tegap. Warna bulunya pun cenderung gelap dan juga mengkilap. Untuk burung murai batu yang masih muda akan mempunyai warna kaki yang lebih merah, sedangkan yang sudah berumur mempunyai kaki dengan warna hitam pekat. Jumlah bulu ekor berwarna putih pada burung ini terhitung 4 dengan garis warna hitam horizontal.

Panjang bulu ekor burung murai batu Medan sekitar 27 sampai dengan 30 cm. Jika burung ini sedang berkicau, ekronya akan berdiri tegak hingga menyentuh bagian kepalanya. Ukuran badan yang cukup besar membuat harga burung ini cukup mahal di pasaran. Ditambah lagi dengan kelangkaan yang melanda burung ini. Sebagai pecinta burung, Anda juga bisa berusaha untuk melestarikan salah satu ciptaan Tuhan yang satu ini.

3. Murai Batu Lampung

Murai Baru, Murai Batu Wallpaper, Gambar Murai batu, Murai Batu Juara, Murai Batu Medan, Murai Batu Nias, Murai Batu Lampung, Murai Batu Aceh, Murai Batu Borneo

Tidak hanya burung murai batu Medan saja yang langka. Kondisi ini juga dialami oleh burung murai batu yang berasal dari Lampung. Faktor utamanya karena banyak habitat alami burung ini yaitu hutan diubah menjadi kawasan tempat tinggal penduduk. Akibatnya, banyak burung murai batu lampung yang harus pindah ke daerah lain demi mencari tempat tinggal. Jadi burung murai batu asal Lampung saat ini bukanlah asli burung yang berasal dari Lampung.

Kebanyakan burung murai batu Lampung yang Anda temukan di daerah Lampung merupakan jenis burung yang dikirim dari daerah Riau, Jambi, dan juga Kota Agung. Jenis burung murai yang satu ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil dengan panjang ekor yang mencapai 12 sampai dengan 18 cm. Warna bulu pada bagian dada burung ini cenderung berwarna orange gelap daripada jenis burung murai yang berasal dari wilayah Kalimantan.

Kelebihan dari burung murai batu Lampun yaitu tingkat mentalnya yang cukup kuat dengan gerakan yang juga gesit serta cepat. Kekurangan burung ini terletak pada suaranya. Untuk suaranya, burung murai ini tidak cocok dinamakan sebagai burung dengan suara yang bagus. Jenis suaranya cenderung sama dan tidak mempunyai banyak variasi. Burung ini hanya akan mengeluarkan suara yang sama berulang-ulang.

4. Murai Batu Borneo / Kalimantan

Murai Baru, Murai Batu Wallpaper, Gambar Murai batu, Murai Batu Juara, Murai Batu Medan, Murai Batu Nias, Murai Batu Lampung, Murai Batu Aceh, Murai Batu Borneo

Jenis burung murai batu Borneo yang berasal dari Kalimantan dibagi lagi menjadi tiga macam. Yang pertama burung murai batu Banjar, yang kedua burung murai batu Palangka, dan yang terakhir burung murai batu Mahkota. Walaupun berasal dari satu daerah yaitu Borneo, ketiga jenis tersebut masih bisa dibedakan dengan mudah berdasarkan kenampakan tubuhnya, warna bulunya, juga panjang ekornya.

Secara umum, burung murai batu borneo mempunyai warna bulu dada yang lebih terang dari bulu di bagian tubuh lainnya. Warna bulu pada bagian dada yang semakin pekat adalah patokan dari tingkat kesehatan mental burung ini ketika dilombakan. Kaki burung cantik ini berwarna hitam dengan sedikit warna merah. Untuk burung yang mempunyai warna kuning pada kakinya merupakan tanda bahwa burung tersebut tidak mempunyai mental yang kuat.

Panjang ekor dari burung murai batu borneo sekitar 10 cm sampai dengan 13 cm. Bentuk kepala bulu ini pada umumnya terlihat kotak, tidak bulat atau lonjong. Keunikan bagian tubuh lainnya terletak pada matanya. Mata burung ini lebih tajam serta terlihat besar dan juga melotot. Jika Anda ingin mempunyai burung muriai batu borneo, pilihlah jenis burung ini dengan paruh yang lebar saat dibuka. Hal ini menandakan bahwa suara burung ini lebih keras dan juga bagus.

5. Murai Batu Aceh

Burung murai batu aceh lebih tepatnya berasal dari daerah Tangse, Lhoong, Keude Bieng, dan juga sekitar Pegunungan Seulawahsabang. Kemiripan burung murai batu yang satu ini bisa Anda lihat dari bentuk ekornya yang ukuran panjangnya mirip dengan burung murai batu Medan. Keunikan yang ada pada burung asal Aceh ini yaitu suaranya yang nyaring dank eras. Bunyinya mirip seperi suara sebuah senapan yang ditembakan ke udara.

Ukuran tubuh dari burung murai batu aceh tidak terlalu besar, bahkan cenderung kecil. Panjang ekor burung ini sekitar 19 cm sampai dengan 30 cm. Selain suaranya yang keras, burung ini juga mempunyai variasi suara yang cukup banyak dan terdengar ngeroll. Jadi jika Anda ingin mempunyai seekor burung unik dnegan suara yang unik pula, burung murai batu Aceh bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda miliki.

6. Murai Batu Lahat

Jenis Murai Batu, Murai Batu Lahat

Kepopuleran burung murai batu asal Batu Lahat tidak kalah terkenal dengan burung murai lainnya. Burung murai batu yang satu ini juga lebih banyak ditemukan di pasaran. Maka tak heran kemungkinan besar para pecinta burung murai akan lebih banyak mempunyai burung dari Batu Lahat ini daripada jenis burung lainnya yang sudah tidak mudah lagi untuk ditemukan. Sekilas, murai batu lahat mirip dengan jenis murai batu asal Nias.

Postur tubuh dari burung murai batu lahat cukup kecil dengan panjang ekor sekitar 18 cm sampai dengan 23 cm. Burung ini memiliki jenis mental yang kuat dan cukup agresif. Keunikan dari burung ini yaitu suaranya yang mempunyai cukup banyak variasi. Dengan suara yang tidak sama tersebut membuat burung ini terdengar tidak membosankan di telinga kita. Mentalnya yang kuat membuat kekuatan suara burung ini juga sangat bagus.

7. Murai Batu Jambi

Murai Batu Jambi, Jenis Murai Batu

Habitat alami burung murai batu Jambi ada di sekitar kawasan dataran yang tinggi dan juga rendah. Perbedaan antara burung murai batu yang hidup di dataran tinggi dan rendah dapat dilihat dari ukuran tubuhnya. Burung murai batu Jambi yang tinggal di kawasan dataran tinggi mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dengan ekor yang panjang dan bentuknya melengkung ke bagian atas tubuh burung.

Burung murai batu jambi yang hidup di dataran rendah mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dengan ekor yang juga tidak panjang. Panjang ekor burung ini tidak mencapai 15 cm. Baik burung murai batu jambi yang ada di dataran tinggi dan rendah, keduanya memiliki mental yang sama kuatnya. Ketangguhan burung ini dalam bertempur dengan kicaunya yang rajin sangat cocok untuk diikut sertakan dalam perlombaan.

8. Murai Batu Jawa / Murai Batu Larwo

Murai Batu Jawa, Larwo, Murai Batu Larwo

Ketenaran dari burung murai batu jawa atau larwo masih kalah dibandingkan dengan burung murai batu dari daerah Medan. Itulah mengapa banyak pecinta burung yang lebih banyak memelihara burung murai batu Medan dibandingkan dengan jenis dari Jawa. Nama Larwo memiliki makna yang cukup unik, yaitu berupa singkatan dari kata Lare Dowo atau dalam bahasa Indonesia berarti bulu panjang. Pemberian nama ini memang didasari oleh ukuran bulu burung ini yang cukup panjang.

Jika burung murai batu lainnya akan menegakkan bulu dadanya ketika berkicau, maka burung murai yang satu ini sangat berbeda. Ciri khas yang menarik dari burung murai batu jawa yaitu tingkahnya saat berkicau membuat beberapa bulu yang ada di kepalanya berdiri. Hal ini membuat burung ini seolah-olah mempunyai jambul di bagian kepalanya. Ukuran tubuhnya tidaklah besar, cenderung lebih kecil dari burung murai batu biasa.

Warna bulu pada bagian perut dari burung murai batu jawa dihiasi oleh garis batas bulu berwarna hitam pekat. Suara burung ini hampir sama dengan burung jenis murai batu lainnya. Karena ukuran tubuhnya yang kecil, ukuran panjang ekornya pun juga kecil. Panjang ekor dari burung ini sekitar 8 sampai dengan 10 cm. Walaupun kecil dan pendek, kualitas suaranya tidak kalah hebar dari burung lainnya.

9. Murai Batu Malaysia

Murai Batu Malaysia

Selain burung murai batu yang berasal dari Indonesia, kita juga perlu mengenal jenis burung ini yang berasal dari negara lainnya. Salah satu burung murai batu yang tidak kalah bagusnya yaitu burung murai batu Malaysia, tepatnya dari Negeri Sembilan. Ketenaran burung ini berasal dari ketangguhannya dan juga sidatnya yang cukup agresif dengan mental yang juga sangat kuat. Hampir semua burung yang berasal dari Kelantan, Selangor, dan Pahang mempunyai ketangguhan yang sama.

Kebanyakan semua jenis burung murai batu Malaysia memiliki panjang ekor yang kurang dari 21 cm. Burung ini merupakan jenis burung murai yang paling sering diikutsertakan dalam lomba. Kualitas suaranya yang istimewa didukung oleh gaya bertarungnya yang keren membuat burung ini menjadi primadona di setiap perlombaan burung yang diikutinya. Anda dapat mengandalkan burung ini untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam menjalankan hobi tentang burung.

10. Murai Batu Thailand

Murai Batu Thailand, Murai Batu Luar Negeri, Jenis Murai

Burung murai batu selanjutnya berasal dari negara Thailand. Perkembangbiakkan burung ini banyak ditemukan di kawasan Thailanda dan Malaysia, tepatnya di kawasan perbatasan. Selain itu, habitat asli dari burung ini adalah kawasan hutan yang masih asri dan belum banyak dijamah oleh manusia. Jenis burung murai Thailand ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil dengan ekor yang sangat panjang. Panjang ekornya bisa mencapai sekitar 34 cm sampai dengan 38 cm.

Bulu burung murai yang satu ini cukup tipis dengan helai bulu yang bisa Anda hitung dengan jari. Burung murai batu Thailand bisa sering Anda temukan dalam perlombaan burung. Mengapa? Hal ini karena burung ini mempunyai jenis mental yang bagus dan kuat. Sifatnya yang agresif membuat burung ini mampu berkicau dengan suara yang keras serta kuat.

11. Murai Batu Filipina

Murai Batu Filipina, Murai Luar Negeri, Jenis Murai Batu

Jenis terakhir dari burung murai batu yang perlu Anda kenal yaitu berasal dari negara Filipina. Burung murai batu yang satu ini lebih sering dipelihara karena kualias kenampakan tubuhnya yang indah. Hal ini disebabkan oleh jenis suara burung ini masih kalah jauh kualitasnya dibandingkan dengan jenis burung murai batu lainnya. Beberapa jenis burung murai ini muncul dengan warna hitam yang pekat dengan sedikit warna cerah pada bagian ekor dan kepalanya.

Bagi Anda pecinta burung dan ingin mengikuti lomba, Anda tidak disarankan untuk menggunakan burung murai batu Filipina ini. Kegunaan burung ini hanya cocok dijadikan pajangan dan keindahan saja karena jenis suara kicauannya tidaklah kuat. Sifat burung ini juga cenderung lebih tenang dan tidak agresif sehingga tidak terlalu pas untuk diikutkan dalam lomba.

Itulah penjelasan detail tentang 11 jenis burung Murai Batu lokal dan mancanegara yang bisa kami infokan kepada Anda. Kami harap info di atas dapat membantu Anda dalam menambah pengetahuan Anda tentang berbagai jenis burung unik yang ada di berbagai belahan dunia. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *