5 Cara Memaster Murai Batu Paling Ampuh dan Efektif

Kicauburung – Memaster Murai Batu tidaklah susah begitu juga mudah. Bagi anda yang hobi menggantang Murai Batu, maka pasti suara dan isian merupakan hal yang utama. Burung Murai Batu akan menghasikan suara yang lantang dan indah jika kita memasternya dengan benar.

pemasteran murai batu

Cara memaster Murai Batu yang paling efektif dapat dilakukan dengan menggunakan suara isian dari burung lain. Cara pemasteran ini pun juga sudah dibuktikan oleh para pecinta burung kicau yang akhirnya mendapatkan burung dengan kualitas yang bagus setelah mengaplikasikan teknik pemasteran tersebut. Lalu apakah kita harus mempunyai dan memilik burung kicau lain untuk memaster burung Murai Batu kesayangan kita? Tenang saja, karena zaman sekarang ini adalah zaman yang modern dan canggih maka kita tidak dituntut untuk menghadirkan burung secara langsung karena kita dapat dengan mudah melakukan pemasteran menggunakan kaset CD supaya lebih efisien dan praktis. Ada juga dapat memaster Murai Batu dengan menggunakan MP3.

Memaster Murai Batu

Nah untuk jenis suara isian yang bagus untuk Murai Batu antara lain yaitu  Lovebird,  Cililin, Kenari, Pelatuk,  Cucak jenggot. Ada beberapa suara isian wajib ada, abu-abu atau dan tidak boleh ada untuk memaster burung Murai Batu.

Kategori Suara Yang Wajib Ada Untuk Isian Murai Batu :

  1. Lovebird
  2. Kenari
  3. Cililin
  4. Pelatuk
  5. Cucak Jenggot

Untuk kategori suara yang wajib untuk isian burung Murai Batu, ada sebaiknya pilih salah satu saja. Dengan asumsi atau anggapan suaranya panjang, bukan suara awalan atau angkatan suara burung tersebut.

Kategori Suara Abu-Abu Untuk Isian Murai Batu :

  1. Serindit
  2. Gereja Tarung
  3. Tengkek
  4. Elang
  5. Parkit

Kategori suara Abu-Abu ini adalah suara isian yang bisa berdapak baik dan juga berdampak buruk ketika di bawakan oleh Murai Batu.

Kategori Suara Yang Tidak Boleh Ada Untuk Isian Murai Batu :

  1. Prenjak
  2. Jalak Suren
  3. Jalak Kebo
  4. Cucak Rowo
  5. Anis Kembang
  6. Ciblek
  7. Anis Merah
  8. Kutilang
  9. Cucak Ijo
  10. Trucukan
  11. Blackthroat
  12. Betet
  13. Beo
  14. Anjing
  15. Kucing

Mengapa suara diatas tidak boleh untuk Murai Batu, karena suaranya patah patah dan sangat sulit untuk di tirukan.

Untuk proses memaster Murai Batu agar cepat masuk, efektif dan efisien. Maka ada harus memperhatikan 3 faktor penunjang saat proses pemasteran. 3 faktor tersebut antara lain :

  1. Mengkondisikan dan Mempersiapkan di Lingkungan yang Tenang
  2. Waktu Pemasteran
  3. Kesehatan Burung

Jika tiga hal tersebut sudah dapat dikondisikan dan persiapkan dengan baik, maka anda dapat melakukan permasteran Murai Batu anda.

Murai Baru, Murai Batu Wallpaper, Gambar Murai batu, Murai Batu Juara, Murai

Nah untuk soal cara memaster Murai Batu yang baik agar isisan burung lain bisa masuk, maka simak cara di bawah ini.

  1. Jika sumber atau asal suara yang digunakan dalam teknik memaster adalah dari CD atau pun mp3 handphone, maka sebaiknya usahakan untuk menyediakan audio/mp3 dengan kualitas yang bagus. Hal ini bertujuan agar burung dapat merekam suara yang jernih dengan tepat. Kelebihan dari teknik ini adalah hematnya tempat dan juga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal.
  2. Selain menggunakan CD atau mp3 anda juga bisa melakukan teknik pemasteran Murai Batu dengan cara menghadirkan burung kicau asli secara langsung. Isian yang bagus untuk murai batu yaitu burung Kenari, Lovebird, Cucak Jenggot dan Cililin. Keunggulan yang kita peroleh dari teknik pemasteran ini yaitu hasil dan kualitas suara yang lebih bagus dibandingkan dengan teknik memaster Murai batu dengan menggunakan mp3. mengapa bisa demikian? Karena akan berdampak juga pada isisan buurng Murai batu anda. Yang harus dicermati yaitu anda harus memilih burung yang gacor agar teknik pemasteran berjalan dengan lancar dan maksimal.
  3. Untuk waktu atau jam pemasteran Murai Batu dapat anda lakukan baik di siang hari, sore hari malam hari atau bahkan pagi hari. Anda bisa menstimulasi burung Murai Batu anda dengan memperdengarkan suara kicau burung beberapa kali dalam sehari.
  4. Idealnya dalam teknik memaster burung Murai batu harus disediakan lingkungan yang nyaman dan kondusif. Mengapa harus kondusif? karena agar burung Murai Batu bisa berkonsentrasi saat dimaster. Anda bisa menggunakan kerodong atau di sekat agar tidak saling melihat.
  5. Bagi anda yang menggunakan teknik pemasteran dengan cara mp3 anda bisa menggunakan volume kecil saja sehingga terdengar sayup-sayup. Akan tetapi jika anda yang menggunakan suara burung asli, maka sebaiknya anda menempatkan burung tersebut dengan jarak yang berjauhan. Karena bisa saja burung Murai Batu menjadi liar saat bertemu dengan lawan sejenisnya.

Itulah beberapa langkah yang dapat anda lakukan sebagai cara memaster burung Murai Batu yang benar. Berhasil atau tidaknya teknik pemasteran Murai Batu yang anda gunakan tergantung pada tingkat kesabaran anda dan juga faktor genetika yang dibawa burung sedari lahir.