2 Pakan Pengganti Kroto Untuk Murai Batu Agar Sehat

Kicauburung.id – Makanan atau pakan pengganti kroto untuk burung Murai Batu agar sehat. Sebenarnya selain untuk Murai Batu, pakan pengganti Kroto ini juga bisa digunakan untuk Kacer, Pleci dan Ciblek. Kroto mengandung gizi serta protein yang sangat dibutuhkan oleh burung jenis karnivora misalnya burung yang didapatkan dari hasil tangkapan dan belum makan voer.

Di era metropolis seperti sekarang ini sangat sulit sekali dijumpai kroto (telur semut) karena banyak sekali pohon-pohon di kota-kota yang ditebang begitu saja demi ajang pembangunan. Meskipun kita dapat membeli kroto di toko atau pasar unggas namun harga yang dipatok juga tidak murah. Kita harus merogoh kocek agak besar demi mendapatkan pakan burung tersebut. Kesulitan mendapatkan pakan berupa kroto ini menjadikan kami tergugah untuk memberikan informasi menarik mengenai makanan yang dapat anda jadikan sebagai pengganti kroto untuk burung murai batu kesayangan anda.

Pakan-Pakan Pengganti Kroto Untuk Murai Batu Agar Sehat

Pakan Pengganti Kroto Murai Batu

1. Jangkrik Full Tahu

Jangkrik full tahu dapat anda jadikan asupan gizi yang tinggi bagi murai batu anda. Kita tahu bahwa jangkrik memang merupakan menu pakan wajib yang harus diberikan kepada burung murai. Namun kita tidak boleh serta merta memberikan jangkrik tersebut dalam keadaan perut kosong karena hal itu tidak akan memberikan asupan gizi yang tinggi pada sang burung. Untuk itu kita bisa memberikan pakan jangkrik yang sudah kita beri tahu sebelumnya sehingga jangkrik yang kita berikan selain membuat murai kenyang juga memberikan nutrisi tinggi yang bagus bagi kesehatan murai.

2. Egg food

Egg food ini berupaka makanan pengganti kroto yang terbuat dari telur, minyak ikan dan susu bubuk.

Cara untuk membuat egg food yang sehat :

  1. Pertama-tama persiapkan telur ayam, telur bebek, atau bisa juga telur puyuh untuk direbus. Jika telur sudah matang selanjutnya kupas kulitnya dan ambillah bagian kuning telurnya saja.
  2. Taruh kuning telur ke dalam sebuah wadah atau mangkok untuk kemudian ditumbuk hingga halus dan merata menggunakan sendok.
  3. Jika anda memilih menggunakan telur ayam atau telur bebek maka anda bisa menambahkan 1 ½ sendok teh susu bubuk ke dalam kuning telur, namun jika anda menggunakan telur puyuh maka anda cukup menambahkan dengan ½ sendok teh susu bubuk.
  4. Aduklah hingga merata dan tambahkan minyak ikan sebanyak 2 sampai 3 kapsul.
  5. Jika semua adonan sudah diaduk secara merata selanjutnya anda dapat memberikan egg food kepada sang murai batu secukupnya. Nah untuk sisanya dapat anda simpan didalam kulkas untuk pakan esok hari. Namun jika anda ingin memberi pakan murai yang disimpan dalam kulkas sebelumnya maka akan lebih baik jika anda mengangin-anginkan terlebih dahulu pakan tersebut agar makanan yang dikonsumsi tidak dingin. Makanan yang dingin diyakini dapat mengganggu pencernaan burung yang bisa berakibat fatal bagi kesehatannya.

Baca Juga: Racikan Khusus Pakan Murai Batu Agar Gacor dan Juara

Itulah ulasan mengenai beberapa alternatif makanan yang dapat anda jadikan pakan pengganti kroto untuk burung murai batu kesayangan anda. Selamat berkreasi dan semoga Murai Batu anda selalu dalam keadaan yang sehat.