10 Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Beserta Gambar

0
341

Kicauburung.id – Cara membedakan Pleci jantan dan betina dengan mudah disertai gambar. Burung Pleci atau Zosterops merupakan salah satu burung kicau yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh para kicau mania baik dengan tujuan untuk dilombakan atau hanya sekedar untuk kesenangan semata. Selain harga burung kacamata ini yang terjangkau, para pecinta burung khususnya pleman juga jarang yang merasa kecewa setelah memeliharanya, karena burung Pleci ini termasuk burung yang mudah sekali mengeluarkan kicauan yang merdu.

Akan tetapi jika anda memang benar-benar berniat memelihara burung Pleci dengan tujuan untuk diadu dan didengarkan suara ocehannya yang indah, maka anda harus selektif dalam memilih burung Pleci yang benar.

Membedakan Pleci Jantan dan Betina

Keunggulan Pleci Jantan di Banding Betina?

Jika ingin mendengarkan suara burung Pleci yang indah, maka anda harus memilih Pleci yang berjenis kelamin jantan. Ini dikarenakan hanya Pleci jantanlah yang mampu berkicau dengan suara yang merdu gacor, ngalas dan ngerol. Sedangkan burung Pleci betina tidak bisa berkicau seperti yang anda harapkan.

Cara Mudah Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina :

Tips jitu untuk membedakan jenis kelamin antara Pleci jantan dan betina dapat dilihat dengan seksama mengenai beberapa ciri-ciri berikut:

1. Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Berdasarkan Fisiknya :

1. Ekor

Burung Pleci berkelamin jantan mempunyai ukuran ekor yang lebih panjang jika dibandingkan dengan  Pleci betina. Ekor Pleci jantan mempunyai ujung yang runcing, terlihat seperti huruf “V”. Sedangkan ekor Pleci betina terlihat pendek dengan ujung yang rata.

2. Kepala

Bentuk kepala Pleci jantan terlihat agak bulat dan besar, dengan bagian paruh yang nampak kasar. Sedangkan kepala Pleci betina agak lebih kecil dan terlihat ramping.

3. Klep Mata

Pleci sering disebut sebagai burung kacamata, karena adanya klep atau lingkaran disekitar matanya. Rata-rata Pleci berkelamin jantan mempunyai lingkaran mata yang tebal dan putus-putus. Sedangkan rata-rata Pleci betina mempunyai klep mata yang tebal tanpa adanya putus.

4. Paruh

Bentuk pleci betina terlihat sedikit memanjang. Sedangkan bentuk paruh Pleci jantan berbentuk tebal dan agak pendek.

5. Body / Tubuh

Ukuran tubuh pleci jantan lebih cenderung panjang dan besar. Sedangkan  ukuran tubuh Pleci betina cenderung agak bulat dan pendek.

6. Warna Bulu

Warna bulu Pleci jantan lebih mencolok dan cerah. Sedangkan warna bulu Pleci betina terlihat kusam.

7. Pen / Dubur

Pleci jantan mempunyai dubur atau pen memanjang, serta terdapat banyak bulu disekitarnya. Sedangkan dubur atau pen pleci betina berbentuk kecil, serta terdapat sedikit bulu di seketarnya yang berfungsi untuk memudahkan penetrasi.

2. Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku :

1. Suara

Jenis suara Pleci jantan akan terdengar lebih nyaring dan mengkristal dibanding betina. Akan tetapi cara membedakan Pleci jantan dan betina dari hal suara membutuhkan pengamatan ektra jeli dan teliti.

2. Agresif dan Lincah

Pleci jantan akan nampak agresif ataupun lincah dan suka bertarung antar sesama Pleci jika sedang dalam kandang umbaran maupun ombyokan.

3. Semprotan Air

Anda bisa membedakan Pleci jantan atau betina ketika masih diombyokan dengan cara menyemprotkan air kekepala burung. Jika janmbulnya terlihat dan pupil matanya mengecil. maka mendakan burung Pleci tersebut berkelamin jantan.

Untuk tahu cara membedakan Pleci jantan dan betina tidak hanya fisik serta tingkah lakunya saja, kita harus paham ciri-cirinya. Nah maka dari itu kita harus tahu ciri Pleci Jantan dan ciri Pleci betina di bawah ini.

Ciri-Ciri Pleci Jantan

  1. Pada umumnya Pleci jantan bentuk ekor lancip di bagian ujung atau membentuk huruf “V”.
  2. Kepala terlihat bulat dan besar.
  3. Klep pada bagian mata putus-putus dan terlihat tebal dibagian bawah.
  4. Dubur / Pen terlihat panjang, serta banyak bulu disekitarnya.
  5. Ukuran paruh lebih pendek.
  6. Warna bulu terlihat lebih tajam.
  7. Ukuran badan tebih panjang.
  8. Mempunyai warna tenggorokan hitam di bagian kanan dan kiri.

Ciri-Ciri Pleci Betina

  1. Pada umumnya Pleci betina bentuk ekor pendek dan bagian ujung rata.
  2. Kepala terlihat kecil.
  3. Klep pada bagian mata tidak terputus dan terlihat tebal.
  4. Dubur / Pen terlihat kecil, serta sedikit ditumbuhi bulu disekitarnya.
  5. Ukuran paruh panjang.
  6. Warna bulu terlihat kusam.
  7. Ukuran badan lebih bulat dan pendek.
  8. Mempunyai warna tenggorokan merah muda.

Baca Juga: 19 Jenis Pleci, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Demikian sedikit ulasan mengenai cara membedakan jenis kelamin pada burung Pleci jantan dan juga betina. Burung Pleci menjadi salah satu jenis burung pemakan serangga yang pemeliharaannya dan perawatan cenderung lebih mudah dari pada burung pemakan serangga yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here