9 Cara Membuat Pleci Buka Paruh dan Ngerol dengan Mudah

0
6284

Kicauburung.id – Membuat Pleci buka paruh sebenarnya hal yang mudah, akan tetapi harus teliti dan sabar untuk mendapatkan burung Pleci yang bervolume keras serta ngerol istimewa. Burung Pleci merupakan jenis burung kicau dengan ukuran kecil yang biasanya mudah menirukan suara dari sumber burung lain. Istilah lain yaitu Pleci merupakan jenis burung yang pintar dan cerdas. Burung pleci dengan kualitas yang bagus dapat bernyanyi dan berkicau dengan berbagai macam variasi suara yang indah sambil membuka paruhnya dan ngerol.

Pleci Buka Paruh, Cara Membuat Pleci Buka Paruh

Bagi para pecinta burung, memiliki burung pleci dengan kualitas seperti ini akan menjadikan kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Untuk memiliki burung seperti itu, anda membelinya di pasaran atau istilahnya membeli burung Pleci yang sudah jadi. Akan tetapi dibutuhkan nominal yang cukup tinggi, karena sudah jelas harga yang dipatok untuk burung Pleci kualitas tinggi ini pun juga lumayan mahal. Anda tidak perlu khawatir, ketika ingin mempunyai Pleci buka paruh kuncinya cuma satu yaitu soal perawatan hariannya.

Nah, sobat kicaumania tidak perlu khawatik, kami akan memberikan informasi mengenai cara membuat Pleci buka paruh dan ngeroll.

Cara-Cara Membuat Pleci Buka Paruh :

1. Berhenti Memberikan Pakan Buah-Buahan

Jika anda memiliki burung Pleci serta terbiasa memberinya pakan buah-buahan, maka sebaiknya mulai dari sekarang dihentikan saja. Gantilah dengan memberi pakan Pleci berupa ulat kandang dengan takaran setengah mangkok kecil. Harus diingat bukan ulat hongkong tapi ulat kandang . Ulat jenis ini dapat anda dapatkan di pasar unggas yang ada di sekitar anda.

2. Pengembunan Pleci Secara Rutin

Lakukanlah proses pengembunan Pleci di pagi hari. Waktu yang tepat untuk proses pengembunan yaitu pukul 5 sampai pukul 7 pagi. Fungsi dan manfaat mengembunkan Pleci yaitu dapat menyehatkan dan merangsang burung untuk baka paruh.

3. Memandikan Pleci Secara Teratur

Ada dapat mandikan burung dengan cara semprot, spray atau bisa juga dengan dibasahi dengan memberinya cepuk berisi air dengan tambahan shampo jati Jajar sebagai desinfektan untuk membunuh kuman. Foktor memandikan burung secara teratur sangat berpengaru dalam kinerja burung selain bermanfaat terhindar dari kuman.

4. Penjemuran Pleci

Setelah andamemandikan burng, tapatnya pada jam 7 pagi hingga jam 10 siang usahakan untuk menjemur Pleci. Ketika saat menjemur, usahakan jangan ada makanan dan air minum. Hal ini bertujuan untuk mengatur pernafasan burung. Ingat jangan sampai menjemur Pleci lebih dari jam 10, karena tidak baik untuk kesehatannya.

4. Memberi Multivitamin untuk Pleci

Setelah tahap penjemuran, langkah selanjutnya adalah memberi susu kental manis di siang hari dan juga minuman yang ditambah dengan vitamin Ebod Vit. Untuk takarannya yaitu dengan perbandingan 5 tetes Ebod Vit : 50 ml air.

5. Menempatkan Pleci di Tempat Sejuk dan Teduh

Angin-anginkan burung Pleci selama kurang lebih 15 menit di tempat yang teduh. Fungsi dari menempatkan Pleci di tempat yang teduh yaitu agar burung merasa tenang dan nyaman.

6. Proses Memaster Pleci

Setelah 15 menit berada di tempat yang sejuk, burung Pleci di kerodong dan di master. Proses memaster Pleci menggunakan MP3 dilakukan dengan volume yang keras minimal selama 1 jam.

7. Membuka Krodong Pleci Pada Malam Hari

Setibanya di malam hari, biarkan burung pleci kesayangan anda tanpa dikerodong dan gantunglah di tempat yang tinggi.

8. Mempraktekkan Secara Rutin

Lakukan tujuh cara diatas secara rutin sampai burung Pleci buka paruh dan ngerol.

9. Menganalisa

Jika burung Pleci yang sudah kita rawat sudah mau membuka paruh dan ngerol anda bisa mengubah menu makanan rutin yang anda berikan selama perawatan. Ubahlah dengan menu pakan lain seperti pisang dan juga voer.

Baca Juga: 4 Cara Melatih Pleci Agar Bersuara Lantang

Nah itulah cara membuat Pleci buka paruh dengan mudah, asalkan harus menikmati setiap prosesnya. Berapa cara cepat diatas bisa anda aplikasikan untuk membuat burung Pleci membuka paruhnya dan ngeroll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here