5 Cara Menstabilkan Birahi Pleci dengan Cepat

0
2276

Cara menstabilkan birahi pleci mulai dari  pleci macok, maput, montanus, buxtoni auri dan jenis burung pleci lainnya . Over birahi pada burung pleci merupakan sebuah kondisi anomali (tidak umum) yang biasanya dialami oleh berbagai jenis burung yang dipelihara dalam sangkar mulai dari kenari, murai batu, cucak ijo kacer dan lainnya. Hal ini diakibatkan oleh adanya ketidakserasian kondisi luar yang diterima sang burung dengan kondisi fisiologis yang dirasakan burung tersebut. Berbagai kondisi luar tersebut misalnya suasana lingkungan sekitar yang mungkin terlalu gaduh, pakan yang tidak sesuai dengan selera sang burung dan juga berbagai burung lain yang hadir dan dianggap mengganggu ketenangannya.

Cara Menstabilkan Birahi Pleci Maput dan Dakun
Semua jenis burung kicauan termasuk diantaranya burung pleci yang dirawat pemeliharanya dengan memasukkannya di dalam sangkar bisa mengalami over birahi. Jika hal ini terjadi tentunya akan membuat sang pemelihara merasa resah dan bingung harus berbuat apa. Terlebih jika burung pleci tersebut merupakan burung lomba, pasti sang pemelihara akan merasa galau seketika. Betapa tidak, pleci yang over birahi dapat mempengaruhi performanya saat tampil bahkan sang burung seringkali menjadi mogok dan tidak mau tampil. Bagaimana ciri pleci yang mengalami over birahi? dalam berbagai kasus di dunia perburungan, pleci akan menjadi banyak tingkah dan nakal saat over birahi.

Ciri-Ciri Pleci Over Birahi / Birahi Pleci Naik:

  1. Pleci tidak mau diam, terkesn gelisah, sering lompat sana-sini dan menjadi sangat agresif.
  2. Burung pleci sering menggetarkan sayapnya.
  3. Pleci yang bertemu dengan pleci atau jenis burung lain akan mengeluarkan suara ngeriwik sambil menggerakan badan dan kepalanya.

Jika kondisi pleci over birahi ini terus dibiarkan maka akan menjadikan performa pleci menjadi menurun. Misalnya saja burung pleci yang awalnya mampu berkicau dengan gacor menjadi berkurang gacornya. Pleci yang biasanya suka membuka paruh menjadi suka ngeriwik dan meloncat-loncat. Untuk mengatasi hal tersebut berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai cara menstabilkan birah pleci dengan tepat.

5 Cara Menstabilkan Birahi Pleci dengan Cepat

  1. Sering memandikan pleci secara rutin dengan cara menyediakan cepuk mandi kecil agar pleci biasa mandi sendiri atau bisa juga dengan cara spray/semprot. Sesekali anda juga bisa menerapi pleci dengan memandikannya di malam hari.
  2. Mengurangi bahkan kalau bisa menghentikan pemberian ekstra fooding berupa ulat hongkong atau kroto untuk sementara waktu.
  3.  Memberikan pakan buah-buahan yang mengandung nutrisi tinggi seperti pepaya, jeruk, aple dan juga mentimun. Buah-buahan ini dipercaya mampu mengurangi birahi pada pleci.
  4. Mendekatkan pleci dengan pleci lain. Namun usahakan untuk tidak mendekatkan pleci dengan pleci betina karena hal tersebut dapat membuat burung pleci anda menjadi tergantung pada pleci betina tersebut.
  5. Setelah pleci yang mengalami over birahi dirasa sudah mengalami kondisi birahi yang stabil, maka anda bisa memisahkan pleci dari pleci lain yang anda dekatkan sebelumnya dan memberikan perawatan biasa seperti yang sudah anda lakukan setiap harinya.

Demikian ulasan mengenai cara menstabilkan birahi pleci. Semoga setelah membaca artikel ini anda menjadi termotivasi untuk merawat dan mengetahui karakter burung pleci anda dengan benar sehingga anda akan paham apa yang pleci anda inginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here