5 Cara Perawatan Agar Pleci Mempunyai Volume Suara Keras

Cara perawatan agar pleci mempunyai volume suara keras. Mempunyai pleci bersuara keras yang gacor tentunya bisa membuat hati senang dan bangga. Disamping bisa dinikmati bisa juga untuk diturunkan lomba. Tetapi terkadang ada pleci yang mempunyai suara yang kecil. Pleci bersuara kecil walau gacor terasa ada yang kurang, disamping itu bisa mengurangi poin saat lomba.

Cara Melatih Pleci Agar Bersuara Lantang
Pleci yang volumenya kecil juga kurang bisa dinikmati dengan puas, karena kurang jelas jika didengarkan dari jarak yang agak jauh. Nah oleh karena itu kita perlu melakukan sesuatu agar suara pleci keras. Berikut beberapa terapi yang bisa kita lakukan agar pleci bersuara keras.

4 Cara Agar Pleci Bersuara Keras dan Mengeluarkan Isian :

Untuk membuat suara pleci semakin keras dan lantang perlu beberapa perawatan khusus agar pleci bisa mengeluarkan potensi suaranya. Berikan racikan pakan pleci dan racikan minuman pleci agar membantu pada proses ini. Berikut ini perawatan yang dapat membuat burung pleci bersuara keras.

1. Lakukan Pengembunan Pada Pleci

Pengembunan pada burung kicau dapat merangsang bunyi, sehingga kita bisa melatih otot-otot punyi pada burung, semakin sering berbunyi maka suara kicau bisa semakin keras. Jika anda punya lebih dari satu burung pleci maka lakukan pengembunan secara terpisah dengan pleci lainnya dan jangan sampai pleci saling melihat. Dengan posisi terpisah dan agak jauh pleci akan saling memanggil temannya dengan suara keras dan itu akan melatih supaya pleci mempunyai volume yang keras.

2. Mandikan Burung Pleci di Pagi Hari

Setelah dilakukan pengembunan bisa juga dilanjutkan dengan memandikan pleci. Dalam memandikan pleci bisa dilakukan bersama-sama. Dempetkan kandang mandikan dan jemur berbarengan. Karna untuk menyahatkan burung pleci juga metode ini.

3. Pelatihan Fisik Pleci

Pleci suara keras berasal dari otot-otot suara yang kuat dan posisi/struktur otot suara yang tepat, posisi atau struktur otot suara tidak bisa dirubah, tetapi kita bisa melatih otot suara agar bisa menjadi lebih kuat. Untuk melatih fisik bisa dengan cara memberi tangkringan jarak yang cukup jauh agar pleci aktif bergerak, atau mengumbar di kandang yang agak besar (kandang umbaran). Ini berfungsi melatih otot sayap dan memperpanjang nafas sehingga suara pleci bisa keras.

4. Istirahatkan Pleci

Untuk menghasilkan suara yang keras, diperlukan otot yang fit dan tidak kelelahan. Istirahatkan pleci pada malam hari agar kondisi tubuhnya kuat dan siap berkicau lagi. Kerondong dan jangan di ganggu.

5. Pemasteran Pleci

Lakukan pemasteran, pemasteran sangat penting bagi pleci agar terlatih kicaunya. Pemasteran bisa dengan menggunakan suara pleci mp3.

Lihat Juga:

3 Tips Membuat Pleci Mengeluarkan Suara Isian

4 Cara Melatih Pleci Agar Bersuara Lantang

Nah itulah cara-cara untuk meningkatkan volume suara pleci, perawatan ini hasilnya akan berbeda-beda pada setiap burung karena setiap burung punya karakter masing-masing.