Cara Memilih dan Membuat Kandang Ternak Pleci Yang Nyaman

0
104

Kicauburung.id – Sangkar atau kandang ternak pleci merupakan bagian yang tak dapat terlepaskan bagi mereka pencinta burung, termasuk burung pleci. Burung pleci memiliki ciri khas suara kicauannya yang indah dan enak didengar. Dalam memilih sangkar pleci, anda harus memperhatikan kondisi burung pleci, jika jumlahnya banyak maka kandang pleci juga harus dibuat lebih banyak.

Untuk anda yang ingin beternak burung pleci, maka dua tipe kandang yang sangat cocok untuk digunakan yaitu tipe Soliter dan tipe Aviary. Masing-masing kandang mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun itu tergantung dari selera kebutuhan anda.

2 Tipe Sangkar / Kandang Pleci Untuk Ternak

1. Kandang Aviary

kandang aviary, kandang aviary pleci, kandang pleci, kandang koloni

Tipe kandang Aviary cocok digunakan untuk menampung banyak burung pleci. Mengapa bisa demikian? karena ukurannya yang cukup besar. Akan tetapi, tentunya dibutuhkan lahan yang besar untuk mengaplikasikannya. kandang Aviary ini cocok digunakan di alam bebas.

2. Kandang Soliter

Kandang Soliter, Kandang Soliter pleci, Kandang ternak pleci

Berbeda dengan tipe kandang Aviary, tipe Soliter memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak membutuhkan banyak tempat. Cara membuat kandang pleci tipe soliter cukup mudah hanya membutuhkan sekat triplek atau dapat menggunakan kawat ram.

Tipe atau model kandang pleci ini sangat pas bagi anda yang ingin menempatkan sepasang burung pleci ke dalam satu kandang. Anda dapat membuat nya dengan model bertingkat atau berjajar. Menggunakan kandang pleci tipe ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu mudahnya dalam segi perawatan serta anda dapat mendesain sendiri bagaimana kandang akan diletakkan.

Setelah mengetahui dua tipe kandang yang biasanya digunakan untuk burung pleci. Anda juga harus mengetahui hal apa saja yang wajib diperhatikan ketika membuat kandang pleci.

Cara Membuat Kandang Ternak Pleci Yang Nyaman :

1. Tempat Untuk Nangkring

Yang harus anda perhatikan saat membuat kandang ternak pleci salah satunya membuat tempat tangkringan. Karena setiap burung sangat suka menangkring, oleh karena itu jangan sampai melupakannya. Bahkan menurut pakar burung mengatakan kualitas kicauan burung juga tergantung kepada tempat tangkringan yang disediakan. Banyak jenis tangkringan yang dapat anda gunakan, salah satunya jenis satu setengah, tangkringan dengan bentuk huruf T, dan masih banyak lagi model lainnya.

2. Tempat Makan dan Minum Burung

Makan dan minum sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada burung. Oleh karena itu berilah makan dan minum menggunakan tempat yang baik dan mudah untuk dijangaku bila burung pleci ingin memakan atau meminum. Disarankan meletakkannya di dekat pintu, agar ketika ingin mengganti atau mengisi ulang dapat mudah dilakukan.

Tempat makan atau minum bisa ditaruh di luar kandang ternak pleci, namun usahakan si burung dapat menjangkaunya dengan mudah. Maksud dari menaruh di luar kandang adalah menghindari makanan atau minuman yang berjatuhan sehingga dapat menghindari yang namanya virus atau bakteri.

3. Sirkulasi Udara atau Pintu

Bagi tipe kandang Aviary, disarankan membuat pintu kandang ukurannya tidak terlalu besar yakni pas dengan ukuran tubuh anda. Dan khusus untuk memberikan makanan atau minuman buatlah pintu-pintu kecil. Usahakan pintu untuk memasukkan atau mengeluarkan makanan ukurannya selaras dengan tangan anda, agar burung tidak mudah keluar dari kandangnya.

4. Sarang

Sarang bisa didapatkan di toko-toko burung, harganya tidak terlalu mahal sehingga tidak menguras isi dompet anda. Ukuran sarang yang dibutuhkan untuk burung pleci cukup sarang yang kecil karena burung pleci ukurannya tidak terlalu besar. Letakkan sarang di bagian pojok kandang dengan posisi yang menggantung. Pilihlah sarang yang menggunakan bahan lembut agar burung terhindar dari bahaya yang dapat muncul kapan saja dari sarang yang ditempati.

5. Perawatan

Terlepas dari keempat faktor diatas, perawatan kandang sangat diperlukan untuk membersihkan kotoran burung atau makanan yang berjatuhan. Hal ini dilakukan agar pleci dapat terhindar dari virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit pada pleci. Usahaka membersihkan kandang burung dilakukan 4 kali dalam 1 minggu. Air yang bertumpahan di dalam kandang bisa disiasati dengan meletakkan sehelai kain yang dapat menyerap air.

Baca Juga: Jenis Spesies Pleci Endemik dan Suara Kicauannya

Sekian informasi mengenai cara membuat, memilih dan merawat sangkar atau kandang ternak pleci yang nyaman untuk si burung. Kenyamanan sangat diperlukan burung pleci agar menunjang kualitas kehidupan burung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here