Mulai Dari Hobi Menjadi Hoki Memelihara Burung Pleci

Kicauburung.id – Burung Pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang menjadi primadona dikalangan penggemar maupun penghobi burung kicau di tanah air. Oleh sebagian besar masyarakat, burung ini biasa disebut dengan “Burung Kacamata” karena tedapat semacam lingkaran hitam pada bentuk matanya yang dibalut juga dengan lingkaran bewarna putih pada bagian luar sehingga seolah-olah burung ini sedang memakai kacamata. Untuk warna bulu dari Pleci sendiri kombinasi dari warna hijau terang yang bercampur dengan warna kuning dan juga warna putih sehingga bulu dari burung ini terlihat cerah dan cukup mencolok seperti kebanyakan burung kicau pada umumnya. Memelihara Pleci bisa dikatakan gampang-gampang susah.

Pleci Juara, Pleci Juara Nasional, Mulai Dari Hobi Menjadi Hoki Memelihara Burung Pleci

Bagi yang masih awam dengan burung kicau ini ada baiknya untuk mencari banyak-banyak informasi mengenai cara merawat burung pleci supaya burung peliharaan Anda ini lebih cepat gacor alias mengeluarkan kicauan yang merdu yang biasa dikenal dengan istilah ngalas oleh kebanyakan penggemar burung kicau. Ini sangat penting karena jika ingin burung kesayangan Anda cepat berkicau memang dibutuhkan perawatan atau treatment yang khusus sesuai dengan jenis dari burung tersebut.

Sebagai tambahan juga di Indonesia sendiri ada beberapa jenis burung Pleci yang cukup terkenal dan biasa dibudidayakan. Yang pertama adalah Pleci mata coklat atau biasa disebut Pleci dakun macok. Jenis Pleci ini banyak tersebar di Pulau Jawa dan burung “Pleci” ini memiliki ciri-ciri yaitu suaranya kicauannya yang terdengar nyaring kristal dan ada warna kuning pada bagian dadanya sedangkan bagian matanya bewarna coklat. Yang kedua adalah Pleci mata putih alias Pleci dakun maput. Pleci ini memiliki bola mata yang bewarna putih dan ada warna putih pada bagian dadanya.

Pleci mata putih ini termasuk jenis yang mulai langka jadi wajar harga jualnya cukup tinggi ketimbang jenis Pleci yang lainnya ditambah lagi Pleci ini cukup pemberani sehingga sering diikut sertakan dalam kontes burung berkicau. Burung ini biasa ditemukan di Pula Jawa. Yang ketiga adalah Pleci Montanus yang banyak ditemukan di Pulau Jawa. Ciri-ciri dari burung ini antara lain bulunya bewarna kecoklatan pada bagian punggung dan dadanya bewarna abu-abu dengan ukuran tubuh yang jauh lebih besar ketimbang Pleci lainnya. Suaranya juga cenderung lebih kasar dan jenis Pleci yang keempat adalah Pleci Auriventer.

Banyak ditemukan di Sumatera, Pleci Auriventer memiliki karakter suara yang terdengar lebih ngebass dan terasa mendayu. Pleci ini memiliki warna bulu yang indah di mana pada bagian punggungnya bewarna hijau tua sedangkan pada bagian dadanya memiliki corak warna ungu keputihan. Jika ingin mencari burung Pleci yang karakter suaranya unik maka Pleci Buxtoni bisa menjadi pilihan karena burung ini memiliki suara yang nyaring kristal serta lebih melengking dibandingkan suara Pleci yang lainnya. Dengan postur tubuh yang terlihat lebih bulat, burung kicau yang banyak ditemukan di Sumatera dan Jawa ini memiliki garis kuning dengan punggung bewarna kuning kehijauan.

Lalu ada juga jenis Pleci Black Capped yang pada ujung kepalanya bewarna hitam sedangkan bagian dadanya bewarna abu-abu dengan punggung bewarna kuning sedikit kehijauan. Untuk karakter suara dari Pleci Black Capped ini terdengar ngebass namun sedikit lirih dan area penyebarannya banyak ditemukan di Sumatera. JenisPleci yang terakhir adalah Pleci Salvadori Enggano yang ukurannya tidak begitu berbeda jauh dengan Pleci Montanus. Pleci ini bagian dadanya memiliki warna abu-abu gelap dan ada campuran warna kuning lalu pada bagian kepalanya terlihat ada semburat bewarna hitam. Suara dari Pleci Salvadori Enggano ini juga mirip dengan Pleci Auriventer yaitu ngebass dan mendayu.Bagaimana ternyata ada banyak sekali jenis-jenis Pleci yang bisa dibudidayakan bukan.

Kemudian untuk informasi berikutnya tentu saja kami akan memberikan beberapa kiat dalam merawat Pleci supaya burung Anda tidak hanya dalam kondisi yang sehat tetapi juga cepat berbunyi dan lebih berani ketika diikut sertakan dalam perlombaan.

Mandikan Pleci Secara Berkala

Yang harus kalian ketahui adalah burung Pleci ini senang sekali bila dimandikan malahan saat berada di alam liar sering terlihat sekawanan Pleci yang mandi bersama-sama. Jadi jika di rumah Anda kebetulan memelihara beberapa ekor Pleci maka kalian bisa memanjakan mereka. Pertama-tama kumpulkan sangkar mereka kemudian posisikan dalam bentuk lingkaran. Setelah itu mandikan burung bersama-sama bisa dengan memasukannya ke dalam karamba untuk mandi burung atau bisa juga dengan cara disemprot dengan air satu per satu. Selain menjaga Pleci supaya tidak stress, memandikan Pleci secara bersama-sama juga juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjinakan Pleci.

Pemandian Dan Penjemuran Burung Pleci

Pemandian Dan Penjemuran Burung Pleci

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan bagi penggemar Pleci adalah burung ini bukanlah burung yang bisa tahan dengan cuaca yang panas. Maka dari itu perhatikan juga durasi penjemurannya yaitu tidak boleh lebih dari 30 menit. Baiknya Pleci dijemur saat pagi hari dan pada sore hari ketika matahari mulai tenggelam. Disamping itu usahakan untuk menjemur Pleci kesayangan Anda ini setiap hari meskipun hanya sebentar karena bila jarang dijemur di bawah paparan sinar matahari maka membuat tubuh Pleci menjadi kurang sehat. Ciri-ciri dari Pleci yang kurang sehat karena jarang dijemur yaitu burung tersebut sering mengembangkan bulunya dan cenderung mengalami obesitas yang membuatnya menjadi malas untuk beraktivitas. Pleci yang mengalami kegemukan ini juga akan jarang sekali mau berkicau.

Hindari Menggantung Pleci Dengan Burung Lain

Salah satu kesalahan umum yang kerap dialami oleh mereka yang baru pertama kali memelihara Pleci ini adalah dengan menggantu Pleci bersama dengan burung kicau yang bukan satu jenis. Pleci merupakan burung yang mudah stress jika didekatkan bersama dengan jenis burung yang lain dan hal ini dikarenakan di alam liar sana Pleci sering menjadi mangsa dari burung elang, burung hantu, burung gagak dan burung cendet. Karena itulah jangan sekali-kali menempatkan Pleci bersama burung kicau yang lainnya supaya Pleci Anda tidak merasa tertekan yang membuatnya menjadi cepat stress.

Jika sampai Pleci merasa terintimidasi dan merasa stress maka bisa berakibat fatal karena Pleci peliharaan Anda yang tadinya jinak bakal kembali menjadi liar dan dengan nalurinya maka Pleci tersebut akan sering menabrakan dirinya ke jeruji sangkar. Akibatnya burung kicau ini bisa terluka dan yang paling parah bisa sampai menyebabkan kematian. Jadi Anda harus benar-benar menjaga burung ini supaya tidak stress dan hanya gantungkan burung ini dekat dengan Pleci lainnya.

mengkoloni pleci

Mengkoloni Pleci

Anda juga harus tahu ada cara yang sangat mudah supaya Pleci mampu membuka paruh dengan cepat dan caranya yaitu dengan sering-sering mempertemukan burung ini dengan kawanannya. Makanya selain mencegah Pleci dari stress, rupanya menggantung Pleci bersama dengan kawanannya juga bisa memberikan manfaat tambahan.

Pada umumnya Pleci yang bertemu dengan teman sejenisnya akan merasa riang dan bakal mengeluarkan suara kicauannya yang lantang. Malahan tidak jarang Pleci tersebut akan melompat-lompat dan berjumpalitan di dala sangkar. Oleh karena itu sesekali dalam seminggu tidak ada salahnya membawa Pleci untuk berkumpul bersama dengan teman-teman satu komunitas Anda yang juga memelihara Pleci. Dengan begitu burung Anda ini tidak hanya semakin membuka paruh dan terhindar dari stress saja namun juga akan melatih keberanian sekaligus mental mereka. Ini juga bisa menjadi modal yang baik sebelum Anda mengikutkan Pleci Anda ke perlombaan. Anda pun bisa menjadikan ajang kopi darat ini sebagai wadah untuh saling bersilaturahmi sekaligus sebagai tempat untuk berbagi ilmu mengenai lika-liku memelihara atau merawat burung Pleci.

Perhatikan Pakan Pleci

Poin berikutnya yang mesti diperhatikan saat memelihara burung Pleci ini tidak lain adalah soal pemberian pakan burung. Pastikan untuk memberikan racikan pakan burung Pleci yang benar-benar sesuai jika Anda ingin Pleci Anda ini cepat berkicau dan kondisinya pun sehat. Untuk pakan yang cocok haruslah mengandung asupan zat gizi serta nutrisi yang lengkap. Jika Anda memberikan Pleci Anda pakan yang sandar maka penampilannya juga cenderung biasa-biasa saja.

Berbeda ceritanya jika Anda memberikan pakan dengan kandungan nutrisi maupun zat gizi yang lengkap dan mencukupi, tentu saja penampilan Pleci Anda bakal berbeda yaitu terlihat lebih segar, sehat dan burung Anda bakal sering berkicau dan kicauannya pun terdengar nyaring juga merdu. Untuk pakannya sendiri bisa menggunakan pakan burung yang biasa dijual di toko-toko dan pilihlah yang kandungan gizi dan nutrisinya komplit. Tidak hanya itu saja jangan sampai lupa untuk memberikan Pleci Anda ini buah-buahan yang menjadi makanan pokoknya.

Pleci sangat menyukai buah-buahan segar seperti buah Pepaya, Pisang, Apel dan beberapa jenis buah lainnya yang biasa digunakan sebagai pakan burung kicauan. Untuk makanan tambahannya bisa diberi pakan kroto dan ulat hongkong. Sedikit tips supaya Pleci cepat gacor, jangan lupa untuk memberinya nektar. Namun bila Anda kesulitan untuk mencari nektar maka Anda bisa menggantinya dengan air gula yaitu dengan perbandingan 1:4.

Lalu untuk tips berikutnya aga Pleci lebih cepat gacor adalah dengan membuatnya dalam kondisi yang aktif serta prima. Makanya perlu sekali untuk membentuk fisik dari burung kicau peliharaan Anda ini. Untuk membetuk fisik Pleci supaya lebih tangguh sebenarnya cukup mudah. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah dengan memberikannya dua buah tenggeran dengan jarak yang renggang alias berjauhan. Dengan begitu maka Pleci akan lebih banyak bergerak dan semakin aktif burung Anda tentunya si Pleci ini akan lebih gesit dan lebih sehat dengan begitu fisiknya pun juga bakalan bagus. Pleci yang lebih aktif juga cenderyng memiliki nafas yang panjang sehingga dorongan gancor akan keluar dengan lebih lantang dibandingkan Pleci yang tidak terlalu aktif.

Melatih Suara Pleci

Untuk pembahasan yang terakhir yaitu soal melatih suara Pleci. Ini memang menjadi sesuatu yang wajib dilakukan oleh siapa saja yang memelihara burung kicau entah itu Pleci, Kenari,Kacer, Murai Batu dan masih banyak lagi yang lainnya. Cara yang paling umum untuk melatih suara Pleci ini biasanya dengan memakai metode pemasteran burung pleci yang benar.

Untuk memancing suara Pleci biasanya menggunakan gacoran Pleci betina sementara itu jika kondisi burung sudah jadi maka bisa dimaster menggunakan beberapa macam suara burung lainnya seperti Jalak dan Suren. Lakukan pemasteran setiap hari pada malam hari supaya Pleci cepat gacor. Itulah beberapa informasi menarik seputar cara merawat dan melatih burung Pleci.