Memilih Pleci Bakalan, Cara Memilih Pleci Bakalan, Memilih Pleci Ombyokan, Memilih Pleci Bahan

25 Cara Memilih Pleci Bakalan yang Bagus dan Prospek

Kicauburung.id – Cara memilih Pleci bakalan, obyokan atau bahan yang bagus dan prospek juara. Daya tarik dan pesona burung Pleci (Zosterops) memang masih banyak diminati para Plemania. Para kicau mania menyukai dan inging memiliki Pleci karena disamping harga bakalannya yang murah, namun kualitas suara yang selalu dikeluarkan burung kacamata ini juga sangat merdu.

Memilih Pleci Bakalan, Cara Memilih Pleci Bakalan, Memilih Pleci Ombyokan, Memilih Pleci Bahan

Mungkin bagi para penggemar Zosterops, mereka sudah terbiasa dalam memilih Pleci bakalan yang bagus dan prospek. Akan tetapi bagi pemula, mereka sangat minim pengetahuan dan sudah sekali dalam menentukan dan memilih bakalan Pleci yang bagus. Sebenarnya foktor yang menentukan kita dapat mempunyai Pleci bakalan yang bagus yaitu pintar memilih, pandai merawat dan hoki.

Ingat sepandai pandainya orang memilih Pleci ombyokan atau bakalan di pasar, kalau tidak lagi hoki dan pintar merawat, maka akan sulit juga untuk burung tersebut juara.

Nah ketika anda ingin membeli serta memilih burung Pleci bakalan dengan kualitas bagus, akan lebih baik jika anda menyimak ulasan mengenai beberapa cara memilih Pleci bakalan yang bagus berikut ini :

1. Amati Kesehatan Pleci

Saat anda memilih Pleci bakalan atau ombyokan di pasar, hal utama yang harus anda perhatikan adalah bagaimana kondisi kesehatan burung pleci bakalan tersebut. Pada dasarnya burung Pleci yang dijual merupakan hasil dari tangkapan liar, melalui jaring maupun dipulut. Dari situ bisa diambil kesimpulan bahwa burung tersebut sedang dalam kondisi stress saat diletakkan dalam sangkar ombyokan.

Ciri Pleci kondisi yang sehat yaitu: aktif bergerak, nafsu makannya kuat, bulu tidak mengembang, tidak ada luka badan dan kondisi sayap mengepit.

2. Perhatikan Suara Kicau Pleci

Burung bakalan Pleci ketika sedang berkicau tentunya memiliki suara kicau yang berbeda dengan burung-burung yang lain. Bagi anda yang ingin membeli dan memilih Pleci bakalan yang prospek dapat melihat dari segi suara “cicitannya”.

3. Cermati Bentuk Paruh Pleci

Bentuk paruh burung dipercaya dapat dijadikan sebagai tolak ukur kualitas kicauannya dan juga ketajamannya dalam berkicau. Berikut ini beberapa jenis paruh burung dan juga kualitas suara yang mungkin dihasilkannya:

  1. Tidak terlalu panjang dan tebal : menandakan burung bakalan Pleci memiliki ketajaman suara yang baik dan rajin berkicau.
  2. Panjang dan tebal : menandakan burung bakalan Pleci memiliki suara keras dan berat, namun karakter suaranya seperti tertahan dan tidak lantang.
  3. Pendek dan Tebal:  menandakan burung bakalan Pleci memiliki suara tebal tapi jarang sekali berkicau.
  4. Pendek dan tipis :menandakan burung bakalan Pleci memiliki suara yang tipis dan jarang berkicau.

4. Usia Pleci

Kita tahu bahwa semakin muda usia burung Pleci bakalan atau bahan yang kita pilih, maka peluang untuk tingkat keberhasilan mencetak Pleci juara tersebut sesuai keinginan kita akan lebih besar. Mengapa harus seperti itu? Berikut ini alasannya :

  1. Burung Pleci muda mempunyai tingkat stres rendah dari pada Pleci bakalan yang usianya tua atau dewasa.
  2. Lebih mudah dan cepat sekali beradaptasi dengan lingkungan.
  3. Mudah sekali di master atau re-mastering sesuai keinginan kita.
  4. Memiliki jangka hidup lebih panjang.
  5. Lebih mudah membentuk karakter sesuai yang diingingkan.

5. Menentukan Jenis Kelamin

Sama seperti jenis burung yang lainnya, burung pleci bakalan yang bagus dan rajin berbunyi adalah burung pleci yang berjenis kelamin jantan. Untuk bisa membedakannya jantan dan betina Pleci bakalan anda bisa melihatnya baik dari segi fisik dan juga segi nonfisik / tingkah lakunya.

Baca Juga: Racikan Khusus Minuman Pleci Juara

Adabeberapa faktor penting yang harus kita tahu dan perhatikan dalam memilih Pleci bakalan. Ketika ingin membeli Pleci bakalan yang ungul dan berpertasi kita harus paham belut ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Pleci Bakalan Bagus dan Calon Berpertasi :

  1. Berkelamin Jantan.
  2. Postur tubuh lebih panjang.
  3. Kaki jenjang.
  4. Kaki kering dan jari-jari panjang.
  5. Bentuk kepala lebih besar.
  6. Leher tebal dan panjang berisi.
  7. Dada berisi dan lebar atau berdada bidang
  8. Mempunyai paruh yang panjang dan besar.
  9. Berdiri kuat 30-45 derajat.
  10. Kelamin (Vent) menonjol tegak kisaran 30-80 derajat terhadap perut.
  11. Warna bulu lebih terlihat bersih dan kontras.
  12. Bulu kering dan mengkilap
  13. Mempunyai nada panggil “call” lebih nyaring dan lantang.
  14. Mata nampak besar dan terlihat menonjol keluar.
  15. Ekor lebih panjang.
  16. Gerak gerik lincah.
  17. Bagian ujung ekor cendrung berbentuk huruf “V” dan lebih tegas.
  18. Bentuk lingkaran mata berwarna putih dan cenderung lebih tebal.
  19. Usia burung matang.
  20. Sehat.

Baca Juga: 4 Cara Menjinakkan Pleci dengan Cepat dan Mudah

Itulah cara-cara memilih Pleci bakalan, ombyokan dan bahan yang bagus. Untuk mendapatkan serta mempunyai Pleci bakalan yang berkualitas bagus dibutuhkan kejelian dan ketelitian dalam memilih saat anda membelinya. Perhatikan ciri dan juga jenis Pleci yang bagus agar anda tidak kecewa di akhir.

Loading...
Membedakan Pleci Jantan dan Betina

10 Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Beserta Gambar

Cara Mengatasi Pleci Salto

10 Cara Mudah Mengatasi Pleci Salto dengan Cepat