Cara Mengatasi Pleci Salto

10 Cara Mudah Mengatasi Pleci Salto dengan Cepat

Kicauburung.id – Cara mudah dan akurat mengatasi Pleci salto atau jungkir balik dengan terapi alami secara cepat. Kebiasan burung Pleci yang suka salto terkadang terlihat sangat mengganggu khususnya bagi kita yang sering lomba atau sekedar memeliharanya. Burung Pleci salto akan terkesan seperti giras dan belum mapan.

Cara Mengatasi Pleci Salto

 

Untuk mengatasi burung Pleci yang gemar salto memang bisa dikatakan tidak mudah dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Kita sebagai pemelihara harus mampu mengetahui penyebab Pleci suka salto. Apakah karena tangkringan dengan ukuran yang kurang pas atau penempatannya yang salah. Bahkan bisa juga karena sangkarnya yang terlalu sempit atau bahkan terlalul uas. Yang lebih parah lagi burung Pleci dalam kondisi stress karena terganggu oleh hewan lain dan sebagainya.

Salto pada burung Pleci juga dapat mengganggu dan menghambat kerja burung anda saat buka paruh atau ngerol. Bahkan yang lebih fatal dapat mengurangi penilaian saat lomba.

Pleci Salto

Memang banyak sekali faktor yang melatar belakangi mengapa Pleci menjadi salto karena setiap burung memiliki karakter berbeda-beda. Maka pilihlah bakalan pleci yang bagus dan tidak terbiasa melakukan salto. Nah simaklah cara-cara di bawah ini agar anda dapat mengatasi Pleci salto.

Cara-Cara Mengatasi Pleci Salto:

1. Menutup Bagian Atas Sangkar

Pencegahan dan mengatasi Pleci Salto dapat kita lakukan dengan menutup sangkar pada bagian atas. Fungsi menutup sangkar bagian atas yaitu agar burung Pleci tidak salto dan melatih burung agar jinak.

2. Menempatkan di Sangkar Besar

Cubalah untuk meletakan Pleci yang suka salto di sangkar yang cukup luas dan besar. Tujuannya yaitu agar mereka lupa dengan kebiasaan salto yang sering dilakukannya. Anda dapat meletak sangkar di dekat suara gemericik air, karena burung Pleci akan merasa lebih nyaman, damai dan lupa kebiasanya salto.

3. Memasang Pembatas Karet

Cara mengatasi Pleci Salto selanjutnya yaitu memberi ranjau berupa karet gelang pada bagian atas tangkringan. Tujuannya agar saat Pleci melakukan salto mengenai karet tersebut dan menjadi jera hingga kapok dengan aktifitas saltonya.

4. Menjauhkan dari Burung Lain

Burung Pleci yang suka salto harus dijauhkan dari burung lain, apalagi jika burung sejenis yang ada di sekitarnya juga memiliki kebiasaan salto. Hal ini bertujuan agar burung tidak mengikuti kebiasaan burung tersebut atau tidak meniru.

5. Mengurangi EF

Untuk mengatasi burung Pleci salto, Extra Fooding (EF) atau pakan tambahan harus dikurangi. Jika tidak, maka burung tersebut akan Over Birahi (OB). Over Birahi juga dapat mengakibatkan kebiasaan Pleci untuk melakukan salto.

6. Berilah Vitamin

Burung dengan kebiasaan suka menarik kebelakang kepalanya dan mendongak hingga hampir terjatuh akan mendorongnya untuk melakukan salto agar tubuhnya menjadi seimbang. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya asupan mineral magnesium (Mg). Maka dari itu berikan asupan mineral yang cukup supaya burung tidak kekurangan mineral. Kekurangan air mineral dapat menyebabkan fatal bagi kesehatannya.

7. Mengubah Ukuran Tangkringan

Kebiasaan salto yang sering dilakukan oleh Pleci diakibatkan karena ukuran tangkringan yang tidak sesuai atau pas. Untuk itu anda bisa mengubah ukuran tangkringan burung pleci dengan ukuran yang pas untuk genggamannya.

8. Mengubah Posisi Tangkringan

Ubahlah posisi tangkringan burung agar burung pleci misalnya dengan memasang 1 tangkringan di bagian atas dan 2 tangkringan di bagian bawah pada posisi yang sejajar.

9. Menerapkan Pola Mandi yang Benar

Biasakan untuk memandikan burung dengan cara menyemprotkannya air dari arah atas bukan dari arah samping. Tujuannya supaya Pleci merasa lebih tenang dan menghindari agar tidak terbiasa salto.

10. Membiasakan Mandi Malam

Untuk mengatasi Pleci salto, Anda bisa memandikan burung ketika malam hari. Usahakan setelah mandi burung kemudian diangin-anginkan di luar selama 1 sampai 2 jam.

Baca Juga: 19 Jenis Pleci, Ciri Fisik, Warna, Habitat dan Gambarnya

Burung Pleci yang mempunyai kebiasaan suka salto biasanya mesih belum merasa nyaman dan mapan pada sangkar di lingkungan barunya. Untuk itu buatlah lingkungan yang senyaman mungkin agar sang burung menjadi terkendali, misalnya dengan meletakkan sangkar pada tempat yang sejuk, sepi dan terhindar dari bahaya.

Mengatasi Pleci agar tidak bisa dikatakan cukup sederhana dan mudah, terlebih jika kita sudah mengetahui bagaimana karakter burung Pleci tersebut. Ada juga dapat membaca perawatan pleci lainnya.

Loading...
Memilih Pleci Bakalan, Cara Memilih Pleci Bakalan, Memilih Pleci Ombyokan, Memilih Pleci Bahan

25 Cara Memilih Pleci Bakalan yang Bagus dan Prospek

Merawat Pleci Harian

9 Cara Merawat Pleci Harian Agar Gacor dan Ngerol