2 Cara Mengatasi Suara Pleci Serak Besera Penyebabnya

0
1509

Cara mengatasi suara pleci serak agar kembali normal dan pulih seperti semula. Memelihara burung kicau memang asyik. Termasuk dalam memelihara burung pleci apalagi burung kita sudah mampu mengeluarkan suara yang merdu apalagi sudah bisa ngalas dan pleci bersuara keras ditambah pleci buka paruh dan ngeroll.

Kalau di golongan kicau mania, pleci tersebut termasuk burung yang sangat istimewa. Untuk mendapatkan pleci impian kita perlu melakukan perawatan yang baik, sabar, dan tentunya didukung juga oleh kemampuan bawaan pleci. Yang paling penting kita harus tahu penyebab dan cara mengatasi suara pleci serak agar kembali normal.

Suara Pleci Serak

Seperti yang kita ketahui juga, pastinya setiap burung pleci akan mengalami hal suara serak jika salah pakan atau minuman. Banyak yang sering bertanya apa penyebeb suara pleci serak, karena salah pakan atau minuman akan setiap saat burung akan mengeluarkan suara merdu akan tetapi juga akan mengeluarkan suara jelek seperti serak.

Lihat Juga:

3 Tips Membuat Pleci Mengeluarkan Suara Isian

5 Perawatan Pleci Agar Cepat Gacor dan Ngalas

Dalam mendapatkan pleci impian anda tentunya ada saja masalah yang bisa menimpa. Masalah yang sering dialami dalam memelihara pleci adalah pleci yang bersuara serak. Ada beberapa penyebab dan solusi yang bisa kita terapkan pada pleci kta agar tidak serak lagi.

2 Penyebab Suara Pleci Serak :

Berikut ini beberapa penyebab kenapa suara pleci serak agar kita bisa berhati-hati dan menghindari suara pleci serak.

1. Suara Pleci Serak Akibat Salah Pakan

Biasanya kita memberikan kroto yang sudah basi (busuk) sehingga mengganggu suara pada pleci dan menyebabkan pleci anda bersuara serak.

2. Suara Pleci Serak Akibat Gangguan atau Infkesi Saluran Pernapasan

Bisa karena radang atau infeksi. Cuaca ekstri biasanya burung sering mengalami sama halnya seperti manusia. Terlalu lama menjemur juga kurang baik karena panas suhu tubuh didalam akan mengakibatkan tenggorokan iritasi dan membuat serak.

2 Cara Mengatasi Suara Pleci Serak :

Berikut ini beberapa cara mengatasi suara pleci serak agar pleci bersuara lantang dan gacor seperti semula.

1. Terapi Pleci yang Bersuara Serak

Sebenarnya ada banyak produk yang bisa digunakan untuk mengobati suara pleci yang serak dan bisa didapatkan di pet shop atau toko pakan burung dengan berbagai merk. Tetapi jika anda ingin membuat sendiri ramuan untuk pleci serak tentu sangat bisa, berikut ramuan untuk pleci serak.

Dengan menggunakan rebusan daun saga. Tahu daun saga? Daun ajemuk ini memang berkhasiat dalam mengobati sakit tenggorokan, serak, batuk (yang berkaitan dengan tenggorokan). Sudah sejak dahulu kala daun ini menjadi resep keluarga saya. Nah khasiat daun ini bisa kita terapkan untuk burung pleci kita. Caranya rebus segenggam daun saga dengan 2 gelas air bersih, tunggu sampai mendidih lalu tambahkan 2 sendok gula. Setelah gula mencair keudian saring rebusan tersebut. Biarkan sampai dingin dan bisa digunakan untuk minum pleci, gunakan hingga suara serak hilang.

2. Menggunakan larutan penyegar

Jika anda malas dalam membuat ramuan diatas bisa juga kita menggunakan larutan penyegar (yang rasa buah). Larutan penyegar cap kaki tiga disamping untuk manusia juga berkhasiat juga bisa menyembuhkan pleci yang serak. Caranya mengatasinya yaitu dengan memberikan larutan cap kaki tiga sebagai ganti air minum setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here